• Sport
  • Ada Corona, Olimpiade 2020 Dipastikan Sesuai Jadwal

Ada Corona, Olimpiade 2020 Dipastikan Sesuai Jadwal

Tue, 24 March 2020
Para atlet berjalan dengan membawa bendera di Closing Ceremony Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil

Dengan resminya COVID-19 atau virus Corona ditetapkan sebagai sebuah pandemi oleh World Health Organization (WHO), termasuk angka pasien yang teruji positif terdampak COVID-19, langkah-langkah preventif pun dilakukan. Ini pasti sudah lo baca atau lihat di berbagai headline berita. Hampir seluruh event, festival dan pagelaran tahunan yang berskala internasional pun akhirnya ditunda bahkan ada yang dibatalkan sama sekali. Namun nggak begitu dengan penyelenggaraan Olimpiade 2020 ini.

 

Optimisme IOC dan Presiden Jepang

Presiden IOC, Thomas Bach dalam pertemuan terkait pelaksanaan Olimpiade 2020

Thomas Bach, Presiden International Olympics Committee (IOC) terus menekankan hal yang sama sebagaimana juga disampaikan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bahwa Olimpiade 2020 di Jepang akan tetap dilaksanakan. Pagelaran olahraga internasional ini dipastikan akan tetap berlangsung sesuai jadwal pada 24 Juli – 9 Agustus 2020. Keputusan ini disampaikan oleh Bach dalam sebuah teleconference dengan media-media di Jepang.

Namun pada sama Bach juga menekankan pihak IOC juga nggak akan abaikan dengan himbauan dari WHO. Itu sebabnya akan ada pembicaraan lebih lanjut terkait usaha-usaha preventif yang dapat dilakukan. Sementara itu IOC ingin para atlit terus melakukan persiapan, karena peluang Olimpiade tetap dilangsungkan masih jadi upaya utama IOC.

 

Minim dukungan dari warga Jepang

Seorang wanita Jepang dalam aksi protes atas Olimpiade yang tidak ditunda

Keputusan untuk tetap menggelar Olimpiade ini membuat resah warga negara Jepang sendiri. Pasalnya sejauh ini sudah ada 814 pasien yang positif terdampak COVID-19, dan 24 pasien yang meninggal akibat wabah yang sama. Aksi nggak setuju ini bahkan ditunjukkan oleh warga Jepang dengan turun ke jalan untuk melakukan demonstrasi.

Mengutip dari The Jakarta Post, seorang pegawai perusahaan internet yang juga ikut memprotes keputusan ini, Koki Miura (27) menyampaikan bahwa sekali pun negaranya pada akhirnya dapat mengatasi permasalahan ini. Entah dengan penemuan vaksin, atau menekan angka kematian pada kasus-kasus positif, ada baiknya negara Jepang nggak membuka akses bagi para pengunjung dari seluruh dunia. Itu sebabnya ia merasa sebaiknya Olimpiade 2020 di Jepang ditunda.

Diakhir pernyataannya juga Miura menegaskan bahwa sebaiknya di saat-saat seperti ini, kita lebih mengutamakan kepentingan bersama. Ini berarti nggak meningkatkan risiko yang dapat membahayakan orang banyak. Protes ini juga dilansir oleh media Jepang, NHK dengan polling yang menunjukkan bahwa 45% warga Jepang menolak pelaksanaan Olimpiade.

 

Permintaan jaminan keamanan

Jose Antonio, salah satu atlet paralympic dari Spanyol berlari dengan bendera negaranya

Nggak cuma warga negara Jepang tampaknya yang was-was dengan keputusan ini. Beberapa negara peserta Olimpiade juga ikut menekan IOC agar sebaiknya menunda Olimpiade 2020. Salah satunya adalah Spanyol. Selain segi keamanan, Spanyol juga mempertimbangkan pagelaran yang jauh lebih kompetitif. Karena nggak menutup kemungkinan, jika Olimpiade tetap diselenggarakan, akan ada beberapa negara yang memutuskan untuk tidak ikut bertanding.

Pernyataan ini sendiri disampaikan oleh Alejandro Blanco selaku Presiden Comite Olimpico Espanol (COE), yang menyaksikan bagaimana wabah Corona membuat persiapan atlet-atletnya jadi menurun. Blanco ingin memastikan bahwa Olimpiade dapat berlangsung dengan atlet-atlet dari berbagai negara tetap bertanding dalam kondisi prima.

Bagaimana menurut lo sendiri? Apakah sebaiknya pagelaran Olimpiade ini tetap diselenggarakan, atau IOC dan pemerintah Jepang mengambil langkah preventif dengan menundanya?

 

 

 

Sources: Bola Sport, Sport Tempo, The Jakarta Post

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com