Home Techno The International, Turnamen Dunia Dota 2 yang Berhadiah Total 20 Juta Dolar

The International, Turnamen Dunia Dota 2 yang Berhadiah Total 20 Juta Dolar

Tuesday, August 23, 2016 - 10:49
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada zaman dahulu, orang tua mungkin akan mengatakan bermain game sampai larut malam adalah hal yang sangat membuang waktu. Mungkin lo sendiri yang ngalamin kan, kalau bermain game sampai larut malam pasti dimarahin orang tua. Nah sekarang mungkin kebalikannya Urbaners. Di Amerika Serikat, ada beberapa komunitas game yang mempunyai waktu “kerja” dari pagi hingga malam. Apakah mereka membuang-buang waktu? Pada tahun 2015 lalu, komunitas yang bernama Evil Geniuses ini memenangkan turnamen The International dengan hadiah 6 juta dolar. Sekarang, turnamen The International 2016 mempunyai total hadiah 20 juta dolar, dengan juara satu mendapatkan hadiah 9 juta dolar.

 

Turnamen game terbesar di dunia

The International pertama diadakan pada tahun 2011. Ketika itu pengembang Dota 2 yaitu Valve mengatakan ingin membuat turnamen untuk membuktikan siapa pemain atau tim Dota 2 terbaik di dunia. Nggak tanggung-tanggung, Valve langsung membuat terobosan baru yaitu hadiah turnamen setiap tahunnya ini diambil dari fans yang menyumbang. Puncaknya di tahun 2014, total hadiah dari The International mencapai 10,9 juta dolar. Dengan total hadiah sebesar itu, The International menjadi salah satu turnamen game terbesar di dunia.

 

Tahun ini total hadiah 20 juta dolar

Dota 2 sebenarnya bukan game dengan pemain terbanyak. Pada tahun 2015 kemarin, ada statistik yang menyajikan bahwa Dota 2 ini dimainkan 800 ribu pemain setiap harinya. Kalah jauh dengan League of Legends yang dimainkan 1,4 juta orang setiap harinya. Hampir dua kali lipat dari jumlah pemain Dota 2, tetapi bagaimana bisa para fans ini mengumpuikan donasi sampai segitu banyaknya.

Pada tahun 2016 ini, The International mendapatkan total hadiah mencapai 20 juta dolar. Mengalahkan jumlah turnamen sebelumnya yang “hanya” 18 juta dolar. Sekarang, turnamen masih berlangsung di Key Arena Seattle Amerika Serikat.

 

Source: dota2.com