Home Scoop Seperti apa sih keseruan live audition kemarin, Urbaners?

Seperti apa sih keseruan live audition kemarin, Urbaners?

Friday, December 8, 2017 - 10:50
Bagikan
Facebook Twitter Email
Font Size

MLDARE2PERFORM Season 3 sudah melewati tahap akhir. Itu artinya, para finalis yang berjumlah 30 musisi muda dari berbagai daerah di Indonesia telah melewati penilaian para juri. Perjuangan para finalis kali ini patut mendapat apresiasi lebih, Urbaners. Pasalnya, sebelum unjuk gigi di depan para juri, mereka terlebih dulu harus melalui tahap one on one interview dengan para interviewer yang terdiri dari para praktisi musik berpengalaman. Menurut Lalu Guruh Megantara, Head of Organizer MLDARE2PERFORM Season 3, tahap interview ini penting untuk mengetahui 3 aspek berikut:

 

Kematangan Sikap

Di samping skill dan style, seorang musisi juga harus punya attitude yang matang. Seperti diketahui, MLDJAZZPROJECT yang berformat band terdiri atas musisi muda yang awalnya tidak saling kenal. Dan kematangan attitude dari setiap anggota akan menjadi salah satu kunci band  yang baru terbentuk ini tetap utuh. Berkarya secara team work, bukan hanya individu semata.

 

 

Kemantapan Komitmen

Tidak ada yang meragukan musikalitas para finalis yang lolos 30 besar MLDARE2PERFORM Season 3. Bisa dibilang mereka adalah musisi muda terbaik yang mewakili daerahnya masing-masing. Tapi terkait komitmen dalam bermusik dan kesediaan mengikuti program dari MLDSPOT selanjutnya perlu digali lebih dalam. Ngga heran, untuk aspek ini, pertanyaan yang sering diajukan kepada para finalis dalam sesi ini adalah “Lo bersedia manggung kapan saja dalam semua kondisi apa pun?” dan “Apa yang memotivasi lo ikut MLDARE2PERFORM Season 3 dan apa yang ingin lo dapatkan di sini?”

 

Visi dan Misi Bermusik

Setiap musisi pasti punya idola yang mempengaruhi permainannya. Influence dalam bermusik istilahnya, Urbaners. Nah, di dalam one on one interview, visi dan misi bermusik setiap finalis digali dengan pertanyaan: “Siapa influence terbesar lo dalam bermusik?”, “Seberapa penting mereka buat karier musik lo”, “Apa yang visi lo dalam bermusik?”, dan “Kenapa lo memilih jadi musisi dan alat musik ini?”

Menurut Lalu Guruh Megantara, visi dan misi bermusik para finalis bisa menjadi bahan pertimbangan penting untuk para juri di final audition. “Agar para juri mempunyai gambaran tentang seberapa jauh pengetahuan finalis terhadap jazz, instrumen pilihannya, dan keinginan terbesar mereka terjun di dunia musik”

 

Itu dia 3 poin penting kenapa dalam MLDARE2PERFORM Season 3 ini ada tahap one on one interview, Urbaners. Lo juga pasti setuju dong, kalau seorang musisi itu tidak melulu bermodal skill dan musikalitas. Lebih dari itu, mereka juga harus punya attitude yang matang, komitmen kuat, dan tentu saja kemampuan untuk terus berkarya.