Lupa Waktu Karena Idang Rasjidi - MLDSPOT

Lupa Waktu Karena Idang Rasjidi

Thu, 27 October 2016

Di balik topi lusuhnya, ia membiarkan jarinya menari liar di atas tuts piano digitalnya. Idang Rasjidi selalu diam-diam menghanyutkan.

Idang Rasjidi tidak perlu banyak basa-basi. Ia naik ke panggung, memberi aba-aba pada teman di sekelilingnya dan beberapa detik kemudian memulai setnya di Prambanan Heritage Jazz Festival.

Perlakuan ini, bisa diaplikasikan dengan mudah jika kamu dilengkapi ribuan jam terbang turun naik panggung layaknya apa yang dimiliki oleh Idang.

Hari itu, seperti biasanya, ia memimpin bandnya untuk memainkan sejumlah komposisi jazz yang nyaman di telinga. Kendati durasinya panjang, yang disajikan olehnya sama sekali tidak membosankan. Beberapa orang tertangkap bergoyang mengikuti beat dan nada yang disajikan. Kali ini, selain piano, band pendukungnya diperkuat oleh gitar, bas, perkusi dan drum. Masing-masing memainkan perannya dengan baik.

Sesekali pula, di jeda lagu, Idang menyapa penonton. Ia juga bercanda untuk mencairkan suasana.

Untuk seorang musisi berstatus senior, yang disajikan oleh Idang Rasjidi dan bandnya memang jempolan. Nyaris tidak ada cela selama penampilannya yang berdurasi sekitar lima puluh menit itu.

Nuansa bersenang-senang, terpancar jelas dari lima orang musisi yang tampil di atas panggung. Mereka asyik dengan instrumennya masing-masing dan kesenangan itu bisa tersalurkan kepada mereka yang menontonnya dari depan.

Musik jazz, versi Idang Rasjidi, membuat orang lupa waktu. Rasa tercengang yang terus menerus muncul seolah menjadi alasan kenapa kita semua harus menyaksikannya bermain langsung di atas panggung.

Sekedar catatan, di beberapa album rekaman yang pernah ia hasilkan, energi yang sama tidak keluar. Bukan berarti jelek, tapi memang dimensi kesenangannya saja yang berbeda. Mungkin pula, itu yang membedakan kenapa musik jazz selalu punya sisi lain ketika disajikan di atas panggung.

Ajang seperti Prambanan Heritage Jazz Festival 2016, yang menyajikan banyak penampil, seolah menjadi parade musik-musik menyenangkan. Sebagai salah satu pemain yang ambil bagian, Idang Rasjidi memainkan perannya dengan baik. Bikin ketagihan untuk ditonton, malah. Entah kenapa, malam itu waktu berjalan cepat.

Setelah 12 Tahun, Kings of Convenience Ngasih Surprise Lagu Baru!

Sat, 08 May 2021
Kings of Convenience

Sejak awal mendengarkan lagu, apakah lo punya satu lagu yang selalu dikenang – iya kan? Sebagai penikmat musik, pastinya lo juga punya musisi atau band yang selalu jadi favorit lo kan?

Mungkin sekarang musisi atau band yang dulu lo suka dengerin udah nggak produksi lagu lagi dan alhasil lo dengerin lagu-lagu lawanya lagi dan lagi. Kalo kayak gini, lo pasti jadi kangen sama musisi atau band favorit lo itu nggak sih? Pasti lo pengen dong denger mereka punya lagu baru.

Baru-baru ini, duo folk asal Norwegia – Kings of Convenience mengumumkan bahwa mereka bakal kembali produktif bermusik dalam waktu dekat. Kembalinya duo ini diawali dengan merilis single baru.

Lagu baru yang ear-catchy dan jadi yang pertama setelah 2009 lalu pastinya bikin para penggemarnya. Penasaran kembalinya grup ini kayak apa? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Kembali Setelah 12 Tahun

Setelah terakhir mengeluarkan karyanya pada 2009 lalu, duo musik ini sebenarnya sudah membocorkan kalo mereka bakal kembali ke dunia musik sejak 2019 lalu. Kabar baik dari duo musik ini tentunya disambut baik oleh para penggemarnya.

Kabar burung ini beredar karena mereka sempat mengatakan bahwa akan menggarap album keempatnya. Namun saat merekam, mereka merasa kurang materi dan kurang sempurna pada proses produksinya. Akhrinya, mereka mencoba istirahat sejenak dan baru sempat melanjutkan proyek ini hingga dirilis pada 2021 ini.

Comeback dengan Lagu “Rocky Trail”

Kings of Convenience

Credit image – Kings of C on Twitter

Comeback ini ditandai dengan dirilisnya single baru mereka dengan tajuk “Rocky Trail”. Duo yang terdiri dari Erlend Øye dan Eirik Bøe ini kayaknya benar-benar serius akan kembali menjadi produktif dalam bermusik lagi.

Lagu yang ear-catchy ini emang jadi lagu yang worth it banget buat dinikmati setelah 12 tahun lamanya para penggemar nggak menikmati lagu baru dari mereka. Tapi yang menjadi fakta unik – lagu ini sebenarnya udah mereka rekam pada tahun 2016 lalu. Lalu akhirnya mereka memutuskan untuk merilis lagu “Rocky Trail” sebagai penanda comeback mereka di tahun 2021.

Menyapa Penggemar Kembali

Kings of Convenience

Credit image – Spotify

Sebagai musisi yang udah cukum lama vakum dari dunia musik, Kings of Convenience pastinya banyak dirindukan oleh banyak penikmat musik. Musisi yang terakhir kali meluncurkan karya mereka pada 2009 dengan album “Declaration of Dependence”.

Jadi album terakhir dalam vakumnya – dan berhenti berkarya selama 12 tahun, lagu “Rocky Trail” berhasil bikin para penggemarnya menghilangkan rasa kangennya.

Pada perilisan lagu ini – tepatnya 27 April 2021 kemarin, Kings of Convenience mengunggah pengumuman comeback-nya melalui jejaring Instagram bahwa mereka akan merilis lagu baru. Lagu baru ini juga bukan lagu yang satu-satunya dirilis untuk comeback-nya, melainkan jadi awal dari langkah baru mereka dalam bermusik.

Unggahan mereka pada instagram yang bertuliskan “Thanks for waiting, hope you will like it – Erlend and Erik“ ini berhasil membuat para penggemar nggak sabar menantikan lagu baru lainnya yang akan dirilis di tahun ini.

Penasaran nggak sih sama lagu-lagu baru yang bakal dirilis sama King of Convenience? Tungguin aja perilisan satu album comeback dari duo ini ya, bro!

 

Feature image – Rocky Trail