Home Music 6 Komposer Musik Film Indonesia Paling Populer
6 Komposer Musik Film Indonesia Paling Populer

6 Komposer Musik Film Indonesia Paling Populer

Tuesday, March 12, 2019 - 17:55
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, menjadi komposer musik ternyata nggak gampang. Profesi ini menuntut lo untuk bisa menulis komposisi musik, mulai dari instrumental hingga lengkap dengan lirik lagunya. Nggak heran kalau lo harus punya banyak ilmu dan pengetahuan soal musik yang cukup luas. Selain itu, lo juga harus mampu berkolaborasi dengan music director, producer, sampai music player untuk menghasilkan karya yang berkualitas.

Menariknya, Indonesia sudah punya nih 5 komposer musik film yang paling populer dan selalu sukses mencetak lagu-lagu hits. Biar nggak penasaran, daftar lengkapnya bisa lo cari tahu di sini!

 

Erwin Gutawa

Pastinya lo sudah nggak asing lagi dengan nama Erwin Gutawa, kan? Pria berusia 56 tahun ini bahkan disebut-sebut sebagai komposer musik terbaik yang dimiliki Indonesia. Ayah kandung dari artis cantik Gita Gutawa ini mulai menekuni musik dan mendirikan Erwin Gutawa Orkestra di tahun 1993. Di awal tahun 2019, Erwin Gutawa sukses menggelar konser bertajuk “Salute to 3 Female Songwriters” untuk mengapresiasi Dewi ‘Dee’ Lestari, Dewiq, dan Melly Goeslaw.

 

Addie MS

Addie MS

Komposer musik berprestasi, Addie MS ini memang sudah mengantongi banyak penghargaan bergengsi sebagai penata musik terbaik. Pria yang pernah bekerja sama dengan David Foster untuk konsernya di Jakarta tahun 1991 silam ini juga pernah dipercaya mengisi scoring film populer nusantara, termasuk film Dealova yang dibintangi oleh Jessica Iskandar dan Ben Joshua di tahun 2005.

 

Andi Rianto

Pendiri Magenta Orchestra ini sudah nggak perlu diragukan lagi bakat bermusiknya. Komposer musik beraliran klasik ini bahkan pernah terpilih sebagai nominator Penata Musik Terbaik dalam Festival Film Indonesia. Karya musik buatan Andi Rianto ini bisa lo temukan dalam original soundtrack film Arisan yang dibawakan oleh Ren Tobing di tahun 2003 dan Mengejar Matahari tahun 2004 yang dinyanyikan oleh Ari Lasso.

 

Indra Lesmana

Indra Lesmana

Lahir dan dibesarkan oleh keluarga yang mencintai musik, nggak heran jika saat ini Indra Lesmana sukses menjadi salah satu komposer musik jazz paling berpengaruh di tanah air. Tercatat ada lebih dari 200 komposisi original yang ia ciptakan sejak terjun ke panggung musik jazz di tahun 1976 silam. Menariknya, Indra Lesmana sempat didapuk sebagai komposer musik untuk film yang dibintangi oleh putrinya, Eva Celia, bertajuk Adriana yang resmi dirilis pada 7 November 2013.

 

Melly Goeslaw

Urbaners, Melly Goeslaw bisa disebut sebagai salah satu komposer musik wanita paling populer di Indonesia. Wanita kelahiran Bandung ini bahkan mendapat julukan sebagai ‘Ratu Soundtrack Film Indonesia’ di tahun 2000-an. Mulai dari Ada Apa dengan Cinta untuk soundtrack film AADC, Pujaanku yang merupakan original soundtrack film Eiffel... I’m in Love, hingga My Heart untuk soundtrack film dengan judul sama yang dibintangi oleh Irwansyah dan Acha Septriasa.

 

Yovie Widianto

Sepak terjang Yovie Widianto sebagai komposer musik kebanggaan Indonesia nggak perlu dipertanyakan. Karya musiknya bahkan sukses membawa nama-nama penyanyi tanah air seperti Rio Febrian, Glenn Fredly, Rossa, hingga Monita Tahalea menghadirkan lagu bertema cinta yang begitu indah. Sebagai komposer musik film, beberapa waktu lalu pendiri grup musik Kahitna ini juga dipercaya menciptakan original soundtrack film Ayat-Ayat Cinta 2, berjudul Masih Berharap yang dipopulerkan oleh Isyana Sarasvati.

 

Gimana menurut pendapat lo soal komposer musik film Indonesia yang sudah disebutkan tadi?

 

 

Sources: haho.co.id, kumparan.com