Home Scoop Mengobarkan Jiwa Nasionalisme Di SBJT 2019 - Bandung
Penampilan Fourtwnty dipadati pengunjung Stage Bus Jazz Tour 2019 – Bandung

Mengobarkan Jiwa Nasionalisme Di SBJT 2019 - Bandung

Wednesday, October 2, 2019 - 11:08
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sekitar 2000-an orang berada di lapangan parkir Paskal 23 pada 28 September 2019 kemarin. Anak muda Bandung malam itu sengaja datang hanya untuk menyaksikkan line up ciamik dari Stage Bus Jazz Tour (SBJT) 2019. Penampilan para musisi menciptakan berbagai suasana, mulai dari Mocca dengan lagu-lagu barunya, Jason Ranti dengan sorakan Wooyoo-nya dan jiwa nasionalis dari Fourtwnty! Mereka berhasil membuat lapangan parkir tersebut terasa sesak. Seperti apa sih keseruan malam itu, Urbaners? Check this out!

 

Dihadiri Musisi Lokal Berbakat

Gaby sedang beraksi di Stage Bus Jazz Tour 2019 - Bandung

Sebelum line up inti, seperti biasa Stage Bus Jazz Tour juga mendukung para musisi lokal untuk didengar. Kali ini ada Rayhadi & Proyeksantai, Mahawaditra dan Gaby. Meskipun bermain pada sore hari, tetapi pengunjung sudah berdatangan, bahkan area bean bag sudah dipenuhi para penonton. Selain cover lagu-lagu terkenal, pada kesempatan ini para musisi lokal juga memperkenalkan singel mereka. Seperti Mahaditra dengan lagu "Pacar Baru" atau lagu yang cukup menyayat hati berjudul "Pesona" dari Gaby. Lagu tersebut bercerita tentang kerinduannya akan mendiang ayahnya. Dengan gitar akustiknya, Runner Up Indonesian Idol Season 4 ini berhasil menghipnotis para penonton.

 

Mocca Memperkenalkan Singel Baru Mereka

Penampilan Mocca di Stage Bus Jazz Tour 2019 - Bandung

Suara manis dari Arina memberikan kesejukan tersendiri pada malam itu. Membawakan kurang lebih 11 lagu, Mocca tidak hanya membawakan signature songs-nya seperti "Secret Admirer", "My Only One", "Me And My Boyfriend", mereka juga membawakan beberapa lagu dari album terbarunya Lima, yang berjudul "Teman Sejati", dan "Ketika Semua Telah Berakhir". Dan yang lebih spesial lagi, Mocca juga membawakan singel terbarunya berjudul "Semoga". Lagu ini begitu spesial, terinspirasi dari salah satu sahabat mereka yang telah tiada karena penyakit kanker yang ia derita. Melalui lagu ini, Mocca ingin memberikan semangat untuk para pejuang kanker atau pun penyakit lainnya. Tidak hanya itu saja, Mocca juga sempat menginfokan bahwa seluruh hasil yang didapat dari lagu tersebut akan disumbangkan ke sebuah yayasan kanker.

 

Jason Ranti For President

Dengan nuansa merah, Jason Ranti sangat menghayati saat bernyanyi

Bukan Jason Ranti namanya jika tidak teriak bersaut-sautan dengan penonton. Dibalut dengan lampu yang berwarna merah, penampilan Jason Ranti begitu intim. Saat ia mulai membawakan lagu "Sudah Jangan Ke Jatinangor", para penonton langsung bersorak dan nyanyi bersama. Gerombolan Wooyoo--Panggilan untuk penggemar Jason Ranti-- ini tampak sangat ramai, bahkan tidak ada gap antara panggung dan penonton kala itu. Lucunya, salah satu penonton menulis di kertas dan menjadikan seolah spanduk yang bertuliskan "Jason Ranti For President" sambil meneriakkan kata-kata yang sama. Hal ini menimbulkan tawa pada penonton lainnya. Ia juga membawakan lagu yang tidak dibawakan saat penampilannya di Stage Bus Jazz Tour 2019 - Cibinong, yakni "Judul Tak Diperlukan", semua penonton tampak sangat hikmat mendengarnya.

 

Fourtwnty Membangkitkan Jiwa Nasionalisme Anak Muda Bandung

Semua penonton mengangkat tangan saat menyanyikan lagu “Indonesia Pusaka”

Semakin malam, suasana semakin seru. Penonton Stage Bus Jazz Tour 2019 - Bandung terus berdatangan. Mereka menunggu penampilan dari Fourtwnty. Sesaat sebelum mulai, penoton langsung lebih merapat lagi ke bagian depan. Kepadatan penonton kala itu, membuat suasana semakin seru. Dengan menggunakan baju pantai, Ari Lesmana sang vokalis dengan energik membawakan sekitar 7 lagu diantaranya "Realita", "Hitam Putih", "Diam-Diam Kubawa Satu", "Aku Tenang", "Fana Merah Jambu", dan tentu saja "Zona Nyaman". Saat melodi sudah memberikan tanda lagu “Zona Nyaman”akan dibawakan, seluruh penonton langsung bernyanyi tanpa aba-aba, padahal Ari Lesmana sempat pergi ke belakang panggung. Gimmick atau bukan, momen tersebut cukup seru, karena Fourtwnty seperti berubah jadi grup choir yang anggotanya adalah penonton sendiri.

Belum selesai sampai situ saja, moment penampilan Fourtwnty yang membuat merinding adalah saat Ari Lesmana menginstruksikan penonton untuk mengangkat tangannya, dan bernyanyi bersama lagu "Indonesia Pusaka", sambil mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Saat itu Ari Lesmana juga berjalan turun ke panggung dan membelah kerumunan penonton seakan mereka sedang orasi. Dan pada lagu terakhir yakni "Fana Merah Jambu", seluruh penonton semua berdiri dan bernyanyi bersama. Bahkan ada yang memanjat pundak temannya sambil berjoget mengikuti irama. Seru banget ya, Urbaners!