Home Music Stay With Me, coz I Won’t Back Down

Stay With Me, coz I Won’t Back Down

Thursday, March 12, 2015 - 15:44
Bagikan
Facebook Twitter Email

“Oh won’t you stay with me. ‘Cause you’re all I need. This ain’t love it’s clear to see, but darling, stay with me.. “

Siapa yang nggak kenal penggalan lirik dari lagu Stay With Me yang dinyanyikan oleh musisi asal Inggris, Sam Smith? Lagu yang jadi hits di berbagai chart musik dunia ini sempat kesandung masalah plagiasi beberapa waktu lalu. Nama Sam Smith sebagai penyanyi yang tengah naik daun pun sempat goyah karena kasus tersebut.

Lagu Stay With Me dituding menjiplak lagu ciptaan Tom Petty dan Jeff lynne, pentolan band lawas The Heartbreakers yang berjudul I Won’t Back Down dan dirilis tahun 1989 lalu. Ketika didengarkan, bagian refrain Stay With Me memang mirip banget sama refrainnya I Won’t Back Down. Nggak heran kemudian banyak yang menilai kalau lagu hits Sam Smith ini hasil jiplakan lagu ciptaan Tom Petty.

Tom Petty yang mengetahui hal tersebut nggak tinggal diam. Melalui pengacaranya, dia melayangkan tuntutan untuk pembayaran royalty sebesar 12,5 persen dari keuntungan penjualan lagu Stay With Me. Pihak Sam Smith pun  mengambil jalan damai dengan memasukkan nama Tom Petty dan Jeff Lynne sebagai co-writer dari lagu Stay With Me. Sebuah sumber mengutarakan bahwa kemiripan kedua lagu tersebut merupakan kewajaran ketika ada musisi yang terinspirasi karya musisi lain. Lagipula, lagu Stay With Me juga bukan hasil jiplakan mentah-mentah.

Lagu Stay With Me:

Lagu I Won’t Back Down :

Kasus ini akhirnya resmi berakhir dengan damai sejak akhir Januari 2015 lalu. Tom Petty sendiri mengapresiasi tindakan Sam Smith yang kemudian memasukkan namanya dan Jeff Lynne sebagai co-writer hits Stay With Me. Baginya, kasus semacam itu biasa terjadi di industri musik, tinggal bagaimana masing-masing musisi sanggup bersikap bijaksana dan rasional dalam menghadapi kasus serupa. Dan nggak hanya sekedar mengapresiasi, Tom Petty turut mendoakan kesuksesan Sam Smith dalam karir bermusiknya.

Well, untungnya baik Sam Smith maupun Tom Petty sama-sama bisa act like gentlemen dalam menghadapi kasus ini. Mereka seakan menunjukkan kalau suatu kasus juga bisa diselesaikan secara bijak. Good job, dudes!