Trending
Selasa, 03 Oktober 2017

Tweet Length Bakal Diperpanjang dari 140 Menjadi 280 Karakter

  • Share
  • fb-share
Tweet Length Bakal Diperpanjang dari 140 Menjadi 280 Karakter

Media sosial semakin banyak saja penggunanya dari waktu ke waktu. Apa lagi didukung dengan akses internet yang semakin mudah didapat serta kepemilikan gadget yang merajalela. Media sosial dijadikan sebagai tempat untuk berbagi dengan semua orang tentang berita yang sedang trending atau aktivitas sehari-hari. Salah satu media sosial yang juga cukup banyak penggunanya adalah Twitter.

 

Penggunaan Jumlah Karakter Berbeda Seiring Penggunaan Bahasa

Setiap media sosial memiliki keunikan tersendiri begitu juga Twitter. Pengguna hanya bisa men-tweet dengan jumlah karakter yang nggak lebih dari 140. Dengan adanya tweet yang singkat akan memudahkan pengguna dalam men-scroll beranda mereka.

Namun, penggunaan jumlah karakter ini bisa berbeda karena bahasa yang digunakan. Jepang dan Inggris misalkan. Berbeda dengan karakter pada bahasa Jepang yang memungkinkan orang untuk menyampaikan maksudnya lewat beberapa karakter saja, untuk bahasa Inggris sepertinya orang butuh lebih banyak karakter. Bahkan, untuk tweet dalam bahasa Jepang hanya ada 0.4 persen saja yang menggunakan hingga full 140 karakter. Sedangkan bahasa Inggris mencapai 9 persen. Perbedaan yang jauh banget kan, Urbaners?

 

Panjang Karakter dari 140 menjadi 280 Karakter

Namun sejalan dengan itu, bagi beberapa orang hal ini cukup membuat mereka frustrasi karena harus merangkum apa yang ingin mereka ungkapkan menjadi nggak lebih dari 140 karakter. Twitter sendiri melihat, ketika orang nggak dibatasi pada jumlah karakter yang cukup sedikit, mereka cenderung mencuit lebih banyak. Inilah yang melatarbelakangi Twitter kenapa mereka ingin memberikan terobosan baru berupa penambahan batas karakter dari 140 menjadi 280.

Penambahan jumlah batas karakter maksimal ini adalah yang pertama kali dilakukan oleh Twitter. Sebelumnya, Twitter sudah pernah berencana untuk menambah jumlah batas karakternya menjadi 10.000 pada awal 2016 lalu tetapi sang CEO, Jack Dorsey kurang setuju akan hal ini sehingga update ini pun dibatalkan.

Uji coba fitur baru Twitter yang memungkinkan pengguna untuk mencuit hingga 280 karakter saat ini hanya berlaku untuk pengguna dan region tertentu. Bagaimana menurut lo, Urbaners? Apakah lo senang atau justru malah bersedih dengan rencana penambahan tweet length Twitter ini?

 

Source: hypebeast.com

Comments
SAWI TRI
Penggunaan Jumlah Karakter Berbeda Seiring Penggunaan Bahasa
DEVI TRI HANDOKO
Penggunaan Jumlah Karakter Berbeda Seiring Penggunaan Bahasa