Kumpulan Lagu Jazz Terbaru yang Wajib Lo Dengerin - MLDSPOT
  • Music News
  • Kumpulan Lagu Jazz Terbaru yang Wajib Lo Dengerin

Kumpulan Lagu Jazz Terbaru yang Wajib Lo Dengerin

Mon, 29 October 2018
 Kumpulan Lagu Jazz Terbaru yang Wajib Lo Dengerin

Jika melihat sejarah panjang perkembangan musik jazz, lo pasti nggak mengira bahwa awalnya jazz merupakan representasi masyarakat kulit hitam di Amerika Serikat. Bahkan dalam beberapa kali, musik jazz dibuat sebagai simbol perlawanan masyarakat kulit hitam yang mengalami masalah rasisme yang cukup besar saat itu. Tetapi pada tahun 1900-an awal, jazz mendapatkan influence besar dari Eropa seperti saxophone dan piano. Bisa dibilang, dari situ jazz menjadi musik yang eksklusif.

Di awal tahun 2010-an kemarin, jazz seakan kembali ke titahnya, menjadi musik semua orang. Di Indonesia sudah banyak festival musik jazz bermunculan, bahkan nggak hanya di kota besar aja, musik jazz juga dilaksanakan di beberapa daerah. Jadi wajar, Urbaners, banyak sekali masyarakat Indonesia yang mulai penasaran dengan musik dan juga lagu jazz. Buat lo yang sampai sekarang penasaran apa sih lagu jazz terbaru dan terbaik yang sekarang sedang naik daun, ada daftarnya nih.

Nggak hanya lagu jazz terbaru dari luar negeri yang akan dibahas, tetapi juga lagu jazz dari dalam negeri. Apa saja kumpulan lagu jazz terbaru di tahun 2018 ini?

Jazz dari luar negeri

Dominasi penyanyi tunggal di dunia jazz masih bertahan sampai sekarang. Walaupun ada beberapa penyanyi duo atau grup, tetapi mereka masih kalah dibandingkan dengan penyanyi tunggal. Selain itu, banyak juga lagu swing jazz dan remake lagu-lagu lama yang ternyata dapat mendongkrak performa sang penyanyi jazz. Sebut saja di tangga lagu Billboard, di posisi nomor satu ada lagu Love Is Here to Stay yang merupakan remake lagu tahun 1950 dari Louis Daniel Armstrong.

Love Is Here to Stay – Tony Bennett & Diana Krall

Jazz

Seperti disebutkan di awal, Tony Bennett & Diana Krall berhasil menyanyikan lagu jazz remake tahun 1950 berjudul Love Is Here To Stay dengan sangat bagus. Walaupun Diana Krall dan Tony Bennett ini adalah penyanyi jazz yang kawakan, mereka berdua berhasil membuat lagu lawas tersebut menjadi lebih modern dengan iringan piano yang sangat syahdu.

Bagi lo yang merupakan pendengar jazz pemula, mungkin lo bakal sedikit bosan karena instrumen yang digunakan cukup terbatas. Walaupun begitu, lo bisa mendengar bagaimana kedigdayaan lagu Love Is Here to Stay dari Louis Daniel Armstrong ini di tahun 1950-an.

Saint James Infirmary Blues – Jon Batiste

Jazz

Berawal dari bermain musik klasik dengan piano, Jon Batiste langsung menggebrak tangga lagu musik jazz pada tahun 2005. Puncaknya pada tahun 2013, album Social Music yang digarap dengan big band Stay Human berada 1 bulan di puncak tangga lagu Billboard dan iTunes. Di tahun 2018 ini, Batiste mengeluarkan album berjudul Hollywood Africans dengan single andalan Saint James Infirmary Blues.

Pada album terbaru dari Jon Batiste ini, dirinya lebih memilih untuk mengombinasikan musik klasik di setiap lagunya. Nggak terkecuali Saint James Infirmary Blues ini, lo akan mendengar bagaimana jenis musik yang agak gelap tetapi sangat asyik untuk dinikmati sambil  bersantai.

Honestly – Boney James

Jazz

Siapa pemain saxophone terbaik menurut lo? Mungkin banyak yang bilang Kenny G, tetapi apakah lo tahu bahwa Kenny G ini sangat terkenal di tahun 1980-an? Jika bicara pemain saxophone terbaik di era modern, jawaban akan mengerucut ke Boney James. Sejak tahun 2000-an, Boney James sudah mendapatkan 4 nominasi Grammy Awards dan masuk ke Top 3 Billboard Contemporary Jazz Artist of Decade. Lagunya yang berjudul Honestly di album terbarunya dinyanyikan bersama Avery Sunshine dan mendapatkan sambutan yang luar biasa.

“Lagu Honestly adalah hasil dari bagaimana saya melihat musik secara umum,” ujar Boney James kepada stltoday.com.

Ranky Tanky – Ranky Tanky

Jika lo bertanya siapa sih penyanyi atau grup jazz yang sedang naik daun di luar negeri, jawabannya adalah Ranky Tanky. Baru saja mengeluarkan album pada tahun 2017 kemarin, Ranky Tanky langsung melesat jauh di tangga nomor satu Billboard pada bulan Februari kemarin. Lagunya yang berjudul Ranky Tanky ini membuat warna musik funky jazz sangat enak didengar. Nggak hanya itu, lagu dari Ranky Tanky ini juga terkenal menggunakan rhymes seperti lagu anak-anak dan dance music.

Jazz dalam negeri

Setelah membahas lagu jazz dari luar negeri, sekarang saatnya membahas musik jazz dalam negeri. Indonesia mempunyai banyak potensi untuk musik jazz, apalagi sekarang sangat mudah menemukan festival atau konser musik jazz di beberapa daerah. Selain itu, dengan adanya platform musik digital, lo juga bisa mencari apa saja lagu jazz terbaru yang sekarang sedang naik daun.

Light My Light – Kiara Riz

Jazz

Pada tahun 2016 kemarin, Kiara Riz menjadi salah satu pemenang kompetisi MLDARE2PERFORM dan langsung mengantarkan Kiara ke panggung Java Jazz Festival 2016. Nah, di tahun 2018 ini Kiara mengeluarkan single kedua dalam karirnya berjudul Light My Light. Lagu dari Kiara Riz ini bisa jadi pilihan pertama lo untuk mendengar lagu jazz terbaru di tahun 2018 ini.

Nggak seperti musik jazz dari luar negeri yang lebih mengandalkan sentuhan musik klasik, di lagu Light My Light ini lo akan mendengar lebih banyak musik neo-soul yang bisa membuat lo sedikit bergoyang mendengar suara Kiara yang sangat lembut.

Give It a Try – Sister Duke

Setelah sempat meninggalkan nama panggungnya, Nengah Krisnarini akhirnya kembali lagi dengan nama Sister Duke di tahun 2018 ini. Sempat tampil di acara Java Jazz, Sister Duke resmi mengeluarkan single berjudul Give It a Try yang ada di semua platform digital. Lagu Give it a Try ini sebenarnya nggak lepas dari pakem Sister Duke yang bergaya soul. Buat lo yang ingin mendengar musik bergaya jazz yang agak sedikit dance, Give It a Try dari Siter Duke ini bisa jadi solusi.

Fake Optics – Ardhito Pramono

Ardhito Pramono seakan mendobrak pakem bahwa penyanyi muda di Indonesia ini kebanyakan akan bermain pada aliran musik pop, folk, atau bahkan EDM. Ardhito ini malah memilih jalur musik jazz dan ternyata it works. Karya musik dari Ardhito banyak digemari oleh penikmat musik dan juga anak muda di Indonesia. Lagu dari Ardhito yang sedang naik daun adalah Fake Optics yang ditulisnya hanya dalam waktu 1 hari.

“Lagu ini bercerita soal teman yang kita baru tahu saja kalau ternyata, 'Oh, orangnya gini toh'. Jadi kayak enggak disangka-sangka, ternyata ada orang yang kayak gini. Kayak teman pengkhianat gitu, kita enggak tahu aslinya gimana,” ujar Ardhito ketika diwawacari oleh Kumparan.com.

Topik Semalam – Kunto Aji

Jazz

Banyak sekali penggemar dari Kunto Aji menyukai album Generasi Y yang keluar pada tahun 2015 kemarin. Belum lagi lagu andalan Kunto Aji yaitu Terlalu Lama Sendiri yang sampai sekarang masih menjadi andalannya ketika menyanyi di konser atau festival. Nah, bagi lo yang ingin mendengar lagu terbaru dari Kunto Aji, lo bisa memilih lagu Topik Semalam yang merupakan rangkaian dari album barunya berjudul Mantra Mantra.

Lagu Topik Semalam ini bercerita tentang seorang pria yang over thinker kepada pasangannya karena selalu didesak mau dibawa ke mana hubungan mereka. Kunto Aji mengatakan bahwa situasi ini sebenarnya sering dialami oleh banyak orang, tetapi banyak yang nggak sadar mengenai hal tersebut.

Itulah 4 kumpulan lagu jazz terbaru dari dalam dan luar negeri. Semua lagu di atas bisa lo dengarkan di platform musik digital ya Urbaners.

Cerita Seru dibalik Album '2020' White Shoes & The Couples Company

Wed, 14 April 2021
WSATCC

Di pembahasan Swing Jazz beberapa waktu lalu, MLDSPOT sempat membahas salah satu grup di Indonesia yang menganut genre jazz yang satu ini – yaitu White Shoes and The Couples Company. Grup yang sudah berdiri sejak 2002 hingga sekarang ini. Band yang berada dibawah naungan Indonesian Label Aksara Records dan American Label Minty Fresh di Chicago ini emang udah nggak diragukan lagu eksistensinya.

Udah hampir 20 tahun berkarir di industri musik Indonesia, White Shoes and The Couples Company udah total ngerilis 3 full album. Band yang dikenal dengan singkatan WSATCC ini nggak di tahun 2020 lalu udah ngerilis album baru berjudul ‘2020’.

Dengan konsep yang unik, album ‘2020’ ini berhasil membuat WSATCC dikenal dengan warna yang baru. Bahkan, baru-baru ini mereka rilis albumnya versi CD!

Meskipun nggak jauh berbeda, banyak hal unik dibalik album ini yang perlu lo ketahui. Biar nggak penasaran, langsung aja simak artikel ini sampai habis!

Udah Direncanain 10 Tahun Kebelakang!

WSATCC

Credit image – Whiteboard Journal

Di balik peluncuran album baru ini, sebenarnya selama 10 tahun ke belakang WSATCC udah punya ide proyek baru dan ada rencana rekaman di 2016. Hal ini juga diungkapkan langsung oleh Ricky Virgana selaku basssist dan juga cellist.Tapi ide ini baru bisa terealisasikan di September 2019.

Rencana awalnya, album ini bakal dirilis pada Juni 2020. Tapi harus tertunda lagi karena era new normal. Selanjutnya, sang drummer – John, tiba-tiba punya ide yang pengen bikin karya tapi instrumennya dimainkan dari bass betot. Setelah disampaikan ke produser – Indra Ameng, ia menyetujui dan akhirnya jadilah album keren dari WSATCC ini!

Kenapa Harus 2020 Sih?

Dengan angka yang diberikan berkaitan dengan tahun yang membuat kita semua terpuruk, sang vokalis – Aprilia Apsari mengungkapkan, judul dari konsep yang diusung ini terinspirasi dari Wong Kar Wai yang berjudul 2046.

Menurut Aprilia, panduan angka untuk dijadikan sebuah judul jadi sesuatu yang nggak bisa dijelasin. Dengan judul angka tersebut orang bakal punya persepsi masing-masing – maknanya akan beda dengan judul yang menggunakan kalimat.

Selain itu, Aprilia menjelaskan kembali – alasan lain untuk menggunakan nama ‘2020’ ini karena sebenarnya 2020 jadi tahun yang berharga buat banyak orang – disamping era new normal yang melanda.

Album yang Mendewasakan Konsep

WSATCC

Credit image – The Jakarta Post

Seperti yang udah disebutkan di atas, album yang satu ini punya keunikan tersendiri dibanding album-album terdahulu yang udah dibuat oleh WSATCC. Sang gitaris – Yusmario Farabi mengaku, kalo konsep awal album ini adalah bikin buku, film, dan soundtrack.

Proses pendewasaan konsep yang dilakukan oleh WSATCC ini dianggap menjadi hal yang fundamental. Karena akan dari awal – WSATCC emang udah erat banget dengan sebuah konsep film, tapi di album ‘2020’ ini semua dibuat secara lebih mendalam.

Eksplorasi Musik yang Bikin Asik!

Dari awal perilisannya, WSATCC punya musik yang cukup identik dan melekat. Di album ‘2020’ ini, WSATCC seakan menunjukkan keberaniannya untuk menyajikan hal yang berbeda.

Seperti yang dikatakan di atas – proses pendewasaan konsep yang dilakukan oleh WSATCC ini udah melalui proses yang cukup panjang. Sebelum dibuat juga pastinya WSATCC udah mencoba eksploras musik terlebih dahulu hingga akhirnya setelah 10 tahun ide proyek ini terealisasikan. Nggak heran kalo konsep yang tercipta bisa epik kayak gini ya, bro!

Itu dia hal menarik dari album ‘2020’ milik WSATCC. Untuk albumnya, lo juga udah bisa nikmatin di platform musik digital kesayangan lo. Tapi seluruh kisah seru dari album ‘2020’ ini Inspiratif banget kan, bro? Jadi, kapan nih giliran lo akan mulai jadi orang yang menginspirasi?

 

Feature image – JPNN