Trending
Jumat, 02 Juni 2017

Timnas U20 Futsal Indonesia Harus Takluk di 8 Besar Piala AFC

  • Share
  • fb-share
Timnas U20 Futsal Indonesia Harus Takluk di 8 Besar Piala AFC

Tim Nasional (timnas) futsal U20 Indonesia baru saja menyelesaikan turnamen Piala Asia Futsal U20. Berada di grup B dan berada satu grup dengan raksasa Jepang serta musuh bebuyutan Vietnam, Indonesia tampil sangat apik. Dari 4 pertandingan, Indonesia menang 2 kali dan 2 kali seri, nggak pernah sekali pun kalah. Melawan Jepang dan Vietnam, Indonesia berhasil menahan imbang 1-1 dan 3-3.

Lolos ke babak 8 besar sebagai juara grup, Indonesia menantang tuan rumah Thailand. Sayangnya, penampilan konsisten Indonesia harus kandas di tangan Thailand. Indonesia kalah 2-4 setelah sempat menyamakan kedudukan 2-2 di sisa pertandingan 5 menit.

 

Masa Depan Futsal Indonesia

Jika berbicara futsal, Indonesia cukup mumpuni jika dibandingkan dengan timnas sepak bolanya. Pada tahun 2010, Indonesia menjadi juara Piala AFF Futsal. Sedangkan di Piala AFC, Indonesia selalu konsisten masuk ke babak utama. Walaupun selalu menghadapi lawan berat seperti Thailand dan Vietnam, setidaknya Indonesia bisa berbuat banyak. Masuknya Indonesia di 8 besar Piala AFF ini juga menjaga konsistensi timnas futsal Indonesia.

Jepang yang secara pengalaman dan postur lebih unggul daripada Indonesia berhasil ditahan imbang. Lalu, melawan tuan rumah Thailand juga menjadi laga yang sangat sengit karena sempat tertinggal 0-2. Secara heroic, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan 2-2, sebelum kalah 2-4.

 

Futsal Menjadi Olahraga Masyarakat

Jika dulu hampir semua orang bermain sepak bola, tetapi sekarang hampir kebalikannya. Hampir semua orang memilih bermain futsal daripada bermain sepak bola. Alasan utamanya adalah fisik ketika bermain futsal tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan sepak bola, lalu alasan kedua jumlah lapangan futsal sangat banyak jika dibandingkan dengan lapangan sepak bola.

Oleh karena itu, wajar jika menyebut futsal menjadi olahraga masyarakat. Mempunyai basis sama seperti sepak bola, banyak anak muda serta orang tua yang ikut bermain futsal. Semoga bibit-bibit muda Indonesia bisa terus mengharumkan nama Indonesia di ranah futsal dunia.

 

Source: bolalob.com

Comments
Ardi Widisetiawan
Setidaknya sudah berjuang untuk Negara
Epul Saepuloh
Thanks artikelnya