• Movie
  • Inilah 4 Animator Indonesia di Industri Film Global

Inilah 4 Animator Indonesia di Industri Film Global

Tue, 02 July 2019

Pekerjaan sebagai seorang animator mungkin belum begitu populer di Indonesia. Padahal, seperti yang lo tahu, animator memegang peran penting dalam menghasilkan visual dan efek keren di sebuah film. Apalagi sekarang sudah ada animator dari tanah air yang sukses mengembangkan kariernya di kancah industri film global. Siapa saja mereka? Ini dia 4 di antaranya, Urbaners!

Andre Surya

Animator yang pertama adalah Andre Surya . Ia merupakan digital artist dari Indonesia di Industrial Light and Magic (ILM) Lucasfilm Singapore. Peran Andre di sini terletak pada proses lighting dan membuat nuansa tiga dimensi makin menarik dan nampak seperti aslinya. Beberapa film besar yang pernah ditangani adalahTransformers, Iron Man, Star Trek, hingga Terminator Salvation.

Griselda Sastrawinata

Dunia ilustrator nggak cuma milik kaum pria, Urbaners. Para wanita pun dapat membuktikan kalau mereka bisa. Salah satunya adalah Griselda Sastrawinata yang sukses menangani film animasi Shrek. Griselda adalah seorang animator wanita yang bekerja sebagai seorang ilustrator di Dreamworks. Dirinya juga punya hobi gambar yang digeluti sejak kecil. Makanya, nggak heran kalau Greiselda mampu mengajar di Art Center College of Design (ACCD), California, Amerika Serikat. Keren, kan?

Wira Winata

Wira Winata nggak lain adalah ilustrator jebolan dari Nanyang Polytechnic Singapore dan Art College of Design, Pasadena, Amerika Serikat. Kerja kerasnya sebagai seorang ilustrator pun membuahkan hasil baik. Dia berhasil mendirikan perusahaan yang bernama Shadebox. Nggak tanggung-tanggung, Shadebox ini juga bekerja sama dengan perusahaan besar lain di dunia seperti Sony Computer Entertainment of America, Microsoft, dan Buena Vista Games.

Rini Sugianto

Terakhir, ada nama seorang wanita Indonesia dalam dunia animator, yakni Rini Sugianto. Dia merupakan satu-satunya wanita Indonesia yang terlibat langsung dalam pembuatan film Hobbit 2: the Desolation of Smaug’. Kecintaannya pada dunia dan karakter fiksi, khususnya Tintin, membuatnya sukses dikenal perfilman dunia. Hal ini juga dia buktikan dalam pembuatan serial film Tintin, di mana ia mengerjakan 70 shot di antaranya.

Wah, hebat kan, Urbaners? Ternyata Indonesia juga mampu bersaing di dunia perfilman internasional khususnya animator. Bagi yang tertarik menggeluti profesi animator, lo bisa banyak belajar dari keempat sosok di atas!

Source: Goodnewsfromindonesia.id

Fakta Seputar "Tenet", Film Baru Garapan Christopher Nolan

Thu, 04 June 2020
John David Washington dan Robert Pattinson dalam salah satu potongan adegan Tenet

Selalu berfokus dengan cerita, alur, dan penokohan, nggak heran kalau karya-karya garapan Christopher Nolan selalu diperhitungkan. Yang menarik, ia nggak pernah mematok agar film garapannya bisa menjadi pemenang Oscar. Nolan lebih memilih untuk fokus pada kualitas sajian cerita secara holistik.

Walaupun saat ini gerak industri perfilman masih terhambat akibat pandemi COVID-19, Christopher Nolan tetap menjadwalkan film barunya “Tenet”, untuk tetap dirilis tanggal 17 Juli 2020 mendatang. Sebenarnya dalam rilisan trailer keduanya belum ada informasi yang menguatkan tanggal rilis film ini, namun para penggemar Nolan tetap optimis bahwa Tenet bisa rilis di bulan depan. Selain tanggal rilisnya, berikut beberapa hal lain seputar Tenet yang perlu lo ketahui.

 

Masih Mengusung Tema Orisinal yang Nggak Biasa

Christopher Nolan dengan balutan tuxedo

Nama besar Christopher Nolan lahir dari tiap karyanya yang selalu mengusung tema orisinal yang nggak biasa. Fans Nolan pasti setuju soal ini. Jadi, wajar saja kalau perilisan trailer Tenet yang kedua baru-baru ini kembali menyita perhatian para pencinta film.

Dari dua trailer yang sudah rilis, Tenet bercerita mengenai seorang agen rahasia yang diperankan oleh John David Washington, sedang dalam misi menghentikan Perang Dunia III. Tapi karena film ini garapan Nolan, dari trailer-nya bisa dirasakan ada sentuhan unik yang menjadikan film ini semakin dinantikan.

 

Film Nolan Paling Mahal

Salah satu adegan film Tenet di mana John David Washington terlihat menggunakan masker dan terdiam di dalam sebuah mobil

Film yang diproduksi di tujuh negara berbeda yaitu Denmark, Estonia, India, Italia, Norwegia, Inggris, serta Amerika Serikat ini jadi film Nolan dengan biaya produksi paling mahal. Produksi Tenet menghabiskan sekitar USD 205 juta. Itu berarti, Tenet harus menghasilkan paling nggak 500 juta Dollar AS supaya ia bisa untung. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan oleh Nolan mengingat dirinya selalu berhasil menghasilkan keuntungan lebih dari USD 500 juta dari setiap karya-karyanya.

 

Deretan Cast Terbaik

Robert Pattinson dan John David Washington sedang berjalan dalam balutan jas bewarna abu-abu dan navy blue di salah satu scene Tenet

Dalam film Tenet, Nolan mengajak putra dari aktor Denzel Washington, John David Washington, untuk menjadi pemeran utama di film ini. Sebelumnya, John David Washington sudah berhasil mencuri perhatian sejak perannya di “BlacKklansman”. Nggak hanya John David Washington, Nolan juga mengajak Robert Pattinson dan Michael Caine untuk ikut bermain di Tenet.

Sekalipun sudah ada dua trailer yang resmi dirilis, para penggemar hanya bisa menerka-nerka peran masing-masing karakter. Kedua trailer Tenet bisa dibilang sukses karena berhasil mencipatakan rasa penasaran para pencinta film, baik itu soal alur cerita, maupun soal penokohan yang dibawakan oleh deretan cast terbaik tersebut.

Yang juga menarik, film Tenet sendiri dikabarkan nggak akan dibuatkan premiere. Entah ada surprise yang diberikan Nolan mengenai Tenet, tetapi semoga film ini bisa dirilis tepat waktu, ya, Bro!

 

 

 

Sources: Rotten Tomatoes,  Indiewire, Collider