Trending
Jumat, 28 Juli 2017

Tidak Ada Alasan untuk Melewatkan Film Dunkirk

  • Share
  • fb-share
Tidak Ada Alasan untuk Melewatkan Film Dunkirk

Pada tahun 1940, sekitar 400 ribu tentara dari Inggris dan Perancis terjebak di kota pelabuhan kecil di perbatasan antara Perancis dan Belgia. Di sekeliling mereka sudah siap puluhan ribu tentara Jerman yang mengepung dari segala arah. Pemerintah Inggris dan Perancis akhirnya sepakat untuk bekerja sama menyelamatkan 400 ribu tentara yang terkepung tersebut di Dunkirk. Peristiwa penyelamatan tersebut kini dikenang dengan Miracle of Dunkirk.

Itulah sedikit gambaran film Dunkirk, karya sutradara perfeksionis Christopher Nolan. Film Dunkirk telah hadir di bioskop Indonesia sejak pertengahan Juli kemarin. Bagi lo yang sampai sekarang masih belum nonton film tersebut, simak beberapa alasan kuat kenapa lo nggak boleh melewatkan film yang diprediksi masuk nominasi Oscar ini.

 

Film Perang Pertama Nolan

Yup, Dunkirk adalah film pertama Christopher Nolan selama ia menjadi sutradara dari tahun 1989. Nolan sebelumnya dikenal sebagai sutradara yang sangat perfeksionis dalam urusan cerita dan pengambilan gambar. Nolan juga tidak pernah membuat sebuah film yang biasa-biasa aja, Urbaners. Semua filmnya pasti akan mengajak penonton untuk sedikir mikir tentang bagaimana ending cerita. Coba lihat film Memento, Following, atau The Prestige yang memiliki plot twist sangat kuat. Di film Dunkirk yang berlatar belakang sejarah, patut ditunggu apakah Nolan mampu membuat para penontonnya ini mikir?

 

Syuting dengan Kamera 70 mm

Dalam pengambilan gambar untuk sebuah film layar lebar, biasanya digunakan kamera modern seperti Arricam atau bahkan Cannon. Nah, untuk syuting film Dunkirk ini, Christopher Nolan menggunakan kamera khusus IMAX dengan format 70 mm yang sesuai dengan besar ukuran filmnya. Mulai dari angle shot, warna film, dan detail gambar akan sangat berbeda dari film biasa. Jadi, film Dunkirk ini direkomendasikan untuk dilihat di IMAX Urbaners.

 

Pemain yang Nggak Terduga

Ketika melihat cast film Dunkirk, lo nggak akan melihat nama-nama beken khas film Hollywood. Fionn Whitehead, Tom Glynn-Carney, dan Jack Lowden merupakan tiga pemeran utama dari film Dunkirk, yang nggak mempunyai sejarah panjang bermain di layar lebar. Lalu, ada pula Harry Styles, mantan vokalis One Direction yang bermain film untuk pertama kalinya. Tapi jangan salah Urbaners, semua pemainnya ini mendapatkan kritikan yang sangat positif.

Belum seminggu pemutaran, Dunkirk sudah mendapatkan keuntungan 50 juta dolar. Film ini juga diprediksi akan mendapatkan ratusan juta lagi selama masa pemutaran. Bagaimana dengan lo, Urbaners? Masih belum penasaran dengan film Dunkirk?

 

Source: slashfilm.com

Comments
YAN SEBASTIAN
Syuting dengan Kamera 70 mm
diana mayasari
keren banget