• Movie
  • Bumilangit Cinematic Universe, Semesta Superhero Asli Indonesia

Bumilangit Cinematic Universe, Semesta Superhero Asli Indonesia

Tue, 06 August 2019
Bumilangit Cinematic Universe, Semesta Superhero Asli Indonesia

Marvel dan DC terkenal dengan universe besar dan kisah-kisah karakter yang saling berhubungan di film-film mereka. Indonesia pun punya universe serupa yang nggak kalah keren untuk ditunggu, yaitu Bumilangit Cinematic Universe (BLCU). FYI, Bumilangit adalah penerbit asal Indonesia yang fokus pada komik-komik lokal. Mirip seperti MCU dan DCEU, BLCU juga sudah punya timeline tersendiri untuk film-film superhero mereka. Yuk, berkenalan lebih jauh dengan BLCU!

 

Mengadaptasi kisah tokoh-tokoh superhero lokal

Mengadaptasi kisah tokoh-tokoh superhero lokal

Karena diadaptasi dari komik-komik lokal, maka superhero yang bakal diangkat di film-film BLCU juga berasal dari Indonesia. Di antaranya adalah Gundala, Si Buta dari Gua Hantu, Sri Asih, Mandala, Aquanus, Maza, Godam, dan Tira. Sebagai pembuka dari kisah BLCU ini, Gundala menjadi film pertama yang bakal diputar. Artinya, Gundala jugalah yang bakal mengendalikan arah kisah BLCU ke depannya nanti.

Film Gundala disutradarai oleh Joko Anwar dan rencananya rilis pada 29 Agustus 2019 mendatang. Beberapa aktor dan aktris Indonesia yang ikut berperan di film ini adalah Abimana Aryasatya, Ario Bayu, Rio Dewanto, dan Tara Basro.

 

Terbagi menjadi 4 era

Terbagi menjadi 4 eraTimeline untuk penayangan film-film BLCU ternyata sudah dijadwalkan sampai tahun 2023 nanti, Urbaners. Menariknya, timeline tersebut dibagi menjadi 4 era. Jadi, BLCU bakal dimulai pada Era Legenda, yaitu ketika Gunung Toba meletus 75.000 tahun sebelum Masehi. Setelah itu, ada Era Jawara yang menjadi era pendekar masa kerajaan nusantara. Mandala dan Si Buta dari Gua Hantu menjadi tokoh yang berasal dari era ini.

Selanjutnya, masuk ke Era Patriot, menceritakan para superhero yang hidup di masa sekarang. Contohnya adalah Gundala, Godam, Sembrani, Sri Asih, dan Tira. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut terkait Era Revolusi.

 

Nggak berniat menantang Marvel

Nggak berniat menantang Marvel

Kalau berbicara tentang cinematic universe, Marvel bisa dibilang menjadi pemimpin. Apalagi baru-baru ini Marvel sukses mengalahkan posisi Avatar sebagai film paling laris sedunia melalui film Avengers: Endgame. Namun, Joko Anwar selaku sutradara Gundala sama sekali nggak berniat menantang Marvel. Salah satu alasan besarnya adalah budget.

Budget mereka lebih dari 200 juta dolar, jadi kami tak bisa berkompetisi dalam level itu,” ungkap Joko Anwar saat diwawancarai oleh salah satu media digital Indonesia. Namun, ia berjanji akan memberikan film produksi lokal yang bisa membuat penonton Indonesia merasa lebih terhubung dengan karakter dan kisahnya.

 

Sebagai pembuka kisah Bumilangit Cinematic Universe, Gundala tentu sangat layak buat ditonton. Catat tanggal perilisannya dan kosongkan jadwal lo mulai sekarang, Urbaners!

 

 

Sources: liputan6.com, greenscene.co.id, goodnewsfromindonesia.id

Tom Holland Dirumorkan Muncul di Venom 2

Tuesday, December 31, 2019 - 15:28
Tom Holland berperan sebagai Spider-Man dalam kostum merah-biru, berdiri di dekat kereta api

Berkat karakter Spider-Man yang dimainkannya, Tom Holland sukses menjadi salah satu fan favorite di Marvel Cinematic Universe (MCU). Untungnya Sony dan Marvel berhasil mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, sehingga Spider-Man pun bakal tetap bisa muncul di film-film MCU berikutnya.

Tapi ternyata ada film lain yang rumornya juga bakal “didatangi” oleh Tom Holland, yaitu Venom 2. Saat ini, sekuel dari Venom tersebut memang sedang dalam masa produksi. Tom Holland dikabarkan bakal muncul sebagai cameo.

 

Bagian dari Kesepakatan Sony dan Marvel

Ilustrasi Spider-Man yang sedang melawan Venom. Tampak Venom sedang mencekik Spider-Man

Pada bulan Agustus 2019 lalu, Sony dan Marvel sempat mengalami konflik yang membuat fans Spider-Man cukup was-was. Mengingat pengembangan film Spider-Man versi 2012 dan 2014 yang dinilai kurang berhasil, Sony pun memutuskan buat “meminjamkan” Spider-Man kepada Marvel. Namun, karena isu pembagian keuntungan, deal tersebut pun sempat bermasalah.

Untungnya, sekitar dua bulan kemudian, telah dikonfirmasi bahwa Sony dan Marvel telah mencapai kesepakatan. Spider-Man pun bisa muncul di film-film Marvel berikutnya! Nah, sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, kabarnya Spider-Man bakal muncul di film Venom 2.

 

Masih dalam Tahap Awal Negosiasi

Dikutip dari situs Cinemags.co.id, kabarnya saat ini Tom Holland masih dalam tahap awal negosiasi untuk membahas kemunculannya di Venom 2. Jadi, belum bisa dipastikan 100% apakah pria asal Inggris tersebut bakal benar-benar menjadi cameo. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kemungkinannya cukup besar. Apalagi saat ini memang Venom 2 masih memasuki tahap produksi dalam pengerjaannya. Everything can happen!

 

Belum Pasti Tom Holland Bakal Muncul Seperti Apa

Tom Holland sebagai Spider-Man, dalam kostum merah-biru, berjongkok di dekat pesawat

Walaupun kemungkinan Tom Holland muncul di Venom 2 cukup besar, belum diketahui juga secara pasti bentuk kemunculannya. Maksudnya, sampai sekarang pun belum ada bocoran apakah Tom Holland bakal muncul sebagai Spider-Man atau justru tanpa kostum. Tapi sepertinya fans nggak terlalu memperhatikan hal tersebut. Selama Sony nggak melepaskan ikatan antara Spider-Man dan Venom, kemungkinan besar fans bakal tetap happy.

 

Bagaimana menurut lo, Urbaners? Apakah lo termasuk tim yang excited menunggu kehadiran Tom Holland di film Venom 2 nanti?

 

 

Sources: media.skyegrid.id, hai.grid.id, cinemags.co.id