• Movie
  • 5 Film Bergenre Science Fiction dengan Plot Terbaik

5 Film Bergenre Science Fiction dengan Plot Terbaik

Tue, 07 July 2020
Leonardo DiCaprio saat memerankan Dom Cobb di Inception

Film bergenre science fiction (sci-fi) memang selalu menarik. Tema futuristis dengan percampuran genre lain seperti drama, action, bahkan thriller membuat film sci-fi selalu fresh dan seru buat ditonton.

#MumpungLagiDirumah, lo bisa atasi kebosanan lo dengan menonton film-film bergenre sci-fi ini. Beberapa adalah rekomendasi film klasik, beberapa lainnya bisa jadi judul film sci-fi yang belum pernah lo dengar sebelumnya!

 

Back To The Future

Christopher Lloyd dan Michael J. Fox dalam salah satu scene Back To The Future

Film sci-fi klasik ini berlatar tahun 80-an. “Back to the Future” bercerita tentang Marty McFly (Michael J. Fox) yang nggak sengaja dikirim kembali ke masa 30 tahun lalu. Dari sana, Marty berusaha mencari jalan keluar untuk kembali ke masa kini dengan mencari Doctor Brown (Christopher Lloyd), seorang ilmuwan penemu time machine yang mengirimnya ke masa lampau.

Salah satu soundtrack film yang paling terkenal, “The Power of Love”, juga sukses mendukung klimaks cerita. Lagu bernuansa retro ini dinyanyikan oleh Huey Lewis & The News, salah satu band hits Amerika Serikat tahun 1980-an. Lagu ini digarap Lewis bersama Christopher John Hayes khusus untuk film Back to the Future.

 

Inception

Leonardo DiCaprio dalam film Inception

Film sci-fi thriller garapan Christopher Nolan ini sukses membuat penonton tegang, terutama di akhir cerita. “Inception” bercerita tentang Cobb (Leonardo DiCaprio) dan timnya yang memasuki mimpi seorang alih waris perusahaan dan menyisipkan gagasan ke dalam kepala orang tersebut agar mengubah keputusannya untuk meneruskan perusahaan tersebut.

Tidak hanya dibintangi oleh deretan cast ternama seperti Leonardo DiCaprio, Ken Watanabe, Joseph Gordon Levitt, Ellen Page, dan Tom Hardy, Inception juga menyajikan jalan cerita yang sama sekali nggak ketebak dan penuh twist. Bahkan untuk beberapa orang, Inception adalah film yang tetap menghibur dan terasa seru walaupun telah beberapa kali ditonton.

 

Children of Men

Aktor Clive Owen saat memerankan Theo Faron di Children of Men

“Children of Men” diadaptasi dari novel yang terbit di tahun 1992 dengan judul serupa, The Children of Men, karangan P. D. James. Film sci-fi ini berlatar waktu masa depan dengan situasi yang distopia, di mana terjadi pemerintahan diktator dan manusia sedang berada di ambang kepunahan karena terjadi sterilisasi yang dilakukan secara misterius.

Cerita Children of Men bermula ketika Theo Faron (Clive Owen) diminta oleh pemimpin kelompok revolusioner untuk mengamankan seorang wanita yang hamil, satu-satunya yang ada di dunia saat itu. Plot menjadi semakin seru karena Faron dihadapkan pada kenyataan bahwa pemerintahan yang berkuasa tidak mendukung adanya garis keturunan baru. Jalanan dipenuhi tentara dan polisi yang memantau, sementara Faron harus menghindari mereka.

 

Eternal Sunshine of the Spotless Mind

Kate Winslet dan Jim Carrey dalam salah satu scene epik di pinggir pantai

Kalau film sci-fi yang satu ini didominasi oleh sentuhan romansa dan drama. “Eternal Sunshine of the Spotless Mind” berlatar situasi di mana teknologi manusia sudah sangat maju, bahkan sangat maju untuk memungkinkan manusia menghapus ingatan yang menyakitkan bagi mereka.

Film ini bercerita tentang Clementine (Kate Winslet) dan Joel (Jim Carrey), pasangan yang diasingkan dari kehidupan sosial. Keduanya sedang menjalani prosedur untuk menghapus ingatan mereka tentang satu sama lain. Siap-siap terhanyut dengan plot dari cerita ini, ya, Bro!

 

Spider-Man: Into the Spider-Verse

Potongan scene Miles Morales di Spider-Man Into The Spider-Verse

Film sci-fi yang terakhir adalah film animasi yang mendapat banyak sambutan positif saat kemunculannya. “Spider-Man: Into the Spider-Verse” juga berhasil meraih beberapa penghargaan bergengsi, salah satunya piala Oscar untuk kategori Best Animated Feature Film.

Spider-Man: Into The Spider-Verse ini membawa ide bahwa ada lebih dari satu spiderman di dunia. Salah satunya adalah Miles Morales (Shameik Moore), seorang remaja yang tinggal di Brooklyn yang melawan Kingpin (Liev Schreiber) supervillain di cerita ini karena membunuh salah satu Spiderman. Nggak sendiri, Morales akan dibantu oleh spiderman lainnya.

 

 

Sources: Insider, Wired UK, Thrillist

Baru dan Beda, Ini yang Harus Lo Tahu Soal Zack Snyder's Justice League

Fri, 07 August 2020
Superman, Wonder Woman, Batman, Cyborg, Flash, dan Aquaman berdiri di atas tanah berbatu

DC Universe tampaknya mulai bangkit, terlebih sejak kesuksesan film “Joker” yang membawa Joaquin Phoenix memenangkan piala Oscar. Muncul lagi kabar baik dari DC Universe yang mengumumkan bahwa film “Justice League” versi Zack Snyder akan dirilis tahun 2021 di platform streaming HBO Max. Nggak sabar rasanya melihat kembali aksi Superman dan kawan-kawan dalam film terbaru ini.

 

Beda dari Sebelumnya, Tanpa Reshoots

Para pemeran utama film Justice League tengah berpose berdampingan di panel Comic Con

Buat lo yang belum tahu, Zack Snyder adalah sutradara dari Justice League sebelum akhirnya digantikan oleh Joss Whedon. Meski seluruh proses syuting dan pengambilan gambar sudah rampung per Februari 2017, Joss Whedon dan Warner Bros mengubah sebagian besar dari film Justice League karya Zack Snyder di tahap post-production yang prosesnya memakan waktu cukup lama.

Apa saja yang nggak ditampilkan di film Justice League yang sudah dirilis? Well, cukup banyak. Zack Snyder mengungkapkan bahwa banyak sekali plot dan adegan yang mendukung jalan cerita dari masing-masing karakter, salah satunya seperti adegan flashback Cyborg sebelum kecelakaan yang menimpanya.

Nggak tanggung-tanggung, Justice League Zack Snyder’s Cut juga akan menampilkan sosok Superman dalam kostum hitam yang ikonik. Semua ini akan digabungkan tanpa proses reshoots sama sekali. Snyder telah mengumpulkan tim yang sama seperti saat produksi di tahun 2016-2017 untuk merombak film ini menjadi baru. Lo juga nggak akan melihat frame karya Joss Whedon di dalamnya. Jadi, ini benar-benar Justice League versi Zack Snyder, Bro!

 

Karakter-karakter Baru

Ryan Reynolds sebagai Green Lantern mengenakan topeng hijau dan kostum ketat hijau

Justice League versi Zack Synder juga akan lebih ramai karena memiliki tambahan karakter-karakter baru. Darkseid, salah satu penjahat paling kuat di DC Universe, akan muncul melawan para superheroes. Selain itu, Snyder juga merilis cuplikan adegan film yang menampilkan Atom, Martian Manhunter, dan Green Lantern.

Steppenwolf yang menjadi penjahat utama di film Justice League juga akan mengalami sedikit perubahan dalam bentuk kostum dan fisik. Snyder mengatakan bahwa ia berniat untuk membuat Steppenwolf dengan tampilan yang lebih klasik dan menyeramkan, sesuai dengan citra Steppenwolf sebagai makhluk kuno.

 

Durasi Panjang dengan Plot yang Lebih Dalam

Batman (Ben Affleck) dan Wonder Woman (Gal Gadot) berdampingan melihat musuh

Kritikan pedas yang diterima oleh film Justice League tahun 2017 adalah soal plot yang berantakan dan kurangnya konsistensi jalan cerita. Zack Snyder memastikan kalau Justice League garapannya akan mengupas cerita para superheroes ini dengan lebih dalam dan menjadikan filmnya lebih sinergis.

Belum ada kepastian mengenai nama resmi film garapan Zack Snyder ini. Namun yang jelas, Snyder nggak mau merilis “film pendek”. Bisa dipastikan Justice League versi miliknya akan berdurasi sekitar 3 jam, atau setidaknya 214 menit.

 

Dukungan Penuh dari Fans dan Aktor

Zack Snyder berbincang dengan Ben Affleck di belakang kamera

Film Justice League versi Zack Snyder sendiri diumumkan ketika acara nonton bareng melalui Zoom yang dihadiri oleh Zack Snyder, Deborah Snyder, dan Henry Cavill. Reaksi positif datang dari para netizen, terutama para fans DC yang merasa kecewa dengan hasil akhir film Justice League yang dirilis tahun 2017. Ini juga menjadi hadiah bagi para penggemar setelah sebelumnya tagar #ReleaseTheSnyderCut menjadi viral.

Aktor-aktor yang tergabung dalam proyek Justice League, mulai dari Henry Cavill, Jason Momoa, hingga Ben Affleck, ikut mendukung dan merayakan kabar baik ini melalui media sosial. Lo bisa melihat lebih banyak cuplikan film “Justice League Zack Snyder’s Cut” di acara virtual DC Fandome tanggal 22 Agustus 2020 mendatang.

 

 

 

 

Sources: Insider, CNET, Variety.