Home Music Bottlesmoker, Musik Elektronik yang Eksperimental

Bottlesmoker, Musik Elektronik yang Eksperimental

Wednesday, March 30, 2016 - 15:07
Bagikan
Facebook Twitter Email

Mungkin belum banyak dari lo yang denger grup musik satu ini, Bottlesmoker. Alunan musik bergaya elektronik yang dibawa oleh Bottlesmoker bisa dibilang beda banget dengan grup musik dengan genre yang sama. Hal ini dikarenakan banyaknya instrumen musik yang digunakan oleh Bottlesmoker sehingga telinga lo bakal semakin kaya dengan suara-suara unik yang berpadu menjadi sebuah lagu bergaya elektronik. Siapa sangka, udah banyak penghargaan internasional yang diraih sama band beranggotakan dua pemuda ini.

 

Musisi kamar tidur

Banyak orang yang menganggap bahwa Bottlesmoker merupakan sebuah grup musik. Sayangnya, hal ini bisa dibilang setengah benar. Bottlesmoker sendiri merupakan sebuah proyek musik dengan genre pop elektronik yang digawangi oleh Anggung Kuy Kay dan Ryan Nobie Adzani. Angkuy dan Nobie sendiri mulai melakukan proyek-proyek eksperimental mereka di tahun 2005 menggunakan instrument musik unik seperti glockenspiel, hand bell, melodica, bahkan mainan-mainan yang mengeluarkan suara unik seperti telepon mainan, radio, bahkan Nintendo Gameboy.

Seperti yang terlihat di akun Tumblr mereka, saat ini mereka sedang bereksperimen dengan suara-suara yang ada di sekitar kita. Suara pagar, tiang listrik, bahkan rerumputan kering yang diinjak sempat direkam untuk kemudian dijadikan komposisi dalam lagu eksperimen mereka. Ya, bukan Bottlesmoker namanya kalau nggak melakukan eksperimen di setiap musik yang mereka buat.

Angkuy dan Nobie sendiri merekam semua lagu-lagu mereka di kamar, termasuk proses mixing dan mastering dengan menggunakan laptop pribadi mereka. Nggak salah kalau mereka menjuluki diri mereka sendiri sebagai musisi kamar tidur karena hal tersebut. Hasil rekaman Bottlesmoker beberapa kali ditolak oleh label lokal di Indonesia. Nggak patah semangat, Bottlesmoker memilih untuk menyebarkan lagu mereka melalui dunia maya hingga ke luar Indonesia.

 

Meraih banyak penghargaan

2006 menjadi tahun dimana mereka merilis album pertama berjudul Before Circus yang diunggah melalui akun MySpace mereka. Album kedua, Slow Mo Smile, dirilis tahun 2008 ketika Bottlesmoker menggandeng Probablyworse Records asal Amerika Serikat. Sedangkan album ketiga, Hypnagogic, dirilis di Jepang dengan menggandeng Dystopiaq Records.

Banyak penghargaan yang diraih oleh grup musik elektronik satu ini. Menjadi pemenang dalam kategori Best Electro / Dance Song dari Asia Voice of Independent Music Awards di tahun 2010 salah satunya. Selain itu, penghargaan INAICTA 2010 dalam kategori Best Digital Music juga sempat mereka raih.

Penasaran dengan lagu mereka? Lo bisa aja mampir di website resmi mereka. Saran nih, buat lo yang baru mau denger Bottlesmoker, lo bisa denger lagu mereka yang berjudul Hello We Are Bottlesmoker yang bisa bikin lo “jalan-jalan” ke luar angkasa.

 

 

Source: bottlesmoker.asia, bottlesmoker.tumblr.com, www.lifeinkl.com