• Techno
  • Pepper, Robot Pertama yang Dapat Merasakan Emosi

Pepper, Robot Pertama yang Dapat Merasakan Emosi

Fri, 19 August 2016

Pada akhir 2014 lalu, investor besar asal Amerika Serikat yaitu SoftBank menginvestasikan berjuta-juta dolar untuk membuat sebuah robot yang dinamakan Pepper. Pepper ini dikenalkan oleh SoftBank pada tahun awal 2015 sebagai robot masa depan. Dan tepatnya pada bulan Juli 2016 ini, SoftBank memperkenalkan Pepper sebagai salah satu robot pertama di dunia yang dapat merasakan emosi orang sekitar.

 

Di pamerkan di Apple Store Jepang

Di Jepang, Pepper ini dipamerkan di Apple Store di daerah Ometesando, Jepang. Di dalam sana terdapat 1 robot Pepper yang bewarna putih dengan wajah yang sangat imut. Di dada robot berbahan plastik ringan ini terdapat iPad yang mengeluarkan bubble-bubble lucu yang bisa berubah tergantung emosi yang dialami oleh Pepper.

Uniknya Urbaners, ketika ada orang yang datang dan mencoba mengajak bicara Pepper. Dengan otomatis, Pepper ini akan menengadahkan kepalanya ke arah orang yang mengajak berbicara. Tidak seperti robot biasanya yang kaku, Pepper ini mempunyai gaya bicara tergantung dengan emosi sang pembicara. Misalnya lo sedang sedih, maka gaya bicara Pepper akan berbicara lebih pelan, begitu seterusnya.

 

Dijual seharga 16 ribu dolar untuk 3 tahun

Di Jepang sendiri Pepper sudah mulai dijual di Apple Store dan pada bulan Juli ini SoftBank akhirnya memutuskan untuk menjual Pepper di luar Jepang. Bekerja sama dengan Apple Store, SoftBank membandrol Pepper seharga 16 ribu dolar atau setara 160 juta rupiah untuk 3 tahun. Anehnya Urbaners, ternyata Pepper ini robot yang hampir bisa dikatakan nggak bisa apa-apa. Karena Pepper hanya bisa diajak berbicara, belum bisa melakukan hal-hal canggih seperti alarm, menyetel lagu dan sebagainya.

SoftBank tentu nggak sembarangan menginvestasikan uangnya ke dalam robot Pepper ini. Prediksinya, pada 5 sampai 10 tahun mendatang, Pepper akan menggantikan para pembantu di rumah-rumah. Bagaimana Urbaners, penasaran dengan Pepper ini?

 

Source: engadget.com

4 Trik untuk Fitur di Instagram yang Lo Harus Tahu

Thu, 28 May 2020
Seseorang terlihat sedang akan login menggunakan aplikasi Instagram

Suka bikin konten-konten menarik dan seru di akun lo sendiri #MumpungLagiDirumah saja? Jangan sampai lo nggak tahu beberapa hidden tricks di Instagram. Sama halnya dengan sosial media lain, seperti Twitter atau Facebook, Instagram juga hadir dengan fitur-fitur yang lo butuhkan untuk preferensi akun lo sendiri. Berikut ini ada beberapa trik yang bisa lo coba untuk akun Instagram lo.

 

Filter Comment di Instagram

Tampilan kolom komentar di aplikasi Instagram

Faktanya, kolom komentar lo di Instagram selain bisa dinonaktifkan, tetapi juga bisa lo filter. Sistem filter yang diterapkan oleh Instagram ini memungkinkan lo untuk menyaring komentar berdasarkan kata kunci atau keyword tertentu. Ini bisa jadi fitur bermanfaat untuk menghindari komentar jahat, serta hal lain yang nggak lo inginkan ada di kolom komentar lo.

Lo bisa atur ini di aplikasi Instagram di smartphone lo dengan masuk ke pilihan Settings, lalu masuk menu Privacy. Di bagian Interactions, lo pilih menu Comments. Di menu ini, lo akan temukan Manual Filter. Jika diaktifkan, bisa lo isi dengan keyword tertentu yang lo nggak inginkan ada di kolom komentar lo sendiri.

 

Edit Foto Tanpa Mengunggah

Seseorang membuka laman profil @instagram

Nggak sedikit pengguna Instagram yang menyukai kualitas foto yang dihasilkan oleh fitur editing yang dimiliki aplikasi ini. Ditambah lagi beberapa fitur filter yang menghasilkan foto dengan sentuhan estetis. Kalau mengaplikasikan filter di story Instagram, memang mudah karena ada tombol save untuk menyimpan gambar yang sudah lo ambil dengan filter tertentu. Beda ceritanya dengan fitur editing pada unggahan feed.

Ada cara yang bisa lo lakukan untuk mengedit foto tanpa harus mengunggah foto tersebut ke laman Instagram. Pastikan saja akun Instagram lo sudah aktif untuk aturan Save Original Post. Berikutnya, lo tinggal mengedit foto tertentu yang lo inginkan. Sebelum diunggah, lo ganti mode ponsel lo ke mode pesawat. Saat foto akan diunggah, akan ada notifikasi bahwa proses mengunggah gagal. Namun, foto yang sudah lo edit kini tersimpan di galeri ponsel.

 

Spasi Antar Paragraf di Caption

Tampilan laman feed dari aplikasi Instagram

Barangkali lo juga sadar saat membuat caption di Instagram, lo nggak bisa membuat jarak antar paragraf. Nggak heran beberapa pengguna menggunakan titik sebagai jarak antar paragraf. Beberapa dari lo mungkin masih melakukan hal ini saat menggunggah di laman Instagram lo sendiri, tetapi ada yang sudah berubah.

Sekarang, lo sudah bisa membuat caption dengan paragraf berjarak di Instagram. Pastikan saja aplikasi Instagram yang terinstal di smartphone lo adalah aplikasi dengan versi terbaru. Di versi terbarunya, semua pengguna Instagram bisa membuat paragraf berjarak di caption mereka. Kalau lo masih nggak bisa, berarti aplikasi lo perlu di-upgrade.

 

Menyembunyikan Tagged Photos

Tampilan laman profil akun di Instagram yang diakses dari ponsel

Beberapa dari lo barangkali nggak begitu suka tagged photos dari teman lo, bahkan beberapa pengguna Instagram yang nggak lo kenal. Tetapi, tagged photos ini bakal masuk di section tagged di profil lo dan bisa dilihat siapa saja yang masuk ke laman profil lo. Tenang, Bro. Ini bisa lo sembunyikan dan lo hapus sama sekali dari profil lo.

Caranya, lo buka laman profil lo dan masuk section tagged photos. Lalu, klik tiga titik di kanan atas postingan. Di sana akan ada pilihan Hide Options. Lo bisa pilih untuk Remove me from post, alias hapus tag sama sekali atau sekadar menyembunyikan foto tersebut dari laman profil lo dengan memilih Hide from profile.

 

 

Sources: Hubspot, OwlMetrics, Popsci