• News
  • Karya Seni Pop Serba Mie Instan

Karya Seni Pop Serba Mie Instan

Sat, 26 October 2019
Salah satu karya seni Alam Taslim di Arkadia Communal Space

Di era yang semakin dinamis, makin banyak cara untuk mengekspresikan seni dan kreativitas. Salah satunya yang dilakukan oleh seniman Alam Taslim. Berawal dari hobi membuat sketsa di warung mie instan, ia akhirnya melahirkan karya seni yang diberi nama Monster Igor Telor Ceplok dan Mangkok Ayam Jago. Bagaimana perjalanannya menciptakan sketsa unik dan kreatif yang serba mie instan? Yuk, simak ulasannya di sini, Urbaners!

 

Berawal dari Kejenuhan Rutinitas Kerja

Alam Taslim Ketika Melakukan Workshop Monster Igor di Fb Space KL

Bagi sebagian orang, jenuh dan kelelahan saat kerja malah bikin pikiran stres dan ruwet. Rasanya ingin istirahat dan rebahan di rumah. Tapi, hal ini nggak berlaku buat Alam Taslim. Tiap kali merasa jenuh dari rutinitas pekerjaan, pria kelahiran Surabaya ini langsung asyik berkutat dengan sketsa dan menggambar. Menggambar adalah ‘pelarian’ sekaligus cara Alam untuk mengasah terus kreativitasnya.

Siapa sangka, pelarian dari kejenuhan bekerja ini justru mengantarkan Alam pada hobi baru yang saat ini membuatnya terkenal. Awalnya, Alam gemar menghabiskan banyak waktu luang untuk membuat sketsa gambar dan mural di warung mie instan. Ia kemudian menamai tokoh mie instan ini sebagai Monster Igor. Monster Igor berwujud mie instan dengan telor ceplok dan topi yang terbuat dari mangkok ayam jago.

Monster Igor yang selalu tampil dengan mie instan, telor ceplok, dan mangkuk ayam

Igor mengaku banyak orang yang menanyakan latar belakangnya memilih obyek mie instan, telor, dan mangkok ayam jago sebagai jagoan karyanya. Ternyata, ia memiliki alasan yang meaningful. Nggak bisa dipungkiri, sampai saat ini, kehadiran mie instan sangat dekat dengan perjalanan hidup seluruh rakyat Indonesia. Konsumen dari berbagai kalangan, usia, dan strata sosial, semuanya gemar atau setidaknya pernah menyantap mie instan dalam hidupnya.

“Kadang ketika sudah dekat dengan sesuatu, kita cenderung menganggapnya sebagai hal yang wajar. Padahal, kita sendiri tahu kalau makanan ini nggak bisa dikategorikan sebagai makanan sehat. Buat saya menariknya adalah bagaimana konsumen beradaptasi dengan mengurangi porsi, frekuensi konsumsi, porsi mie instan, atau porsi bumbunya, hanya untuk tetap bisa menikmati makanan ini," tutur Alam.

Love and hate relationship inilah yang menginspirasi Alam untuk menciptakan Monster Igor. Monster Igor menjadi sosok yang adorable; dangerous but also loveable. Alam memiliki tagline tersendiri untuk menggambarkan Monster Igor, yaitu Deadlicious Monster. "Bagi saya, Igor adalah karakter yang bisa berkembang menjadi banyak hal, sehingga bisa menantang sisi kreativitas saya. Rasanya semacam dapet partner in crime di dunia imajinasi," ungkap cowok berkacamata ini.

 

Viral di Kalangan Millennial

Monster Igor Berkunjung ke Museum Toys

Setelah menghasilkan banyak sketsa Monster Igor, Alam kemudian membagikannya lewat akun Instagram khusus, yaitu @igorsatumangkok. Dari situlah, desain Monster Igor dalam berbagai medium makin diminati, terutama di antara kaum millennial yang memang hobi mengoleksi produk-produk unik seperti Monster Igor.

Awalnya, Alam hanya mendesain Monster Igor pada media kaos. Seiring berjalannya waktu, pelan-pelan Alam melebarkan desainnya ke medium lain seperti tas, cover laptop, sepatu, perhiasan, mainan, dan bahkan masuk ke ranah pameran dalam bentuk karya seni. Untuk setiap sketsa, Alam nggak pernah mematok waktu atau target khusus. Ia mengandalkan insting dan urgensi proyek-proyek yang datang. “Salah satu kesulitan utama pembuatan karya Monster Igor memang adalah keterbatasan waktu. Saya seringkali punya banyak ide yang muncul, tapi waktunya nggak cukup untuk mengeksekusi,” ungkapnya.

 

Belajar Seni Dari Kehidupan

IGORWL, salah satu karya ikonik Alam Taslim

Dunia seni yang ditekuni Alam memang bukan dunia baru karena Alam sendiri lahir dari keluarga seniman. Selain darah yang mengalir di keluarga, pria yang bercita-cita mengadakan pameran tunggal Monster Igor di Eropa ini juga menempuh pendidikan di desain produk industri dan bekerja di bidang advertising sebagai Art Director. Latar belakang kehidupan Alam yang dikelilingi dengan atmosfer kreatif inilah yang kemudian membekalinya untuk membesarkan Monster Igor sampai sekarang.

Selama berkarya, Alam sudah mengikuti berbagai pameran kesenian, seperti Galeri Indonesia Kaya-Jakarta tahun 2016, pameran tunggal Paviliun 28-Jakarta pada tahun 2017, showcase di Little Talks, Ubud tahun 2017, Ruang Seduh Jogja tahun 2018, That's Life Cafe, Jakarta, tahun 2018 dan beberapa pameran kolektif lainnya.

Saat ini, produk-produk Monster Igor dapat dijumpai di berbagai berkonsep local art, desain brand seperti Pasar-Pasaran di Seminyak Bali, Lemari Lila di Yogya, Nasi Goreng Diplomacy di Yogya, dan Tobucil di Bandung. Alam juga sering mengikuti pop up market untuk memperkenalkan produknya. Yang terbaru, Monster Igor akan muncul dalam bentuk merchandise eksklusif untuk Festival Makanan di Jakarta, pada akhir bulan Oktober. Jangan sampai ketinggalan mendapatkannya, Urbaners!

#MauLagiDimanapun - Join Video Competition Cerita Momen Gowes Lo di #MLDSPOTNEWNORMALRIDE!

Tue, 01 September 2020
join video competition #MLDSPOTNEWNORMALRIDE dan menangkan hadiah puluhan juta rupiah

 

Fase new normal tidak berarti membuat lo berhenti berinovasi dengan segala keterbatasan dan kebiasaan baru yang mesti lo terapkan. Justru fase new normal adalah sebuah tantangan baru buat lo untuk terus melahirkan karya yang menginspirasi banyak orang.

Bicara soal tantangan dan karya yang menginspirasi, sejauh ini sudah berapa banyak tantangan yang lo hadapi terkait fase new normal ini? Sudah ada karya apa saja yang lo hasilkan dari berbagai keterbatasan dan kebiasaan baru sekarang ini?

Eits, tidak perlu lo jawab sekarang karena sebenarnya, masih ada tantangan yang perlu lo hadapi dari MLDSPOT nih. Seperti yang sudah diberitahu beberapa waktu lalu, adanya peralihan fase dari #MumpungLagiDirumah ke #MauLagiDimanapun, tentu membawa semangat baru buat lo!

 

Fase Baru Dari MLDSPOT: #MauLagiDimanapun

Segala keterbatasan atau kebiasaan baru yang memang mau tidak mau mesti lo hadapi dan lo terapkan, ini tentu tidak jadi halangan buat lo untuk terus produktif, aktif dan tentu terus menginspirasi banyak orang. Oleh karena itu, #MauLagiDimanapun adalah waktunya lo bergerak maju!

Terkait dengan semangat dan tantangan baru dari #MauLagiDimanapun – MLDSPOT menggelar video competition yang akan diadakan di Instagram MLDSPOT. Seperti yang sudah pernah disebutkan sebelumnya, kompetisi video ini akan mengangkat tiga tema yaitu ride, homecooking dan entrepreneur.

Untuk tema pertama yang akan digelar, ride atau sepeda – jadi tantangan pertama yang bisa lo hadapi dalam waktu-waktu ini. Biar lo semakin semangat, lo bisa mendapatkan berbagai hadiah menarik dan total uang jutaan rupiah! Sudah semakin nggak sabar, kan?

 

#MauLagiDimanapun – #MLDSPOTNEWNORMALRIDE

 

Tren gowes sepeda kembali muncul ke permukaan lagi terkait fase new normal ini. Hal ini berkemungkinan dikarenakan oleh sepedaan adalah salah satu jenis olahraga yang ber-social distancing. Tidak mungkin juga kalau lo gowes sepeda berdempetan dengan yang lainnya, kan?

Tren gowes ini juga diwarnai oleh banyak hal nih, salah satunya adalah sepeda fenomenal yang sempat membuat geger banyak kalangan karena harganya sempat dinilai overprice untuk sebuah sepeda. Apalagi kalau bukan Brompton.

Tapi tren gowes ini bukan hanya untuk mereka yang pakai Brompton saja, lho. Banyak sepeda-sepeda dengan merk lokal yang digunakan banyak orang. Bahkan, banyak merk lokal yang dinilai kualitasnya juga mumpuni dan tidak kalah dengan merk lainnya.

 

By the way, buat lo yang sudah lama menekuni dunia sepeda, pasti lo punya banyak cerita menarik dari hobi seru yang lo jalani ini. Misalnya, transformasi dari apa jenis sepeda lo punya di awal mulai hobi ini, sampai sepeda apa yang sekarang lo punya. Pasti di setiap perubahan itu, ada cerita menarik buat lo ceritain ke banyak orang!

Atau jangan-jangan lo pernah dapat gebetan karena sama-sama berada di toko aksesoris sepeda, nih? Atau bisa jadi lo punya cerita menarik setiap sepedaan jarak jauh, misalnya seperti menemukan hidden gem, atau apapun. Kita percaya lo punya banyak banget cerita menarik soal lo dan sepeda lo ini.

Nah, terkait dengan tren gowes sepeda, MLDSPOT dari #MulaiLagiDimanapun bisa membuat lo semakin produktif, nih. Caranya adalah dengan join video kompetisi dengan tema sepeda! Gampang banget, lho cara buat ikutannya.

Di video yang akan lo buat ini, lo tinggal rekam dan ceritakan hal-hal menarik selama lo sepedaan. Jangan lupa di dalam video tersebut, pastiin visualnya kece ya! Kita percaya sama taste visual video lo, kok! Pasti keren!

Biar makin jelas bagaimana cara buat ikutannya, lo perlu ketahui dulu terms and condition yang ada:

 

1. Peserta wajib follow IG @MLDSPOT untuk mengikuti #MLDSPOTNEWNORMALRIDE.

2. Instagram dalam keadaan tidak diprivate (lock).

3. Peserta hanya boleh submit 1 video.

4. Video submission harus menggunakan hashtag #MauLagiDimanapun dan #MLDSPOTNEWNORMALRIDE pada caption.

5. Video yang diupload wajib mention @MLDSPOT dan 3 orang teman.

6. Video berdurasi maksimal 1 menit.

7. Video submission boleh disertai narasi berupa suara ataupun hanya dengan teks tulisan.

8. Video dapat direkam menggunakan device apapun (kamera handphone ataupun kamera digital).

9. Peserta dibebaskan menggunakan software apapun dalam mengedit video.

10. Penilaian video berdasarkan kreativitas dalam bercerita yang didukung dengan pemilihan visual yang menarik.

11. Periode submission dari tanggal 1 – 15 September 2020. Peserta yang men-submit video lebih awal memiliki kesempatan menang lebih besar.

12. Video submission harus sepenuhnya footage asli milik peserta. Jika tidak dapat membuktikan keaslian footage tersebut, peserta akan didiskualifikasi.

13. Video yang mengandung unsur SARA akan didiskualifikasi secara langsung.

14. Pengumuman pemenang dapat dilihat pada IG @MLDSPOT pada tanggal 30 September 2020.

15. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Nah, dari terms and condition yang sudah ada, tentu lo sudah paham semuanya, ya. Pastikan cerita dan visual yang ada di dalam video lo itu menarik dan tentunya menggelitik para juri nih! Jadi kesempatan lo buat menang tentu semakin besar.

Bicara soal kemenangan, pasti ada hadiah yang sudah lo nanti. Di video kompetisi #MauLagiDimanapun - #MLDSPOTNEWNORMALRIDE – lo bisa memenangkan hadiah yang luar biasa menarik:

 

  • Juara 1 akan mendapatkan hadiah berupa voucher Blibli sebesar Rp 5.000.000
  • Juara 2 akan mendapatkan hadiah berupa voucher Blibli sebesar Rp 2.000.000
  • Juara 3 akan mendapatkan hadiah berupa voucher Blibli sebesar Rp 1.000.000

 

Wah bagaimana, benar-benar luar biasa kan hadiahnya? Kalau sudah begini, tidak ada alasan lagi untuk lo tidak ikutan video kompetisi #MauLagiDimanapun - #MLDSPOTNEWNORMALRIDE !

Langsung saja cek Instagram @MLDSPOT buat ikutan video kompetisi ini! Good luck, bro!