Home Music 5 Cara Menikmati Musik Jazz untuk Pemula

5 Cara Menikmati Musik Jazz untuk Pemula

Monday, February 22, 2016 - 17:52

Jazz merupakan salah satu genre musik yang paling kompleks. Banyak banget improvisasi yang bisa dilakukan, belum lagi ritme-ritme yang terdengar rumit di telinga. Itulah mengapa para generasi muda lebih suka mendengarkan musik populer atau mainstream. Padahal, jazz memungkinkan lo untuk mengeksplor musik-musiknya. Coba baca tips di bawah ini, deh, agar lo bisa mulai menikmati musik jazz.

 

Banyak Membaca

Reading will get you everywhere! Ya, Urbaners, jazz nggak cuma bisa dinikmati dengan didengarkan, tetapi juga melalui bacaan. Cari tahu, deh, sejarah tentang musik jazz, jenis-jenisnya, mulai dari yang klasik hingga kontemporer, dan lain sebagainya. Baca juga perkembangan musik jazz di negara dan kota tempat tinggal lo. Hal-hal tersebut bakal bikin lo mulai tertarik untuk mempelajari jazz lebih jauh.

 

Memahami Jazz

Salah satu hal yang membedakan jazz dengan genre musik lain adalah improvisasi. Artinya, para musisi jazz sering banget “mengarang” aransemen musik mereka ketika sedang tampil. Itulah mengapa saat lo mendengarkan jazz, terkadang lo merasa bahwa melodinya mendadak berubah. Untuk bisa mengapresiasinya, lo perlu memahami improvisasi dan gimana mereka digunakan. Dengarkan baik-baik melodi serta instrumen yang digunakan, dan lo bakal memiliki pemahaman lebih baik tentang jazz.

 

Kunjungi Pertunjukan Live

Nggak ada cara yang lebih baik untuk menikmati musik jazz selain menonton pertunjukannya secara langsung. “Buka” indera lo lebar-lebar untuk memperhatikan situasi di sekitar tempat pertunjukkan tersebut. Lo bisa sekaligus mempelajari instrumen-instrumen yang dimainkan oleh para musisi jazz. Pemahaman lo mengenai improvisasi jazz pun juga bakal bertambah.

 

Bertemu Pecinta Jazz Lain

Sama seperti ketertarikan lo terhadap hal-hal lain, berbicara kepada orang yang memiliki ketertarikan yang sama bakal membuat lo berkembang. Manfaatkan media sosial, follow blog atau akun-akun tentang jazz. Ceritakan pengalaman lo dalam menikmati musik tersebut. Bakal lebih oke lagi jika lo bertemu dengan artis jazz lokal yang nggak segan untuk berteman dengan lo. Lo bisa sekaligus memberi pendapat tentang musik jazz yang selama ini lo dengerin.

 

Nggak Untuk Orang Lain

Ada anggapan di kalangan masyarakat bahwa musik jazz ditujukan bagi orang-orang yang memiliki level intelektualitas tertentu. Jadi, nggak sedikit dari mereka yang mendalami jazz karena ingin mengesankan rekan-rekan mereka. Tapi, percuma aja kalau lo sebenernya nggak menikmati musik jazz, kan? Lo cuma bisa menghormati musik jazz apabila benar-benar mendengarkannya dan menyukainya untuk diri lo sendiri, bukan karena demi orang lain.

Jadi, masih merasa kesulitan untuk menikmati musik jazz? Take your time, Urbaners. Mungkin musik jazz nggak untuk dinikmati semua orang, tapi setidaknya lo bisa mencoba dengan menerapkan kelima cara di atas. Karena mayoritas musik jazz merupakan instrumen, lo bisa menciptakan lirik sendiri terhadap sebuah instrumen musik untuk membantu lo lebih menikmati musik jazz.

Baca Juga : 4 Penyanyi Jazz Wanita Indonesia Terfavorit

 

 

Source: bellanaija.com