5 Cara Menikmati Musik Jazz untuk Pemula - MLDSPOT
  • Music News
  • 5 Cara Menikmati Musik Jazz untuk Pemula

5 Cara Menikmati Musik Jazz untuk Pemula

Mon, 22 February 2016

Jazz merupakan salah satu genre musik yang paling kompleks. Banyak banget improvisasi yang bisa dilakukan, belum lagi ritme-ritme yang terdengar rumit di telinga. Itulah mengapa para generasi muda lebih suka mendengarkan musik populer atau mainstream. Padahal, jazz memungkinkan lo untuk mengeksplor musik-musiknya. Coba baca tips di bawah ini, deh, agar lo bisa mulai menikmati musik jazz.

 

Banyak Membaca

Reading will get you everywhere! Ya, Urbaners, jazz nggak cuma bisa dinikmati dengan didengarkan, tetapi juga melalui bacaan. Cari tahu, deh, sejarah tentang musik jazz, jenis-jenisnya, mulai dari yang klasik hingga kontemporer, dan lain sebagainya. Baca juga perkembangan musik jazz di negara dan kota tempat tinggal lo. Hal-hal tersebut bakal bikin lo mulai tertarik untuk mempelajari jazz lebih jauh.

 

Memahami Jazz

Salah satu hal yang membedakan jazz dengan genre musik lain adalah improvisasi. Artinya, para musisi jazz sering banget “mengarang” aransemen musik mereka ketika sedang tampil. Itulah mengapa saat lo mendengarkan jazz, terkadang lo merasa bahwa melodinya mendadak berubah. Untuk bisa mengapresiasinya, lo perlu memahami improvisasi dan gimana mereka digunakan. Dengarkan baik-baik melodi serta instrumen yang digunakan, dan lo bakal memiliki pemahaman lebih baik tentang jazz.

 

Kunjungi Pertunjukan Live

Nggak ada cara yang lebih baik untuk menikmati musik jazz selain menonton pertunjukannya secara langsung. “Buka” indera lo lebar-lebar untuk memperhatikan situasi di sekitar tempat pertunjukkan tersebut. Lo bisa sekaligus mempelajari instrumen-instrumen yang dimainkan oleh para musisi jazz. Pemahaman lo mengenai improvisasi jazz pun juga bakal bertambah.

 

Bertemu Pecinta Jazz Lain

Sama seperti ketertarikan lo terhadap hal-hal lain, berbicara kepada orang yang memiliki ketertarikan yang sama bakal membuat lo berkembang. Manfaatkan media sosial, follow blog atau akun-akun tentang jazz. Ceritakan pengalaman lo dalam menikmati musik tersebut. Bakal lebih oke lagi jika lo bertemu dengan artis jazz lokal yang nggak segan untuk berteman dengan lo. Lo bisa sekaligus memberi pendapat tentang musik jazz yang selama ini lo dengerin.

 

Nggak Untuk Orang Lain

Ada anggapan di kalangan masyarakat bahwa musik jazz ditujukan bagi orang-orang yang memiliki level intelektualitas tertentu. Jadi, nggak sedikit dari mereka yang mendalami jazz karena ingin mengesankan rekan-rekan mereka. Tapi, percuma aja kalau lo sebenernya nggak menikmati musik jazz, kan? Lo cuma bisa menghormati musik jazz apabila benar-benar mendengarkannya dan menyukainya untuk diri lo sendiri, bukan karena demi orang lain.

Jadi, masih merasa kesulitan untuk menikmati musik jazz? Take your time, Urbaners. Mungkin musik jazz nggak untuk dinikmati semua orang, tapi setidaknya lo bisa mencoba dengan menerapkan kelima cara di atas. Karena mayoritas musik jazz merupakan instrumen, lo bisa menciptakan lirik sendiri terhadap sebuah instrumen musik untuk membantu lo lebih menikmati musik jazz.

Baca Juga : 4 Penyanyi Jazz Wanita Indonesia Terfavorit

 

 

Source: bellanaija.com

Balutan Jazz dan Lo-Fi dalam Album Sleepless Night Indra Lesmana

Thu, 04 March 2021
Indra Lesmana

Musik jazz emang nggak ada matinya – bahkan dari perkembangannya sejak 1919 masuk ke Indonesia, musik jazz udah berkembang banget. Terkenal sebagai musik yang nggak ada matinya, musisi jazz di Indonesia pun semakin berkembang.

Tapi dari berkembangnya musisi jazz di masa sekarang, lo pastinya nggak boleh lupa dengan orang musisi terdahulu Indonesia yang ikut mengembangkan industri musik jazz di Indonesia – salah satunya Indra Lesmana.

Indra Lesmana pada bulan September 2020 lalu sempat merilis album bertajuk Sleepless Nights. Album yang menghadirkan sentuhan musik jazz dengan nuansa lo-fi dijamin bakal bikin lo ketagihan buat denger deh!

Di album ke-27, Indra Lesmana mencoba membuat sesuatu yang berbeda dan mencoba mengikuti tren yang sedang diminati saat ini. Memulai karyanya sejak tahun 1978, apa yang istimewa dari album baru Indra Lesmana ini?

Meskipun sudah terlampau 6 bulan, MLDSPOT mencoba mengupas tuntas album baru dari Indra Lesmana ini. Selengkapnya langsung aja simak ulasan di bawah ini, bro!

Memproduksi Semuanya Sendiri

Indra Lesmana

Credit image – Dok. MLDSPOT

Mengeluarkan album di era new normal ini pastinya bukan hal yang mudah. Tapi hal ini berhasil ditepis oleh Indra Lesmana dan membuat album Sleepless Night dengan hasil yang sangat ciamik ini.

Dikarenakan keadaan ini, Indra Lesmana nggak bisa bertemu dengan banyak orang dan juga nggak banyak melibatkan banyak pihak. Akhrinya, Indra menyelesaikan album ini dengan semuanya sendiri, bro!

Dengan produksi musik mulai dari aransemen, memainkan alat musiknya, merekam instrumen dari keyboards, gitar, saxophone, hingga proses mixing dan mastering. Dengan seluruh kesulitan yang ada, Indra Lesmana mengaku sangat enjoy menjalani hal ini dengan sendirian.

“Di era new normal ini, kemampuan bermusik saya harus saya kembangkan dan saya harus tetap berkeasi meskipun di rumah secara mandiri” ujarnya pada Antara News.

Wah, emang nggak heran kalau Indra Lesmana dinobatkan jadi musisi jazz paling keren abad ini ya, bro!

Balutan Jazz dan Lo-fi

Mendengarkan musik jazz rasanya udah biasa – terlebih musik jazz pun sekarang udah bisa lo nikmatin di mana-mana. Tapi untuk genre lagu lo-fi, apakah sebelumya lo udah pernah denger?

Untuk lo yang suka dengerin lagu lewat Youtube, lo-fi sepertinya udah bukan hal yang asing lagi untuk lo dengar. Lo-fi atau yang memiliki artu low fidelity adalah jenis musik yang direkam dengan peralatan sederhana dan hasilnya sangat sederhana, namun hasil musiknya sangat menenangkan.

Di album Slepless Night ini Indra sukses menggabungkan jazz dengan sentuhan lo-fi ke dalam 6 tracks yang ada di album ini, di antaranya:"It Could Happen To You","You Don’t Know What Love Is","What Are You Doing The Rest Of Your Life”, "But Beautiful", "Someone To Watch Over Me", dan "The Nearness Of You".

Perjalanan Karir Indra Lesmana

Indra Lesmana

Credit image – Dok. MLDSPOT

Sejak 1978, Indra Lesmana udah total mengeluarkan 27 album – dan Sleepless Night merupakan album terakhirnya yang mencoba untuk menjangkau para penikmat musik masa kini. Indra Lesmana mengaku agak kesulitan untuk menyamakan selera dan juga mengikuti industri musik jazz saat ini.

Indra Lesmana mengaku, perjalanan berkarirnya dalam dunia musik sudah melintasi waktu dan menyentuh banyak generasi. Baginya, memproduksi musik yang bisa dinikmati oleh semua kalangan menjadi sebuah bentuk apresiasi diri.

Pastinya nggak mudah bagi Indra Lesmana untuk menciptakan lagu dengan menggabungkan genre lain selain jazz dalam albumnya, but, guess what? He did it!

Album yang bisa menemani waktu senggang dan nyantai ini sudah tersedia di seluruh platform musik digital dan bisa lo nikmati kapan aja, enjoy!

 

Feature image – Indra Lesmana