• Music News
  • Kumpulan Lagu Jazz Terbaru yang Wajib Lo Dengerin

Kumpulan Lagu Jazz Terbaru yang Wajib Lo Dengerin

Mon, 29 October 2018
 Kumpulan Lagu Jazz Terbaru yang Wajib Lo Dengerin

Jika melihat sejarah panjang perkembangan musik jazz, lo pasti nggak mengira bahwa awalnya jazz merupakan representasi masyarakat kulit hitam di Amerika Serikat. Bahkan dalam beberapa kali, musik jazz dibuat sebagai simbol perlawanan masyarakat kulit hitam yang mengalami masalah rasisme yang cukup besar saat itu. Tetapi pada tahun 1900-an awal, jazz mendapatkan influence besar dari Eropa seperti saxophone dan piano. Bisa dibilang, dari situ jazz menjadi musik yang eksklusif.

Di awal tahun 2010-an kemarin, jazz seakan kembali ke titahnya, menjadi musik semua orang. Di Indonesia sudah banyak festival musik jazz bermunculan, bahkan nggak hanya di kota besar aja, musik jazz juga dilaksanakan di beberapa daerah. Jadi wajar, Urbaners, banyak sekali masyarakat Indonesia yang mulai penasaran dengan musik dan juga lagu jazz. Buat lo yang sampai sekarang penasaran apa sih lagu jazz terbaru dan terbaik yang sekarang sedang naik daun, ada daftarnya nih.

Nggak hanya lagu jazz terbaru dari luar negeri yang akan dibahas, tetapi juga lagu jazz dari dalam negeri. Apa saja kumpulan lagu jazz terbaru di tahun 2018 ini?

Jazz dari luar negeri

Dominasi penyanyi tunggal di dunia jazz masih bertahan sampai sekarang. Walaupun ada beberapa penyanyi duo atau grup, tetapi mereka masih kalah dibandingkan dengan penyanyi tunggal. Selain itu, banyak juga lagu swing jazz dan remake lagu-lagu lama yang ternyata dapat mendongkrak performa sang penyanyi jazz. Sebut saja di tangga lagu Billboard, di posisi nomor satu ada lagu Love Is Here to Stay yang merupakan remake lagu tahun 1950 dari Louis Daniel Armstrong.

Love Is Here to Stay – Tony Bennett & Diana Krall

Jazz

Seperti disebutkan di awal, Tony Bennett & Diana Krall berhasil menyanyikan lagu jazz remake tahun 1950 berjudul Love Is Here To Stay dengan sangat bagus. Walaupun Diana Krall dan Tony Bennett ini adalah penyanyi jazz yang kawakan, mereka berdua berhasil membuat lagu lawas tersebut menjadi lebih modern dengan iringan piano yang sangat syahdu.

Bagi lo yang merupakan pendengar jazz pemula, mungkin lo bakal sedikit bosan karena instrumen yang digunakan cukup terbatas. Walaupun begitu, lo bisa mendengar bagaimana kedigdayaan lagu Love Is Here to Stay dari Louis Daniel Armstrong ini di tahun 1950-an.

Saint James Infirmary Blues – Jon Batiste

Jazz

Berawal dari bermain musik klasik dengan piano, Jon Batiste langsung menggebrak tangga lagu musik jazz pada tahun 2005. Puncaknya pada tahun 2013, album Social Music yang digarap dengan big band Stay Human berada 1 bulan di puncak tangga lagu Billboard dan iTunes. Di tahun 2018 ini, Batiste mengeluarkan album berjudul Hollywood Africans dengan single andalan Saint James Infirmary Blues.

Pada album terbaru dari Jon Batiste ini, dirinya lebih memilih untuk mengombinasikan musik klasik di setiap lagunya. Nggak terkecuali Saint James Infirmary Blues ini, lo akan mendengar bagaimana jenis musik yang agak gelap tetapi sangat asyik untuk dinikmati sambil  bersantai.

Honestly – Boney James

Jazz

Siapa pemain saxophone terbaik menurut lo? Mungkin banyak yang bilang Kenny G, tetapi apakah lo tahu bahwa Kenny G ini sangat terkenal di tahun 1980-an? Jika bicara pemain saxophone terbaik di era modern, jawaban akan mengerucut ke Boney James. Sejak tahun 2000-an, Boney James sudah mendapatkan 4 nominasi Grammy Awards dan masuk ke Top 3 Billboard Contemporary Jazz Artist of Decade. Lagunya yang berjudul Honestly di album terbarunya dinyanyikan bersama Avery Sunshine dan mendapatkan sambutan yang luar biasa.

“Lagu Honestly adalah hasil dari bagaimana saya melihat musik secara umum,” ujar Boney James kepada stltoday.com.

Ranky Tanky – Ranky Tanky

Jika lo bertanya siapa sih penyanyi atau grup jazz yang sedang naik daun di luar negeri, jawabannya adalah Ranky Tanky. Baru saja mengeluarkan album pada tahun 2017 kemarin, Ranky Tanky langsung melesat jauh di tangga nomor satu Billboard pada bulan Februari kemarin. Lagunya yang berjudul Ranky Tanky ini membuat warna musik funky jazz sangat enak didengar. Nggak hanya itu, lagu dari Ranky Tanky ini juga terkenal menggunakan rhymes seperti lagu anak-anak dan dance music.

Jazz dalam negeri

Setelah membahas lagu jazz dari luar negeri, sekarang saatnya membahas musik jazz dalam negeri. Indonesia mempunyai banyak potensi untuk musik jazz, apalagi sekarang sangat mudah menemukan festival atau konser musik jazz di beberapa daerah. Selain itu, dengan adanya platform musik digital, lo juga bisa mencari apa saja lagu jazz terbaru yang sekarang sedang naik daun.

Light My Light – Kiara Riz

Jazz

Pada tahun 2016 kemarin, Kiara Riz menjadi salah satu pemenang kompetisi MLDARE2PERFORM dan langsung mengantarkan Kiara ke panggung Java Jazz Festival 2016. Nah, di tahun 2018 ini Kiara mengeluarkan single kedua dalam karirnya berjudul Light My Light. Lagu dari Kiara Riz ini bisa jadi pilihan pertama lo untuk mendengar lagu jazz terbaru di tahun 2018 ini.

Nggak seperti musik jazz dari luar negeri yang lebih mengandalkan sentuhan musik klasik, di lagu Light My Light ini lo akan mendengar lebih banyak musik neo-soul yang bisa membuat lo sedikit bergoyang mendengar suara Kiara yang sangat lembut.

Give It a Try – Sister Duke

Setelah sempat meninggalkan nama panggungnya, Nengah Krisnarini akhirnya kembali lagi dengan nama Sister Duke di tahun 2018 ini. Sempat tampil di acara Java Jazz, Sister Duke resmi mengeluarkan single berjudul Give It a Try yang ada di semua platform digital. Lagu Give it a Try ini sebenarnya nggak lepas dari pakem Sister Duke yang bergaya soul. Buat lo yang ingin mendengar musik bergaya jazz yang agak sedikit dance, Give It a Try dari Siter Duke ini bisa jadi solusi.

Fake Optics – Ardhito Pramono

Ardhito Pramono seakan mendobrak pakem bahwa penyanyi muda di Indonesia ini kebanyakan akan bermain pada aliran musik pop, folk, atau bahkan EDM. Ardhito ini malah memilih jalur musik jazz dan ternyata it works. Karya musik dari Ardhito banyak digemari oleh penikmat musik dan juga anak muda di Indonesia. Lagu dari Ardhito yang sedang naik daun adalah Fake Optics yang ditulisnya hanya dalam waktu 1 hari.

“Lagu ini bercerita soal teman yang kita baru tahu saja kalau ternyata, 'Oh, orangnya gini toh'. Jadi kayak enggak disangka-sangka, ternyata ada orang yang kayak gini. Kayak teman pengkhianat gitu, kita enggak tahu aslinya gimana,” ujar Ardhito ketika diwawacari oleh Kumparan.com.

Topik Semalam – Kunto Aji

Jazz

Banyak sekali penggemar dari Kunto Aji menyukai album Generasi Y yang keluar pada tahun 2015 kemarin. Belum lagi lagu andalan Kunto Aji yaitu Terlalu Lama Sendiri yang sampai sekarang masih menjadi andalannya ketika menyanyi di konser atau festival. Nah, bagi lo yang ingin mendengar lagu terbaru dari Kunto Aji, lo bisa memilih lagu Topik Semalam yang merupakan rangkaian dari album barunya berjudul Mantra Mantra.

Lagu Topik Semalam ini bercerita tentang seorang pria yang over thinker kepada pasangannya karena selalu didesak mau dibawa ke mana hubungan mereka. Kunto Aji mengatakan bahwa situasi ini sebenarnya sering dialami oleh banyak orang, tetapi banyak yang nggak sadar mengenai hal tersebut.

Itulah 4 kumpulan lagu jazz terbaru dari dalam dan luar negeri. Semua lagu di atas bisa lo dengarkan di platform musik digital ya Urbaners.

Dave Grohl Melansir Akun IG Khusus Cerita Konyol Hingga Interupsi Hantu

Fri, 03 April 2020
Dave Grohl dalam salah satu penampilan panggungnya bersama The Foo Fighters

Nggak jauh berbeda dengan kebanyakan orang, Dave Grohl pentolan Foo Fighters ini tampaknya mulai merasa jenuh dan bosan dengan kewajiban tetap berada di dalam rumah selama wabah virus Corona. Beberapa dari lo yang membaca ini, mungkin merasakan hal yang sama dikarenakan nggak banyak hal yang dapat dilakukan saat harus berdiam di rumah sepanjang hari, apalagi selama berminggu-minggu. Namun, Grohl tahu cara mengatasi kebosanan ini.

 

Bikin Akun Instagram Baru

Tim Cook sedang memperkenalkan iPhone terbaru saat itu pada Dave Grohl

Untuk mengusir kebosanan di rumah selama masa isolasi, selain work from home, lo bisa saja menghabiskan sebagian besar waktu buat bermain game baru, mencoba resep dalgona coffee yang sedang viral, atau scrolling media sosial berjam-jam. Ide ini sepertinya yang membuat Grohl memutuskan membuat akun Instagram dengan nama @davestruestories dengan unggahan pertama tertanggal 25 Maret 2020 lalu.

Belum lama dibuat, akun milik Grohl ini sudah memiliki 277ribu pengikut. Ide Grohl nampak sangat sederhana. Ia hanya ingin membagikan cerita konyol yang dia alami sendiri di feed akun Instagram barunya ini, termasuk beberapa lawakan konyol. Tujuannya jelas untuk mengusir rasa jenuh dan bosan karena nggak bisa kemana-mana. Grohl juga berharap akun sampingannya ini dapat menghibur para pengikutnya dan bisa lebih betah di rumah.

 

Perkenalan Konyol Grohl

Dave Grohl sedang bermain drum

 “Hi. My Name is Dave. Sometimes I play drums. Sometimes I play guitar. Sometimes I tell stories. I’m currently looking for work, so I thought I’d pass the time by writing true short stories that will make people smile. (I’m also a total f****ng spaz who can’t sit around doing nothing).

My mother was a brilliant English teacher, my father a wicked speechwriter, so I decided to rebel by not paying attention to grammar and/or punctuation in school. (That, and cranking death metal 24/7 from my bedroom stereo). So… Have mercy. Not going for a Nobel Prize in literature here.

I Look forward to sharing some of the more ridiculous moments of my life with you. Stay tuned!

Wash your f****ng hands.

Dave”

Unggahan pertama yang dimuat Dave Grohl di akun baru tersebut adalah sebuah perkenalan singkat dengan celetukan-celetukan konyol dan lucu. Kalau lo tertarik dengan cerita-cerita yang akan dibagikan sang musisi, bisa langsung follow akunnya di Instagram.

 

Interupsi Hantu saat Menggarap Album

Dave Grohl tampak santai di dalam sebuah studio rekaman

Selain perkenalannya yang konyol, dan ide briliannya yang disambut hangat para fans untuk mengusir jenuh selama masa isolasi. Grohl juga sempat membagikan cerita yang dia alami saat masih bersama Nirvana, bermain drum bersama band populer tersebut.

Kisah terjadi saat mereka sedang merekam album mereka di sebuah rumah tua di Encino, California. Grohl dan personil lain yang berada di sana bisa merasakan situasi yang aneh. Alat-alat musik yang mereka pakai juga menghasilkan suara yang fals serta hasil rekaman yang sudah dilakukan terhapus begitu saja.

“We would open up a Pro Tools session and tracks would be missing. There were some tracks that were put on there that we didn’t put on there. But just like weird open mic noises. Nobody playing an instrument or anything like that, just an open mic recording a room.” Begitu tulis Grohl dalam unggahannya di Instagram yang sejauh ini masih berisi tiga unggahan.

 

 

 

Sources: Music-News, Radiox, WTFM