• Music News
  • Fans AC/DC Pecahkan Rekor dalam Ajang Air Guitar di Perth

Fans AC/DC Pecahkan Rekor dalam Ajang Air Guitar di Perth

Wed, 18 March 2020
Keriuhan Perth Festival menjelang pemecahan rekor Guinness World Record

Jarang terdengar memang, sebuah festival musik bisa memecahkan rekor dunia. Tapi fakta itu terpecah setelah gelaran Perth Festival yang dihelat di Australia. Hal ini diketahui dari akun Instagram Perth Festival yang menyatakan bahwa event yang sukses digelar awal Maret itu berhasil menembus Guinness Book of World Record.

 

Mengalahkan Rekor 2011

Kemeriahan Perth Festival yang dihadiri ribuan fans dari band rock AC/DC

Lebih dari 3.500 penggemar band rock asal Australia AC/DC berkumpul di Kota Perth, bersama-sama melakukan gerakan seolah-olah bermain gitar atau yang dikenal dengan air guitar gesture. Gestur itu dilakukan dengan iringan sebuah lagu dari legenda band rock dunia AC/DC, Highway to Hell.  Total, ada 3.722 hadir dan tampil dengan gaya fantasi masing-masing.

Usut punya usut, aksi gestur air guitar yang dipimpin oleh Alex Robert juara gitar fantasi Australia ini menorehkan pencapaian rekor terbaru, mengalahkan rekor-rekor yang pernah ada. Dengan dihadiri oleh hampir 4 ribu orang, itu artinya Perth Festival berhasil mengalahkan acara serupa yang digelar di California pada 2011.

Event yang dihelat di Highland California sembilan tahun yang lalu itu dihadiri tidak lebih dari 2.500 orang. Perth Festival juga mengalahkan rekor festival serupa yang digelar di negara yang sama pada 2009, yang mana hanya dipenuhi tidak lebih dari 2 ribu orang. Instagram Perth Festival sendiri menulis, “YOU ROCK! We've done it – we smashed the world record for biggest air guitar gathering at 3.722 people. Thanks for sharing the stage with us!”.

 

Memperingati 40 Tahun Kematian Bon Scott

Bon Scott, salah satu pendiri band AC/DC, meninggal pada 1980

Gelaran Perth Festival yang menghadirkan AC/DC bukan tanpa alasan. Selain menjadi band rock populer di negeri Kanguru, ada faktor utama lain yang membuat festival ini terasa istimewa. Tidak hanya sebagai ajang berkumpul penggemar musik rock, Perth Festival dihelat untuk memperingati 40 tahun kematian Bon Scott, salah satu pendiri AC/DC itu sendiri.

Bisa dibilang, Bon Scott adalah legenda musik rock sejuta umat di Australia. Pria yang baru pindah ke Melbourne dari Skotlandia pada 1952 itu sangat populer di masa kejayaannya. Setelah membentuk The Spektors, band pertamanya, ia mengawali karir musik rock-nya bersama AC/DC mulai 1974 sampai akhir hidupnya pada 1980.

 

Awal dari Album Baru

Dilansir NME, kehadiran AC/DC di Perth Festival semakin menyingkap rumor yang selama ini beredar, yaitu sebuah surprise pada album terbaru mereka. Dee Snider personel Twisted Sister menyatakan, akan ada beberapa kejutan untuk para fans di album terbaru AC/DC. Salah satunya adalah keterlibatan Malcolm Young, gitaris AC/DC yang telah meninggal pada 2017 silam.

Fakta itu terungkap saat Snider menghadiri jamuan makan malam bersama Brian Johson, vokalis kedua AC/DC. Snider bilang bahwa Johnson sedang melakukan proses rekaman album baru. Album yang berisi kejutan itu digadang-gadang akan rilis tahun ini. Sebelumnya, beredar kabar pada 2018 bahwa album terbaru mereka akan menampilkan petikan gitar dari Malcolm Young pada setiap track-nya. Can’t wait!

 

 

Source: Loudware, NME, BlabberMouth.

Dave Grohl Melansir Akun IG Khusus Cerita Konyol Hingga Interupsi Hantu

Fri, 03 April 2020
Dave Grohl dalam salah satu penampilan panggungnya bersama The Foo Fighters

Nggak jauh berbeda dengan kebanyakan orang, Dave Grohl pentolan Foo Fighters ini tampaknya mulai merasa jenuh dan bosan dengan kewajiban tetap berada di dalam rumah selama wabah virus Corona. Beberapa dari lo yang membaca ini, mungkin merasakan hal yang sama dikarenakan nggak banyak hal yang dapat dilakukan saat harus berdiam di rumah sepanjang hari, apalagi selama berminggu-minggu. Namun, Grohl tahu cara mengatasi kebosanan ini.

 

Bikin Akun Instagram Baru

Tim Cook sedang memperkenalkan iPhone terbaru saat itu pada Dave Grohl

Untuk mengusir kebosanan di rumah selama masa isolasi, selain work from home, lo bisa saja menghabiskan sebagian besar waktu buat bermain game baru, mencoba resep dalgona coffee yang sedang viral, atau scrolling media sosial berjam-jam. Ide ini sepertinya yang membuat Grohl memutuskan membuat akun Instagram dengan nama @davestruestories dengan unggahan pertama tertanggal 25 Maret 2020 lalu.

Belum lama dibuat, akun milik Grohl ini sudah memiliki 277ribu pengikut. Ide Grohl nampak sangat sederhana. Ia hanya ingin membagikan cerita konyol yang dia alami sendiri di feed akun Instagram barunya ini, termasuk beberapa lawakan konyol. Tujuannya jelas untuk mengusir rasa jenuh dan bosan karena nggak bisa kemana-mana. Grohl juga berharap akun sampingannya ini dapat menghibur para pengikutnya dan bisa lebih betah di rumah.

 

Perkenalan Konyol Grohl

Dave Grohl sedang bermain drum

 “Hi. My Name is Dave. Sometimes I play drums. Sometimes I play guitar. Sometimes I tell stories. I’m currently looking for work, so I thought I’d pass the time by writing true short stories that will make people smile. (I’m also a total f****ng spaz who can’t sit around doing nothing).

My mother was a brilliant English teacher, my father a wicked speechwriter, so I decided to rebel by not paying attention to grammar and/or punctuation in school. (That, and cranking death metal 24/7 from my bedroom stereo). So… Have mercy. Not going for a Nobel Prize in literature here.

I Look forward to sharing some of the more ridiculous moments of my life with you. Stay tuned!

Wash your f****ng hands.

Dave”

Unggahan pertama yang dimuat Dave Grohl di akun baru tersebut adalah sebuah perkenalan singkat dengan celetukan-celetukan konyol dan lucu. Kalau lo tertarik dengan cerita-cerita yang akan dibagikan sang musisi, bisa langsung follow akunnya di Instagram.

 

Interupsi Hantu saat Menggarap Album

Dave Grohl tampak santai di dalam sebuah studio rekaman

Selain perkenalannya yang konyol, dan ide briliannya yang disambut hangat para fans untuk mengusir jenuh selama masa isolasi. Grohl juga sempat membagikan cerita yang dia alami saat masih bersama Nirvana, bermain drum bersama band populer tersebut.

Kisah terjadi saat mereka sedang merekam album mereka di sebuah rumah tua di Encino, California. Grohl dan personil lain yang berada di sana bisa merasakan situasi yang aneh. Alat-alat musik yang mereka pakai juga menghasilkan suara yang fals serta hasil rekaman yang sudah dilakukan terhapus begitu saja.

“We would open up a Pro Tools session and tracks would be missing. There were some tracks that were put on there that we didn’t put on there. But just like weird open mic noises. Nobody playing an instrument or anything like that, just an open mic recording a room.” Begitu tulis Grohl dalam unggahannya di Instagram yang sejauh ini masih berisi tiga unggahan.

 

 

 

Sources: Music-News, Radiox, WTFM