Home Movie Ketemu Monster Begini, Lari atau Ketawa?

Ketemu Monster Begini, Lari atau Ketawa?

Monday, August 18, 2014 - 18:36
Bagikan
Facebook Twitter Email

Yang  menyeramkan dari para pembuat film monster tahun 50-an bukan monsternya, tapi definisi mereka tentang kata ‘seram’ itu sendiri. Gimana enggak, sejak tahun 1940-an ada puluhan film bertema monster raksasa dengan bentuk-bentuk aneh yang jauh dari kata menakutkan.

Emang sih, di masa itu belum ada animasi CGI canggih kayak sekarang. Tapi siapa sih yang takut sama kelinci raksasa berhidung pink? Kalau penasaran, ini dia 5 list film-filmnya:

Kingkong

Oke, monyet raksasa memang agak seram. Tapi yang bikin film buatan tahun 1933 ini lebih menyeramkan adalah hasrat sang kingkong terhadap tokoh utama wanitanya. Ngapain sih ada mahkluk setinggi 40 meter yang naksir sama manusia? Memangnya di hutan sana nggak ada kingkong betina? Walaupun agak aneh, kisah kasih tak sampai ini sukses di remake di tahun 2005 dengan dibintangi aktor serba bisa, Jack Black.

The Giant Claw

Apa yang lebih heboh daripada monster raksasa seukuran gunung yang hobi ngancurin gedung-gedung tinggi? Yup, monster raksasa yang bisa terbang! Film yang menceritakan tentang burung raksasa dari galaksi lain ini rilis di tahun 1957. Ide ceritanya menarik, sayang desain monsternya nggak semegah judul filmnya. Sang monster digambarkan mirip seekor kalkun bertampang jahat dengan paruh bengkok dan leher panjang yang lembek seperti akordion. Kalkun? Helloo..memangnya sekarang hari apa, Thanksgiving?

Night of The Lepus

Nobody hates cute bunny! Entah apa yang merasuki pembuat film keluaran tahun 1972 ini, sampai-sampai menjadikan kelinci sebagai monster utama dalam filmnya. Sebesar dan seganas apapun kelinci monster ini, nggak mungkin dia sampai memangsa manusia kayak yang diceritain di filmnya. Lagian daripada susah-susah memerangi monster kayak gini kenapa nggak cari solusi lain, bikin wortel raksasa mungkin?

Attack of the Crab Monsters

Saat semua hewan yang (dianggap) seram udah habis dipakai, maka pilihan monster selanjutnya jatuh ke makhluk laut yang lezat ini. Film monster buatan tahun 1957 ini sampai sekarang masih bikin penontonnya bingung, soalnya kepiting monster ini selain berbahaya juga diceritakan bisa menyerap kepintaran otak manusia. Bingung kan? Padahal di dunia nyata, satu-satunya bahaya yang bisa ditimbulkan kepiting sebesar ini cuma satu : kolesterol tinggi.

Attack of 50 foot Woman

Bayangkan seorang wanita cantik dengan rambut Marylin Monroe, bibir merah merona, baju seksi, rok berpotongan pendek tapi dengan tinggi hampir 16 meter! Lo nggak salah baca, entah karena kehabisan ide atau memang ingin tampil beda, film monster raksasa low-budget buatan tahun 1957 ini mengangkat tema perempuan bertubuh raksasa sebagai tokoh utama. Diceritakan sang wanita mulanya diculik oleh kelompok alien dan entah mengapa diubah jadi seukuran godzilla. Cewek tinggi kayak model memang jadi incaran semua cowok. But, 50 foot is a bit too much!

Lima judul film di atas cuma sebagian kecil dari film dengan tema monster raksasa yang pernah dibuat. Setelah melihat penampakan-penampakannya, bersyukurlah karena kita hidup di jaman animasi komputer yang serba canggih. Hidup di masa film horor dan komedi susah dibedakan, pasti sangat berat.