Home Music Classmate Journal, Grup Musik Trio dengan Musik Easy Listening yang Khas
Classmate Journal, Grup Musik Trio dengan Musik Easy Listening yang Khas

Classmate Journal, Grup Musik Trio dengan Musik Easy Listening yang Khas

Tuesday, June 5, 2018 - 08:25
Bagikan
Facebook Twitter Email

Bagi yang belum pernah mendengar musik Classmate Journal, kemungkinan besar lo bakal mengira kalau grup musik ini berasal dari luar negeri. Padahal, Classmate Journal merupakan grup musik asli Indonesia, lho. Musiknya didominasi oleh genre akustik dengan sentuhan jazz, sangat easy listening dan cocok didengarkan kapan pun. Yuk, kenalan dengan Classmate Journal!

 

Sudah berteman sejak TK

Classmate Journal merupakan sebuah grup musik dengan format trio yang terdiri dari Budie Tanzania (vokal dan gitar akustik), Randy Partrawijaya (perkusi), dan Bhisma Mahendra (gitar elektrik). Percaya atau nggak, ketiganya telah berteman sejak TK. Didasari oleh kegemaran yang sama pada musik, mereka bertiga pun akhirnya membentuk Classmate Journal pada 2013.

 

Diproduseri Endah n Rhesa

Lo pasti udah sangat familiar dengan duo musisi Endah n Rhesa kan, Urbaners? Nah, mereka inilah yang memproduseri Classmate Journal. Makanya, nggak heran kalau jenis musik yang dibawakan nggak jauh berbeda. Saat itu, Classmate Journal mengajukan diri untuk bermain reguler di Earhouse, sebuah kafe yang dimiliki oleh Endah n Rhesa.

Menariknya, Classmate Journal tampil di sana dengan konsep jamsession untuk membangun komunitas. Konsep tersebut sukses berat karena sampai sekarang pun acara jam session mereka nggak pernah sepi. Akhirnya, pada Desember 2013, Endah n Rhesa secara resmi memproduseri Classmate Journal. Mereka membantu proses produksi debut EP Classmate Journal berjudul Journey yang terbit pada 2014.

 

Rilis mini album kedua pada Februari 2018 lalu

Nah, pada Februari 2018 lalu, Classmate Journal kembali merilis EP kedua mereka yang kali ini dinamakan 2.0. Jika dibandingkan dengan EP pertamanya, terlihat jelas kalau di EP kedua ini Classmate Journal sudah mengalami banyak perkembangan. Ada empat lagu yang bisa lo denger di 2.0 ini, yaitu Yesterday, G.M.Y.S, Bes Thing, dan Last Stop.

Mereka juga memperkuat aransemen dengan menambah instrumen perkusi berupa floor untuk menggantikan bunyi kick bass dalam drum. Hasilnya, lagu-lagu Classmate Journal pada EP kedua ini jadi memiliki beat dan rhythm yang lebih kuat.

 

Penasaran dengan musik yang dibawakan Classmate Journal? Lo bisa dengerin di Spotify atau layanan musik streaming lain ya, Urbaners!

 

 

Sources: freemagz.com, classmatejournal.com