Inspiring Products
Selasa, 20 April 2021

Katalis Hadirkan Solusi Mobilitas Urban Melalui ‘Spacebar’

  • Share

Buat lo semua yang tinggal di daerah urban pasti udah paham banget sumpeknya kayak gimana. Polusi dan asap kendaraan sudah menjadi makanan sehari-hari buat warganya. Sudah setahun memasuki era new normal, kondisi udara Jakarta masih buruk. Bahkan, situs Greenpeace masih menobatkan tingkat polusi udara Jakarta sebagai yang tertinggi.

Banyak usaha yang sebenarnya sudah dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Misalnya dengan membangun moda transportasi umum yang nyaman untuk transportasi jarak jauh. Masalahnya bagaimana dengan transportasi jarak pendek? Orang-orang cenderung masih menggunakan kendaraan untuk transportasi jarak pendek, semisal ke minimarket atau warung. 

Hal ini juga yang menjadi concern Julian, Bimo, Imam dan Junno dari Katalis, sebuah studio mobility design yang memiliki fokus di kendaraan listrik. Awalnya, keempat orang teman ini berasal dari sebuah komunitas motor. Sering melakukan berbagai kegiatan dengan motor, mereka pun sadar bahwa hobi mereka ini kurang ramah lingkungan. Dari situ mulai timbul sebuah kesadaran: apa timbal balik yang bisa mereka lakukan untuk lingkungan sekitar?

Katalis sendiri bisa dibilang baru, karena terbentuk di awal tahun 2020. Walau masih baru, Katalis telah menghasilkan tiga prototipe motor listrik yang telah mengikuti berbagai pameran. Hingga sampai di penghujung tahun 2020 takdir membawa Katalis bertemu dengan Sulaiman Said, otak dari desain-desain gila Kamengski. Pertemuan ini menghasilkan Inspiring Product kita kali ini, sebuah motor listrik yang bernama Spacebar.

Hadir Untuk Membuka Ruang Di Jalanan Ibukota

Katalis

Proses pengerjaan Spacebar diawali dengan Said yang memberikan ide kendaraan secara visual dan berdasarkan kebutuhannya sebagai warga urban. Tim Katalis pun merealisasikan ide tersebut dari segi material hingga engineering-nya. Karena itu tidak hanya bentuk dan visualnya saja yang keren, namun juga kokoh dan memiliki performa baterai maksimal sesuai standar Katalis.

Spacebar merupakan produk Katalis pertama yang dijual secara bebas. Hal ini disebabkan antusiasme masyarakat yang sangat tinggi ketika desain Spacebar di-publish di Instagram Katalis dan Kamengski. Akhirnya Spacebar diproduksi sebanyak 6 unit yang terjual habis dalam waktu kurang dari dua minggu.

Katalis terkenal dengan desain motor listrik mereka yang bertema retro futuristik, namun ternyata Spacebar memiliki gayanya sendiri. Desain Spacebar terinspirasi dari tombol “spacebar” pada komputer. Spacebar diharapkan mampu “membuka ruang” di tengah hiruk pikuk perkotaan, layaknya tombol spasi. Said juga menyatakan bahwa kendaraan tempur Perang Dunia Kedua berpengaruh pada bentuk dan warna Spacebar.

Untuk mesinnya sendiri, Spacebar dilengkapi dengan dinamo dengan daya 1200 W dan baterai lithium. Teknologi yang digunakan ini merupakan pengembangan dari produk-produk Katalis yang sebelumnya. Dibandingkan dengan motor listrik seri EV, Spacebar memiliki mesin dan baterai yang lebih kuat.

Spacebar dapat melaju dengan kecepatan hingga 50km/jam, cocok untuk kebutuhan transportasi jarak pendek. Untuk pengisian baterai bisa dilakukan dari rumah. Selain itu Spacebar juga memiliki keranjang untuk menampung barang dan dapat dilipat untuk mempermudah penyimpanan. Fungsi ini juga membuat Spacebar semakin ideal untuk digunakan masyarakat perkotaan.

Kendaraan Listrik Adalah Masa Depan

Katalis

Katalis terus ingin bergerak di bidang kendaraan listrik karena melihat adanya potensi ke arah sana. Proses peralihan ini tidak akan terjadi secara instan, namun Katalis dan Kamengski ingin “mencuri start” sekaligus mengedukasi keuntungan kendaraan listrik melalui Spacebar.

Di beberapa negara seperti Jerman, Inggris, India, dan Amerika Serikat penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil akan dilarang pada tahun 2030 sebagai salah satu solusi mengurangi polusi udara. Apabila negara yang menjadi produsen kendaraan sudah beralih ke listrik, maka konsumennya pun akan mengikuti hal yang serupa.

Berkat Spacebar, Katalis telah mendapatkan dukungan dari Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tim Katalis pun senang karena dari pemerintah sudah ada usaha untuk beralih ke kendaraan listrik melalui Perpres 55/2019 soal Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

“Dari situ udah kelihatan keseriusan pemerintah untuk menggalakkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Pasti ada waktunya.” ujar Chief Executive Officer (CEO) Katalis Junno.
 

Kalau mau tahu cerita lengkap di balik proses pembuatan Spacebar dan lihat produk Spacebar itu sendiri lebih dekat jangan lupa nonton MLDSPOT TV Season 7 Episode 3 ‘Mengalir Sampai Mana-mana’ di YouTube channel MLDSPOT TV. Subscribe juga YouTube channel MLDSPOT TV dan follow @mldspot di Instagram. Get yourself inspired by MLDSPOT.

Comments

Ok best lah pokoknya
Artikel nya banget sadis