5 Musisi Jazz Indonesia Terfavorit

Tue, 19 January 2016
musisi jazz

Aliran musik jazz merupakan salah satu aliran musik yang populer di dunia yang memiliki sejarah panjang dalam perkembangannya. Jazz pertama kali muncul di Amerika Serikat dari orang-orang Afrika-Amerika yang tertindas ketika jaman perbudakan di Amerika Serikat. Pada awal kemunculannya, musik jazz merupakan ekspresi para budak dan penuh dengan improvisasi. Sejak itu, musik jazz pun tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Jazz kini menjadi salah satu aliran musik yang digemari banyak kalangan di Indonesia, dan aliran musik ini sebenarnya sudah lama malang melintang di dunia musik Indonesia. Tercatat, jazz masuk ke Indonesia sekitar tahun 1930-an yang dibawa oleh para musisi dari Filipina yang mencari pekerjaan ke Jakarta. Pada masa itu, musik jazz merupakan suguhan hiburan untuk para tamu hotel.

Musisi Jazz Indonesia

Pada tahun 1948, musik jazz mulai dibawakan oleh musisi Belanda yang tampil di Jakarta yang kemudian memicu munculnya grup-grup dan penyanyi jazz Indonesia. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki perkembangan musik jazz yang pesat. Hal ini dapat dilihat dari berbagai event musik jazz yang diselenggarakan di Indonesia, seperti Java Jazz Festival yang setiap tahunnya selalu menampilkan musisi-musisi jazz dari Indonesia dan berbagai belahan dunia.

 

Daftar Penyanyi Jazz Wanita Indonesia

Semakin populernya musik jazz di Indonesia turut memunculkan musisi-musisi dan penyanyi jazz Indonesia. Hingga saat ini sudah sejumlah musisi dan penyanyi jazz Indonesia yang sangat dikenal. Namun, di antara berbagai musisi dan penyanyi jazz Indonesia saat ini, cukup menarik untuk disimak musisi wanita, khususnya penyanyi jazz wanita Indonesia. Tahukan Urbaners penyanyi jazz wanita yang terfavorit? Simak informasinya.

 

Dira Sugandi

Dira Sugandi

Siapa bilang Indonesia tidak bisa melebarkan sayap musik jazz ke dunia internasional? Mungkin lo belum pernah tahu tentang Dira Sugandi. Pada acara Java Jazz Festival tahun 2009 lalu, wanita kelahiran 29 Juli 1979 ini mendapat kesempatan untuk berduet dengan Jason Mraz. Empat tahun sebelumnya, ia juga pernah bernyayi bersama Keith Martin. Penggarapan salah satu albumnya dikerjakan bersama musisi jazz bertaraf internasional, yaitu Bluey dan Incognito.

 

Syaharani

Syaharani

Penyanyi yang bernama lengkap Saira Syaharani Ibrahim ini lahir di Batu, Jawa Timur pada 27 Juli 1971. Syaharani sudah berkiprah di musik jazz sejak lama dan pernah menjadi wakil Indonesia pada ajang North Sea Jazz Festival pada 2001. Hingga saat ini, Syaharani telah menghasilkan tiga album yaitu Love, Magma dan album terakhir yang berjudul Syaharani telah menjadi album musik jazz yang menjadi pengaruh besar bagi para musisi jazz muda masa kini.

 

Andien

Andien

Andinie Aisyah Haryadi atau Andien merupakan penyanyi jazz wanita yang sangat terkenal di Indonesia. Sejak pertama kali muncul dalam dunia musik Indonesia dengan mengusung aliran jazz, Andien telah banyak menerima penghargaan bergengsi baik di dalam negeri maupun mancanegara. Lagu-lagu jazz yang dibawakan Andien banyak diterima dengan apresiasi positif dari para penikmat musik jazz di Indonesia.

 

Raisa Andriana

Raisa Andriana

Siapa yang tidak kenal dengan Raisa? Wanita kelahiran 6 Juni 1990 ini sepertinya tengah menjadi penyanyi jazz wanita yang paling populer di Indonesia. Dengan paduan jazz dan pop serta dengan suara yang merdu, Raisa telah membuktikan dirinya sebagai salah satu penyanyi jazz wanita terfavorit di Indonesia. Beberapa lagu hitsnya Raisa di antaranya Could It Be, Mantan Terindah, dan Jatuh Hati.

Di luar musisi jazz yang sudah sangat populer di atas, ternyata masih ada beberapa nama penyanyi jazz wanita lainnya yang juga memiliki prestasi dan bakat luar biasa dalam dunia jazz! Sebut saja nama-nama penyanyi jazz wanita Indonesia seperti Citra Scholastika, Sierra Soetedjo, serta Monica Tahalea.

Para penyanyi di atas merupakan sebagian penyanyi dari daftar penyanyi jazz Indonesia terbaik. Dengan berbagai prestasi dan bakat yang mereka miliki, perkembangan musik jazz di Indonesia pun akan terus berjalan. Tidak heran jumlah penikmat musik jazz di Indonesia terus bertambah dengan semakin banyaknya penyanyi-penyanyi serta musisi jazz yang bermunculan.

 

 

Sources:
beautynesia.id/13551
qubicle.id/story/the-next-big-thing-7-penyanyi-wanita-pendatang-baru-di-indonesia
miner8.com/id/12700
lifestyle.sindonews.com/read/1030683/157/10-musisi-jazz-indonesia-terfavorit-1438974483

The Strokes Rilis Album Baru Setelah 7 Tahun

Thursday, February 20, 2020 - 14:47
Formasi The Strokes, band rock yang akan merilis album ketujuhnya pada April mendatang

Jika lo pencinta musik rock, terutama lagu-lagu dari The Strokes, nggak lama lagi lo akan bisa mendengarkan karya-karya baru mereka dalam album teranyar The New Abnormal. Band yang dibentuk sejak 1998 itu segera mengeluarkan album terbaru, dengan formasi lengkap Albert Hammond Jr, Fabrizo Moretti, Julian Casablancas, Nikolai Fraiture, dan Nick Valensi.

Album The New Abnormal

The Strokes mengumumkan tanggal rilis album pada acara kampanye Bernie Sanders di New Hampshire

Setelah tujuh tahun vakum, akhirnya album baru dari The Strokess dirilis dengan judul The New Abnormal. Frasa The New sendiri mengacu pada sesuatu yang baru, setelah sekian lama nggak ada album yang dikeluarkan. The New Abnormal merupakan album ke-6 milik band rock asal New York Amerika Serikat itu. Dalam momentum ini, The Strokes menyanyikan dua lagu yang ada pada album barunya.

Album The New Abnormal akan dirilis pada April mendatang. Pengumuman ini disampaikan Selasa 11 Februari lalu, tepatnya beberapa jam setelah menghadiri kampanye calon presiden Bernie Sanders di New Hampshire. Album The New Abnormal berisi sembilan lagu, diantaranya The Adults are Talking, Bad Decisions, At the Door, dan Why Are Sundays So Depressing.

Rilis Video Klip

Beberapa video klip dari lagu yang ada pada album The New Abnormal sudah bisa ditonton di kanal YouTube. Satu diantaranya adalah At the Door. Lagu ini menjadi satu diantara sekian lagu di dalam album yang dikerjakan di Shangri-La Studios, California. Lagu At the Door sendiri dirilis pada 14 Februari lalu, bertepatan dengan Hari Valentine. Lo akan merasakan tabuhan drum Fab Moretti yang benar-benar menghentak. Ini akan mengobati rasa kangen akan musik pop rock dengan suara drum yang menderu.

 

Kepastian Rilis Album

Kerinduan pada genre musik rock membuat The Strokes sudah berencana sejak tahun lalu untuk menelurkan album barunya. Tahun lalu, band yang digawangi Albert Hammond Jr, Fabrizo Moretti, Julian Casablancas, Nick Valensi, dan Nikolai Fraiture ini sudah memberikan pernyataan langsung tentang rencana peluncuran album baru. Bahkan di akhir 2019, band asal New York ini sempat menyanyikan The Adults Are Talking, salah satu lagu yang ada di album terbaru mereka.

Pada momen itu, Julian mengatakan bahwa tahun 2020 akan ada sebuah kejutan atau surprise untuk para fans. Ini membuat penggemar memiliki kepastian, setelah terdengar kabar burung sejak September 2019 tentang peluncuran album. Album ke-enam yang akan dirilis April mendatang akan melanjutkan diskografi setelah album Comedown Machine yang dirilis tujuh tahun lalu. The Strokes juga pernah merilis Future Present Past EP pada 2016, tapi dalam bentuk mini album yang hanya berisi empat lagu.

Setelah mendapat kepastian tentang tanggal rilis album ke-7 dari The Strokes, sudah siapkah untuk mendengarnya?

Source: Billboard, Kumparan, Matamatamusik