Trending
Senin, 13 Maret 2017

Update Terbaru Asian Games Jakarta-Palembang 2018

  • Share
  • fb-share
Update Terbaru Asian Games Jakarta-Palembang 2018

Baru-baru ini dikabarkan bahwa Indonesia bakal jadi tuan rumah Asian Games ke 18 yang akan diadakan pada tahun 2018 mendatang. Rencananya, Asian Games 2018 akan diadakan di dua kota sekaligus, Jakarta dan Palembang. Dalam event 4 tahunan ini, banyak hal menarik yang wajib lo ketahui, mulai dari hal-hal kontroversial hingga venue untuk beberapa cabang olahraga yang belum ditentukan. Seperti apa persiapan Indonesia dalam menyiapkan pesta olahraga se-Asia ini?

 

Gantikan Hanoi

Mulanya, Asian Games 2018 direncanakan bakal diadakan di Hanoi, Vietnam. Karena pemerintah setempat ragu Hanoi mampu menjadi tuan rumah Asian Games, per tanggal 17 April 2017, Perdana Menteri Nguyen Tan Dung secara resmi mengumumkan bahwa Hanoi mundur sebagai tuan rumah. Alasannya karena Hanoi masih belum siap serta reses ekonomi yang melanda.

Setelah mundur, Olympic Council of Asia menunjuk Indonesia, Tiongkok dan United Arab Emirates sebagai kandidat utama penggantinya. Indonesia sempat menunjuk Surabaya sebagai tuan rumah karena jadi runner-up di lelang awal. Sayangnya, Surabaya mundur karena sudah siap-siap jadi tuan rumah Asian Youth Games 2021 mendatang. Akhirnya, OCA memutuskan untuk memilih Jakarta dan Palembang untuk jadi tuan rumah. Tahun event pun dimajukan dari 2019 menjadi 2018 karena ajang Pilpres.

 

Sudah ada maskot

Urusan maskot, Asian Games 2018 sudah siap. Awalnya, logo burung cendrawasih dipilih. Namun karena sempat diprotes kuno dan kurang menarik, logo tersebut ditarik. Di Juli 2016, logo serta maskot baru pun dirilis. Tiga hewan sekaligus dipilih jadi maskot: cendrawasih, rusa bawean dan badak jawa. Masing-masing, secara berurutan, diberi nama Bhin Bhin, Atung, dan Kaka yang menyerupai jargon nasional, Bhinneka Tunggal Ika.

 

Venue yang sedikit bermasalah

Sempat ada masalah mengenai venue yang ditunjuk untuk 9 cabang olahraga: sepeda BMX, kriket, baseball, jet ski, layar, rugby, kabaddi, basket dan surfing. Setelah diadakan rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, akhirnya masing-masing sudah ada tempatnya. Untuk surfing sudah diputuskan di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Kemudian BMX di Lubuk Linggau Sumatera Selatan, kemudian kriket di GOR Soemantri Kuningan.

Baseball rencananya digelar di Palembang, sama dengan yang basket digeser ke Palembang karena lebih berstandar internasional. Kabaddi juga sama, kecuali untuk kategori beregu yang akan dipertandingkan di Jakarta Expo. Sedangkan rugby, sedang dipertimbangkan di Kuningan.

 

Semakin nggak sabar nih buat melihat gimana ramainya Asian Games 2018 Jakarta-Palembang nanti. Lo tunggu aja deh tahun depan.

 

Source: bola.com

Comments
Aldi hidayat
Keren abis sih
Mursidin
Keren banget