• Music News
  • Kumpulan Lagu dan Musisi Jazz Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Kumpulan Lagu dan Musisi Jazz Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Thu, 20 December 2018
Kumpulan Lagu dan Musisi Jazz Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Jazz Indonesia hingga saat ini dikenal sebagai salah satu musik yang populer. Liriknya yang easy listening, skill bermusik yang unik menjadi daya tarik utama musik ini. Banyak musisi dan lagu jazz Indonesia yang sangat digemari oleh banyak orang. Siapa saja mereka? Ini dia di antaranya.

 

Indra Lesmana

Nama Indra Lesmana memang nggak bisa dilepaskan dari jazz Indonesia. Pria kelahiran Jakarta 28 Maret 1966 ini mendapatkan pendidikan di sekolah musik Australia. Selama di sana dia banyak mendapat ilmu dari musisi jazz ternama. Sebut saja seperti nama Don Burrows, Roger Frampton dan Paul McNamara.

Putra musisi jazz Indonesia kawakan Jack Lesmana ini juga banyak melahirkan lagu-lagu jazz hits. Beberapa lagunya yang bisa lo dengerin adalah Hanya Untukmu, Aku Ingin dan Selamat Tinggal. Lewat lagu-lagunya tersebut Indra bahkan pernah tampil di Asia-Pacific Weeks, Berlin Jerman pada 2008 lalu serta mengikuti gelaran jazz kelas dunia lainnya.

 

Maliq & D’Essentials 

Di Indonesia grup band yang mengusung genre jazz memang tak terlalu banyak. Tapi nama Maliq & D’Essentials adalah salah satu yang bisa dibanggakan. Band ini lahir pada tahun 2002 lalu dan beranggotakan 6 orang. Di antaranya adalah Angga dan Indah (vokal), Jawa (bass), Widi (drum), Lale (gitar), dan Ilman (keyboard).

Mereka pernah tampil pada Jakarta International Jazz Festival 2005 silam. Sejak saat itulah, band ini nggak pernah absen membuat lagu hits di tiap albumnya. Beberapa di antaranya adalah Terdiam (2004), Itu Adanya (2007), Mata Hati Telinga (2009), dan Menari (2010). Tak ketinggalan dua hits lainnya yakni Setapak Sriwedari (2013) dan Himalaya (2014).

Maliq & D’Essentials 

 

Tompi 

Malang melintang di dunia musik tanah air sejak 2003 silam, Tompi kini menjadi musisi jazz Indonesia yang patut diperhitungkan. Suara melengkingnya menjadi ciri khas Tompi setiap kali dia tampil di atas panggung. Bahkan dengan suaranya saja lo bakalan bisa menebak kalau dia Tompi.

Musisi yang juga sekaligus berprofesi sebagai dokter ini sukses menelurkan 9 album. Beberapa hits yang jadi andalannya di antaranya adalah Sedari dulu dan Menghujam Jantungku. Tompi pun juga seringkali tampil di berbagai konser jazz ternama di Indonesia seperti Java Jazz dan Jakarta International Jazz Festival.

 

Tulus

Tulus saat ini menjadi salah satu rising star musisi jazz Indonesia. Sebutan tersebut memang cocok diberikan pada pria bernama asli Muhammad Tulus ini. Hal ini dikarenakan namanya memang melejit sejak beberapa tahun belakangan lewat single pertamanya yang rilis dengan judul Sewindu.

Sejak saat itu, Tulus makin dikenal berbagai kalangan, Urbaners. Dia juga kembali mendulang kesuksesan dalam hitsnya. Beberapa yang bisa lo dengerin yaitu Teman Hidup, Sepatu, Gajah, dan Jangan Cintai Aku Apa Adanya. Tulus juga pernah merilis lagu berjudul Manusia Kuat untuk lagu penyemangat dalam ajang olahraga Para Games 2018 yang digelar beberapa waktu lalu.

 

Raisa 

Raisa adalah satu dari sekian musisi jazz Indonesia wanita yang berbakat. Selain memiliki paras cantik, wanita kelahiran Jakarta, 6 Juni 1990 ini juga memiliki bakat menyanyi jazz yang luar biasa. Lagu-lagu hitsnya pun easy listening dan digemari banyak kalangan di tanah air.

Sebelum memutuskan untuk solo karir, Raisa dulu juga pernah menjadi vokalis band bentukan Kevin Aprilio bernama Andante. Istri dari Hamish Daud pertama kali diundang dalam ajang jazz ternama yakni Java Jazz Festival 2011. Lagu-lagu Raisa yang sempat jadi hits antara lain adalah Could it Be, Teka Teki, dan Serba Salah.

 

Kunto Aji

Kunto Aji

Kunto Aji melejit lewat album Generasi Y yang dirilis pada tahun 2015 kemarin. Namun publik lebih paham lagu andalannya yang berjudul Terlalu Lama Sendiri. Lagu ini sendiri seolah jadi lagu wajib di setiap dia manggung. Lagu-Lagu Kunto Aji juga banyak bercerita tentang kehidupan.

Coba lo dengerin lagu berjudul Topik Semalam. Lagu ini bercerita tentang seorang pria yang over thinker kepada pasangannya karena selalu didesak. Menurutnya, situasi ini sering dialami oleh kebanyakan orang namun nggak jarang disadari orang-orang tersebut. Bahkan lo mungkin juga pernah mengalaminya.

 

Kiara Riz 

Kiara Riz

Musisi jazz Indonesia wanita ini mengawali debutnya pada 2016 lalu. Kiara Riz menjadi salah satu pemenang ajang MLDARE2PERFORM, prestasi ini yang membuatnya bisa tampil di panggung Java Jazz Festival 2016. Tahun 2018, Kiara mengeluarkan single keduanya berjudul Light My Light.

Di lagu ini lo bakalan mendengar musik jazz yang berbeda dari jazz klasik. Perbedaannya lo akan mendengar sentuhan neo-soul. Sentuhan inilah yang bakalan membuat lo bisa sedikit bergoyang saat mendengar suaranya yang lembut. Nah, itu dia, Urbaners, deretan musisi dan lagu jazz Indonesia yang bisa lo dengerin!

 

 

Source: Lifestyle SindoNews, MLD Spot

Melomaniac, Konser Virtual Garapan Java Festival Production

Wed, 08 July 2020
Artwork poster konser virtual Melomaniac dengan background abu-abu

Setiap scrolling media sosial, pasti akan melihat pengumuman pembatalan atau pengunduran jadwal konser musik yang sudah lo nantikan. Ini memang krisis buat lo para pencinta musik. Tetapi, nggak berarti lo akan kesepian #MumpungLagiDirumah. Apalagi dengan adanya inovasi konser drive-in dan konser virtual seperti Melomaniac yang baru saja digelar minggu lalu.

Melomaniac sendiri artinya orang yang menyukai lagu abnormal atau orang yang mencintai musik. Digelar oleh promotor papan atas, simak keseruan Melomaniac berikut ini.

 

Konser Virtual Gratis

Tangan membentuk hati di tengah keramaian konser musik

Peran Java Festival Production dalam aktivitas musik di Indonesia sudah nggak perlu dipertanyakan lagi. Sejak tahun 2006, promotor ini sudah sukses menggelar berbagai konser musisi lokal dan mancanegara, sekaligus festival musik yang keren banget. Sebut saja Jakarta International Java Jazz Festival, Hodgepodge Festival, dan Synchronize Fest dari sekian banyak proyek ternama promotor Java Festival Production.

Meski sekarang blantika musik tengah dilanda oleh pandemi, tetap saja Bro musik akan terus menghibur lo #MumpungLagiDirumah. Pada hari Sabtu kemarin (4/7), Java Festival Production menggelar konser virtual gratis bertajuk Melomaniac dengan tema Black American Music Edition.

Didukung oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat, konser edisi pertama ini bisa dikatakan sebagai bentuk perayaan untuk momen 4th of July atau hari kemerdekaan negara Amerika Serikat. Apalagi mengingat adanya isu rasisme yang sedang merebak di Amerika Serikat, nggak diragukan lagi kalau Melomaniac kali ini menjadi bentuk dukungan untuk gerakan #BlackLivesMatter.

 

Menyanyikan Lagu Populer dari Musisi Black Americans

Whitney Houston mengenakan atasan beige sedang bernyanyi di atas panggung

Daya tarik dari konser virtual yang satu ini adalah temanya, Bro. Nggak bisa dipungkiri kalau jejak musik para musisi Afrika Amerika sampai sekarang masih sangat lantang didengar. Bukan hanya dalam genre R&B atau hip-hop saja nih, tetapi juga mencakup lintas genre, contohnya pop, jazz, blues, dan rock.

Melomaniac dibuat oleh Java Festival Production sebagai jawab kepada para penggemar yang rindu berada di konser musik secara langsung. Event ini juga jadi bentuk dukungan pada industri musik sendiri. Dalam konser virtual ini, para pemirsa atau concert goers akan menikmati lagu-lagu dari musisi Afrika Amerika ternama, mulai dari Aretha Franklin, Marvin Gaye, Stevie Wonder, hingga Whitney Houston.

 

Daftar Penyanyi yang Bergabung

Dira Sugandi memakai dress hitam sedang bernyanyi diiringi alunan piano

Walaupun merupakan konser virtual gratis via live streaming, tetapi daftar musisi lokal yang diundang oleh Java Festival Production ini nggak main-main, Bro. Ada suara emas dari Dira Sugandi, Elfa Zulham, Sri Hanuraga, Dhani Syah, Kevin Yosua, dan Ayoe. Kualitas suaranya juga setara dengan kualitas konser internasional, kok. Lengkap dengan alat musik profesional dan sound system yang berkualitas.

Jadi, nggak terlihat ada lagging atau kesalahan teknis selama konser berjalan. Buat lo yang ketinggalan ikut Melomaniac, tenang saja. Dikarenakan ini merupakan edisi pertama, besar kemungkinan Java Festival Production akan menggelar edisi kedua dari Melomaniac. Kita tunggu saja ya, Bro!

 

 

Sources: Kumparan, Gatra, VOI.