Home Scoop Ubud Village Jazz 2019 yang Jadi Ajang Pertukaran Kebudayaan
Ubud Village Jazz 2019 yang Jadi Ajang Pertukaran Kebudayaan

Ubud Village Jazz 2019 yang Jadi Ajang Pertukaran Kebudayaan

Tuesday, August 27, 2019 - 15:07
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sebagai sebuah festival internasional yang mengundang banyak sekali musisi dari luar negeri, Ubud Village Jazz Festival 2019 bisa dibilang punya relasi yang baik dengan sejumlah perwakilan negara asing yang ada di Indonesia. Relasi itu kemudian mempermudah proses kurasi yang membentuk program selama dua hari penuh.

Salah satu keunikannya adalah keterbukaan yang dimiliki oleh festival terhadap berbagai macam jenis musik yang ada. Tahun ini, kerjasama khusus dilakukan oleh Ubud Village Jazz Festival dengan beberapa kedutaan besar negara asing. Future Leaders Program dari Australia menghadirkan Caleb Fortuin and Bali Friends, Kedutaan Besar Austria mendatangkan Michaela Rabitsch & Robert Pawlik Quartet, Goethe Institut dari Jerman menyumbang Reza Askari Trio, Erik Verwey dari Belanda didukung oleh Kedutaan Besar Negeri Belanda dan IFI dari Prancis membuat Voyager 4, yang sedang tur Indonesia mampir di festival ini.

Cara kuratorial yang seperti ini, merupakan sebuah pendekatan yang unik. Koloborasi kepentingan antara misi kebudayaan negara tertentu difasilitasi lewat sebuah festival yang unik yang bisa menemukan berbagai macam talenta tersebut dengan publik baru yang tepat.

Ubud Village Jazz Festival 2019

Selain nama-nama yang sudah ditulis di atas, festival tahun ini juga menghadirkan band-band lain yang datang dari berbagai penjuru dunia mulai dari Russia, Amerika Serikat hingga sejumlah nama lain dari Australia.

Di Indonesia, sekedar catatan, pertukaran kebudayaan merupakan hal yang lazim terjadi. Selain mengimpor banyak pengalaman lewat band-band asing yang tur ke Indonesia. Seringkali juga terjadi hal yang sebaliknya di mana band-band Indonesia melawat ke sejumlah negara atas nama kebudayaan.

Tidak melulu soal seni tradisi, tapi perkembangannya yang mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi adalah mereka-mereka yang berkarya di wilayah seni kontemporer seperti musik jazz ini.

Ubud Village Jazz Festival 2019

Jika kelewatan, tidak apa, Ubud Village Jazz Festival akan kembali tahun 2020 mendatang. Tanggalnya pun sudah diumumkan, akan diselenggarakan pada 14-15 Agustus 2020. Keinternasionalan festival ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Tinggal disaksikan dengan mata kepala sendiri saja.