Musik Jazz Di Indonesia

Thu, 20 December 2018
Musik Jazz Di Indonesia

Sejarah musik jazz Indonesia mungkin nggak terlalu banyak yang tahu. Alasannya, genre musik yang satu ini masih dianggap sebagai sebuah musik kelas atas di Indonesia. Nggak seperti dangdut yang lebih “merakyat”, penikmat musik jazz tersegmentasi hanya untuk kalangan menengah ke atas tanah air. Nah, biar lo lebih kenal sama musik jazz, yuk cari tahu soal sejarahnya di artikel ini!

 

Datang dari Filipina

Siapa sangka, awal mula lahirnya musik jazz Indonesia justru dipengaruhi oleh pendatang dari Filipina. Imigran ini datang ke Indonesia sekitar tahun 1930-an untuk mencari pekerjaan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Musik jazz yang dibawa pendatang ini punya unsur latin yang kental. Alasannya nggak lain adalah karena jazz dari Filipina dipengaruhi bangsa Spanyol. Ritme seperti samba, rumba, dan juga boleros selalu mengisi irama jazz Filipina ini,

 

Berkembang Pesat karena Belanda

Musik jazz di Indonesia semakin berkembang di akhir masa pendudukan Belanda. Tepatnya pada tahun 1948. Di tahun ini, sekitar 60 musisi jazz asal Belanda datang ke Indonesia dan memperkenalkan jazz dari Eropa. Nggak cuma memperkenalkan musik jazz, para musisi Belanda ini juga membentuk sebuah grup simfoni.

Anggota grup simfoni tersebut bukan cuma orang-orang Belanda, tapi juga musisi lokal Indonesia. Dengan arahan dari Jose Cleber, musisi jazz Belanda, grup simfoni ini mulai dikenal dan jazz jadi makin dikenal di tanah air. Musisi seperti The Progressive Trio dan Iskandar’s Octet lahir pada masa ini.

 

Nggak Cuma di Jakarta

Nggak Cuma di Jakarta

Tahun 1955 jazz makin berkembang di Indonesia. Nama-nama besar jazz Indonesia muncul di tahun ini. Musisi yang dikenal sebagai “Bapak Jazz Indonesia”, Bill Saragih mulai meniti karir di tahun ini. Dengan Jazz Riders, Bill berhasil membuat jazz dilirik masyarakat Indonesia.

Perkembangan jazz ini ternyata nggak cuma ada di Jakarta. Di Surabaya, Jack Lesmana juga membentuk band jazz sendiri, Jack Lesmana Quartet. Ada juga nama-nama besar yang lahir dari Bandung, seperti Eddy Karamoy, Joop Talahahu, dan Benny Pablo. Dari nama-nama ini, Indonesia pun mulai masuk dalam peta jazz dunia.

 

Indonesia dalam Sejarah Musik Jazz Dunia

Indonesia dalam Sejarah Musik Jazz Dunia

Di tahun 1980-an, jumlah musisi jazz Indonesia terus bertambah. Ini karena anak-anak muda Indonesia mulai tertarik dengan genre ini. Beberapa nama yang muncul adalah Ireng Maulana, Elfa Secoria, Fariz RM, dan Luluk Purwanto.

Beranjak ke era 1990-an, jazz Indonesia mulai merambah ke kancah internasional. Musisi seperti Dewa Budjana dan Tohpati bahkan merilis album internasional lewat label Moonjune di New York. Nama Indonesia juga disorot kembali setelah Joey Alexander mendapat nominasi di ajang Grammy Awards.

Sejarah jazz di Indonesia emang nggak sekaya negara-negara barat, tapi lo masih bisa expect lebih ke musisi jazz tanah air. Jadi tetap support karya anak bangsa ya!

 

 

Source: indonesiaexpat, indojazzia

Grup Musik Populer yang Akan Comeback di Tahun 2020

Tuesday, December 31, 2019 - 14:47
Personil My Chemical Romance berdiri berdampingan, masing-masing mengenakan jaket warna berbeda

Banyak momen seru yang terjadi pada industri musik global selama tahun 2019, mulai dari TikTok yang viral sampai berbagai lagu yang sukses pecahkan rekor Billboard. Sebagai music lovers, tentunya lo berharap tahun 2020 nanti bakal memberikan berbagai kejutan musik yang nggak kalah seru. Sepertinya harapan lo bakal terkabul, Urbaners, karena ada sejumlah grup musik ternama yang dikabarkan bakal comeback pada tahun 2020 nanti!

 

Pussycat Dolls

Para anggota Pussycat Dolls dalam kostum bertema warna hitam, putih, dan merah, di salah satu event

Rumor bahwa Pussycat Dolls bakal comeback tentunya nggak muncul begitu saja. Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, girlband asal Amerika ini tampil bersama di panggung. Mereka menjadi bintang tamu di acara X Factor yang tayang pada 30 November 2019 kemarin. Nggak cuma membawakan medley lagu-lagu hits mereka terdahulu, Pussycat Dolls juga menampilkan cuplikan lagu terbaru mereka, React. Karena penampilan di X Factor ini, banyak fans menebak kalau Pussycat Dolls bakal comeback pada 2020.

 

Fifth Harmony

Keempat anggota Fifth Harmony berdiri berdampingan di salah satu event

Grup musik jebolan X Factor ini memang belum terlalu lama hiatus, tepatnya pada tahun 2018 lalu. Hebatnya, sebelum vakum mereka tetap memutuskan buat jalan berempat sebagai grup setelah ditinggal oleh salah satu personilnya, Camila Cabello. Setelah vakum, masing-masing personil Fifth Harmony cukup sibuk dengan karya masing-masing. Namun, banyak yang memperkirakan bahwa mereka bakal comeback pada tahun 2020.

 

Fun

Tiga personil Fun, dalam kostum kemeja warna-warni

Masih ingat dengan lagu Some Nights yang dibawakan oleh Fun? Walaupun mungkin terkesan sebagai lagu one hit wonder karena setelahnya Fun seolah menghilang, sebetulnya Fun nggak pernah break-up. Fun adalah grup musik asal Amerika yang terdiri dari 3 anggota, yaitu Jack, Nate, dan Andrew. Memutuskan vakum sejak Februari 2015, Fun tetap memberi update kepada fans melalui website, bahwa mereka sedang mencoba untuk membuat karya baru. Siapa tahu bakal rilis pada 2020, kan?

 

My Chemical Romance

My Chemical Romance saat reuni manggung di Los Angeles, terlihat sang vokalis mengenakan kemeja hijau

Setelah 7 tahun, akhirnya My Chemical Romance (MCR) kembali tampil di atas panggung membawakan lagu-lagu hits mereka seperti Welcome to The Black Parade dan I’m Not Okay (I Promise). Reuni MCR ini diadakan di Los Angeles, California, pada 20 Desember 2019. Tahun depan, mereka juga sudah mengantongi jadwal manggung di 3 negara, yaitu Jepang, Australia, dan New Zealand. Banyak orang berspekulasi bahwa MCR bakal membuat album baru setelahnya.

 

Kalau memang 4 grup musik tersebut benar-benar bakal comeback, bisa dipastikan skena musik global jadi lebih seru. Dari deretan grup musik di atas, mana yang paling lo tunggu comeback-nya, Urbaners?

 

 

Sources: nme.com, huffingtonpost.co.uk, idntimes.com, loudersound.com