Trending
Rabu, 03 Mei 2017

Kisah Ocean Colour Scene yang Sempat Merajai Musik Inggris

  • Share
  • fb-share
Kisah Ocean Colour Scene yang Sempat Merajai Musik Inggris

Jika lo mengaku merupakan pecinta genre musik rock dan juga Britpop, sudah seharusnya lo sudah tahu salah satu band rock terbaik di Inggris, yaitu Ocean Colour Scene (OCS). Ocean Colour Scene (OCS) adalah sebuah band rock Inggris yang berasal dari Moseley, Birmingham. Popularitas dari band ini boleh saja kalah dengan band Oasis, tapi lo harus tahu band yang beranggotakan Simon Fowler, Steve Craddock, Oscar Harrison, Dan Sealey, dan juga Andy Bennett ini menempati posisi nomor satu dalam Top 10 Album pada tahun 1997 lho Urbaners.

 

Awal Karir, Mengalami Perselisihan dengan label rekaman

Keberadaan band ini awalnya dibentuk setelah dua band lokal yang bernama The Boys dan Fanatics yang kemudian dibubarkan. Pada tahun 1990, band ini masuk ke dalam Phffft Record dan mengeluarkan single pertama mereka yang berjudul “Sway” pada bulan September ketika era indie di Inggris sedang maraknya berkembang. Perjalanan awal karir OCS mengalami banyak kendala, salah satunya adalah ketika label rekaman mereka harus tertelan oleh perusahaan rekaman yang lebih besar yakni Phonogram.

Bersama label rekaman ini, album pertama milik OCS diubah dan bertentangan dengan ekspetasi band tersebut karena menyesuaikan trend musik Madchester yang sangat digilai pada masa itu. Album tersebut akhirnya dianggap gagal karena mengalami perselisihan dengan label rekamannya.

 

Tahun 1993, Kebangkitan band OCS

Pada tahun 1993, penyanyi berbakat asal Inggris Paul Weller mengundang band OCS untuk membantunya dalam beberapa tour miliknya. Dalam penampilan Weller bersama OCS, Weller mengundang Craddock untuk memainkan salah satu lagu miliknya dan Fowler bernyanyi dalam album terbarunya, Wild Wood. Melalui rangkaian tur bersama Paul Weller, uang yang dihasilkan dari tur tersebut akhirnya dapat membantu kondisi finansial dan membuat band OCS bertahan pada masa-masa tersebut.

Selain berhasil mendapatkan label rekaman baru, ajakan dari Gallagher berhasil pula membawa band OCS terkenal secara nasional dan juga Internasional. Album kedua bertajuk Moseley Shoals dirilis dan berhasil mendapatkan beragam pujian kritis dan berhasil menempati posisi peringkat 2 di dalam UK Album Charts pada tahun 1996.

Satu tahun selanjutnya, album Marchin’ Already mulai dirilis dan kembali menempati posisi nomor satu dalam UK Album Chart yang berhasil mengalahkan album milik OASIS berjudul Be Here Now dalam jajaran Top Chart di tahun yang sama.

Memasuki usia ke-28 tahun Ocean Colours Scene telah memproduksi sebanyak 10 album dan juga menerima banyak penghargaan salah satunya Seventeen Top 40 Singles dan six Top 10 Single sepanjang karirnya. Keren kan Urbaners, walaupun diambang perpecahan, setiap personilnya, mempunyai kepercayaan yang kuat hingga akhirnya bisa berprestasi.

 

Source: independent.co.uk

Comments
Irwandi
Mantap banget
PUJI RAHAYU kopkar
keren banget