Home Music Musik Jazz Di Indonesia
Musik Jazz Di Indonesia

Musik Jazz Di Indonesia

Thursday, December 20, 2018 - 17:44
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sejarah musik jazz Indonesia mungkin nggak terlalu banyak yang tahu. Alasannya, genre musik yang satu ini masih dianggap sebagai sebuah musik kelas atas di Indonesia. Nggak seperti dangdut yang lebih “merakyat”, penikmat musik jazz tersegmentasi hanya untuk kalangan menengah ke atas tanah air. Nah, biar lo lebih kenal sama musik jazz, yuk cari tahu soal sejarahnya di artikel ini!

 

Datang dari Filipina

Siapa sangka, awal mula lahirnya musik jazz Indonesia justru dipengaruhi oleh pendatang dari Filipina. Imigran ini datang ke Indonesia sekitar tahun 1930-an untuk mencari pekerjaan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Musik jazz yang dibawa pendatang ini punya unsur latin yang kental. Alasannya nggak lain adalah karena jazz dari Filipina dipengaruhi bangsa Spanyol. Ritme seperti samba, rumba, dan juga boleros selalu mengisi irama jazz Filipina ini,

 

Berkembang Pesat karena Belanda

Musik jazz di Indonesia semakin berkembang di akhir masa pendudukan Belanda. Tepatnya pada tahun 1948. Di tahun ini, sekitar 60 musisi jazz asal Belanda datang ke Indonesia dan memperkenalkan jazz dari Eropa. Nggak cuma memperkenalkan musik jazz, para musisi Belanda ini juga membentuk sebuah grup simfoni.

Anggota grup simfoni tersebut bukan cuma orang-orang Belanda, tapi juga musisi lokal Indonesia. Dengan arahan dari Jose Cleber, musisi jazz Belanda, grup simfoni ini mulai dikenal dan jazz jadi makin dikenal di tanah air. Musisi seperti The Progressive Trio dan Iskandar’s Octet lahir pada masa ini.

 

Nggak Cuma di Jakarta

Nggak Cuma di Jakarta

Tahun 1955 jazz makin berkembang di Indonesia. Nama-nama besar jazz Indonesia muncul di tahun ini. Musisi yang dikenal sebagai “Bapak Jazz Indonesia”, Bill Saragih mulai meniti karir di tahun ini. Dengan Jazz Riders, Bill berhasil membuat jazz dilirik masyarakat Indonesia.

Perkembangan jazz ini ternyata nggak cuma ada di Jakarta. Di Surabaya, Jack Lesmana juga membentuk band jazz sendiri, Jack Lesmana Quartet. Ada juga nama-nama besar yang lahir dari Bandung, seperti Eddy Karamoy, Joop Talahahu, dan Benny Pablo. Dari nama-nama ini, Indonesia pun mulai masuk dalam peta jazz dunia.

 

Indonesia dalam Sejarah Musik Jazz Dunia

Indonesia dalam Sejarah Musik Jazz Dunia

Di tahun 1980-an, jumlah musisi jazz Indonesia terus bertambah. Ini karena anak-anak muda Indonesia mulai tertarik dengan genre ini. Beberapa nama yang muncul adalah Ireng Maulana, Elfa Secoria, Fariz RM, dan Luluk Purwanto.

Beranjak ke era 1990-an, jazz Indonesia mulai merambah ke kancah internasional. Musisi seperti Dewa Budjana dan Tohpati bahkan merilis album internasional lewat label Moonjune di New York. Nama Indonesia juga disorot kembali setelah Joey Alexander mendapat nominasi di ajang Grammy Awards.

Sejarah jazz di Indonesia emang nggak sekaya negara-negara barat, tapi lo masih bisa expect lebih ke musisi jazz tanah air. Jadi tetap support karya anak bangsa ya!

 

 

Source: indonesiaexpat, indojazzia