Home Movie Gundala Siap Bersaing di Toronto International Film Festival 2019
Gundala Siap Bersaing di Toronto International Film Festival 2019

Gundala Siap Bersaing di Toronto International Film Festival 2019

Thursday, August 29, 2019 - 13:55
Bagikan
Facebook Twitter Email

Satu lagi film karya anak bangsa yang sukses menorehkan prestasinya di ajang internasional. Kali ini giliran film superhero Gundala Putra Petir karya Joko Anwar yang diadaptasi dari komik dengan judul sama, sukses masuk dalam Toronto International Film Festival (TIFF) 2019. Bagaimana perjalanan Gundala hingga meraih nominasi di TIFF 2019?

 

Satu-Satunya Film Asia Tenggara

Film besutan Joko Anwar ini memang layak untuk mendapatkan apresiasi tertinggi, Urbaners. Pasalnya, Gundala nggak cuma sekadar mewakili film Indonesia dalam gelaran TIFF 2019, melainkan menjadi satu-satunya film Asia Tenggara yang tayang di acara tersebut. Joko Anwar sendiri menilai jika masuknya film Gundala di TIFF 2019 membuktikan bahwa film anak bangsa juga nggak kalah dalam hal kualitas, sehingga mampu bersaing di tataran internasional.

Hal senada juga diamini oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf. Menurutnya, Gundala mampu menjadi cikal bakal sebuah film superhero yang diambil dari tokoh lokal dan dibuat dengan teknologi perfilman masa kini.

 

Siap Bersaing dengan Film Hollywood

Siap Bersaing dengan Film Hollywood

 
Dalam TIFF 2019, Gundala masuk kategori Midnight Madness. Di sini Gundala akan bersaing dengan beberapa film terbaik dari Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Inggris, dan Spanyol. Bahkan digadang-gadang Gundala bakal bersaing ketat dengan film besar Hollywood. Salah satunya adalah film besutan sutradara Todd Philips, Joker.

Melalui akun Twitter resmi TIFF 2019, disebutkan pula kalau masuknya Gundala yang diadaptasi dari komik sangat exhilarating atau dengan kata lain menggembirakan. Cuitan di akun tersebut pun sempat diapresiasi oleh berbagai kalangan, termasuk oleh ajang penghargaan film bergengsi, Golden Globes.

 

Tayang pada September 2019

Film Gundala rencananya akan dirilis secara serentak di Indonesia pada 29 Agustus 2019. Untuk pemutaran Gundala sendiri di ajang TIFF 2019 akan diselenggarakan pada bulan September 2019. Pemutaran Gundala dalam TIFF 2019 yang digelar pada tanggal 5-15 September 2019 tersebut digelar pada program Midnight Madness. Gundala akan diputar bersama dengan film terbaru besutan Nicholas Cage dan dengan satu film karya sutradara ternama Takashi Miike.

Tayang pada September 2019

Kabarnya, selain berjuang di ajang TIFF 2019, Gundala juga akan berjuang keras di ajang film internasional lainnya. Salah satunya adalah People’s Choice Awards. Gundala memang film superhero yang unik, Urbaners. Kabarnya, semua karakter di film Gundala nggak ada yang benar-benar baik atau benar-benar jahat.

 

 

Source: Tirto.id, CNN Indonesia