Home Music Cara Belajar Gitar Agar Cepat Mahir
Cara Belajar Gitar Agar Cepat Mahir

Cara Belajar Gitar Agar Cepat Mahir

Monday, May 20, 2019 - 10:19
Bagikan
Facebook Twitter Email

Gitar memang dikenal sebagai alat musik populer di berbagai kalangan, baik itu di kalangan gitaris maupun penikmat musik biasa. Makanya, nggak heran kalau banyak orang ingin bisa menguasai teknik gitar. Namun, dibutuhkan ketekunan untuk bisa mahir memainkan alat musik petik satu ini, Urbaners. Nah, untuk membantu lo menguasai cara belajar gitar, ini dia beberapa hal yang perlu lo perhatikan!

 

Kenali bagian gitar

Kenali bagian gitar

 

Sebagai pemula, langkah awal cara belajar gitar adalah dengan mengenali bagiannya terlebih dahulu. Pada dasarnya, semua gitar, baik itu akustik maupun elektrik, sama-sama terbuat dari kayu dan logam. Beberapa bagian gitar yang perlu untuk lo ketahui adalah:

 

  • Leher gitar: biasanya berupa kayu panjang, datar di salah satu sisinya, yang biasa dikenal dengan papan fret dan melengkung di sisi lainnya. Di tiap papan fret terdapat garis-garis metal yang digunakan untuk menandai beberapa nada.
  • Untuk senar, biasanya akan melewati kepala gitar, dan di bagian ini umumnya dipasang sebuah kenop yang bisa diputar untuk mengencangkan maupun melonggarkan senar. Kemudian, senar ini akan melewati bridge yang ada pada tubuh gitar.
  • Sementara itu, untuk gitar akustik, di bagian tubuhnya terdapat sebuah lubang yang berfungsi sebagai resonansi suara. Sedangkan di gitar listrik hanya ada tiga elemen pickup magnetis yang tujuannya menyalurkan suara ke amplifier.

 

Pelajar kunci dasarnya

Setelah lo tahu bagian-bagian gitar, saatnya kini mempelajari kunci gitar tersebut. Nah, di sini lo perlu mengenali dulu beberapa kunci dasar dalam bermain gitar. Kunci dasar ini terbagi jadi dua, yakni kunci dasar minor dan kunci dasar mayor. Namun, yang paling banyak dipakai adalah kunci mayor seperti C mayor, G mayor, A mayor, E mayor, dan D mayor.

Letak kunci nada pada senar dalam cara bermain gitar pun perlu untuk lo ketahui. Berdasarkan urutannya, senar nomor satu berada di bagian paling bawah dan menghasilkan nada E minor. Agar lo makin mahir, maka penempatan posisi jari di sini sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itulah, lo perlu mempelajarinya dengan benar.

 

Pastikan memegang dengan posisi benar

Pastikan memegang dengan posisi benar

 

Langkah selanjutnya dari cara bermain gitar agar cepat mahir, tentu lo perlu juga memastikan cara memegang dan posisinya yang benar. Pertama, lo wajib pegang gitar dalam posisi horizontal dan belakang gitar menyentuh dada dan perut. Selain itu, bertumpulah pada kaki dominan. Kedua, gunakan tangan kiri untuk menahan leher gitar dan menstabilkan suara. Lalu, jari jempol bisa lo pakai untuk menahan gitar di bagian yang melengkung, ini karena keempat jari itu yang bakal lo gunakan untuk menekan kunci gitar.

 

Posisi ini perlu sedikit penyesuaian sebenarnya. Hal ini tergantung apakah lo bermain gitar secara biasa ataukah dengan cara kidal. Buat lo yang nggak kidal, bisa gunakan tangan kiri untuk menekan senar gitar di bagian lehernya. Kemudian, gunakan tangan kanan untuk memetik senar di depan bridge.

 

Latih kekuatan tangan dan fret pada senar

Memang, pada awal-awal bermain gitar, otot tangan dan jari terasa nggak nyaman dengan posisi kunci yang cukup menyusahkan. Biasakan untuk melatih otot tangan dengan letak senar maupun fretnya. Terlebih bagi pemula, memindahkan kunci sat ke kunci lainnya adalah bagian yang paling sulit dalam cara bermain gitar.

Untuk membangun kekuatan tangan dan fret dalam bermain gitar, lo bisa melatih kekuatan jari dengan meremas barang. Contohnya, lo bisa meremas bola kecil selama lima menit saja. Tujuannya agar tangan lo nggak kaku ketika main gitar. Lo juga bisa pakai spons atau squishy secara rutin dan rasakan manfaatnya.

 

Mainkan satu lagu terlebih dahulu

Tips dan trik terakhir ketika lo bermain gitar adalah cobalah untuk mainkan satu lagu terlebih dahulu. Mulailah dengan lagu yang punya chord yang simpel. Sebaiknya, kuasai satu lagu tersebut dan jangan mainkan lagu lain sebelum mahir betul. Biasanya lagu-lagu yang biasa dipakai adalah karya Peterpan dan Sheila on 7.

 

Gimana, Urbaners, ternyata mudah bukan untuk mahir bermain gitar? Semoga cara belajar gitar di atas dapat membantu lo untuk semakin mahir dan menjadi gitaris profesional di masa mendatang!

 

 

Source: Mondoggiesmusic.com