Home Techno 3 Jurusan Kuliah untuk Kerja di Bidang e-Commerce
3 Jurusan Kuliah untuk Kerja di Bidang e-Commerce

3 Jurusan Kuliah untuk Kerja di Bidang e-Commerce

Monday, April 15, 2019 - 15:03
Bagikan
Facebook Twitter Email

Belakangan ini bidang digital berkembang dengan pesat. Salah satu bidang industri digital  yang populer adalah e-Commerce. Semakin pesatnya perkembangan industri ini juga kemudian membuat  peluang kerjanya semakin besar. Tertarik menekuni profesi di bidang e-Commerce? Beberapa jurusan kuliah ini bisa memberi lo bekal yang berguna.

 

Jurusan ilmu komputer

Jurusan ilmu komputer

Seperti yang sudah lo tahu, e-Commerce dan industri berbasis digital lainnya menggunakan sistem komputerisasi yang disusun dengan bahasa pemrograman. Nah, buat memahami semua hal tersebut, nggak ada jurusan kuliah lain yang paling pas selain jurusan ilmu komputer. Lewat jurusan ini, lo bakal lebih memahami soal bahasa pemrograman.

Saat ini sudah banyak lulusan ilmu komputer yang kemudian bekerja di industri e-Commerce. Kerja mereka bahkan nggak cuma memastikan sistem yang ada bisa tetap bekerja, tapi juga menciptakan inovasi-inovasi baru buat melancarkan laju usaha. Salah satu posisi yang bisa lo bidik jika menjadi sarjana komputer adalah web developer.

 

Jurusan bisnis

Jurusan bisnis

Meskipun merupakan bagian dari industri digital, e-Commerce tetaplah sebuah bisnis. Jadi, nggak ada salahnya sama sekali kalau lo memilih kuliah di jurusan bisnis sebelum terjun ke industri e-Commerce. Dengan belajar bisnis, lo bakal punya pemahaman yang lebih baik tentang seluk beluk bisnis digital.

Salah satu kemampuan yang bakal diterapkan waktu lo terjun di industri e-Commerce adalah kemampuan buat menganalisis pasar. Dengan ilmu-ilmu yang dipelajari di jurusan bisnis, lo bakal lebih cepat menentukan target market serta strategi yang harus diambil buat meraih target tersebut. Nggak cuma itu, lo juga bisa jadi konsultan bisnis buat startup e-Commerce.

 

Jurusan statistik

Dalam industri digital, termasuk e-Commerce, data sangat diperlukan. Dengan adanya data dan pengolahan data yang bagus, maka bisnis e-Commerce juga bisa berkembang karena memiliki prediksi yang presisi. Strategi bisnis beserta manajemen operasionalnya juga bakal lebih taktis kalau bisa memanfaatkan data dengan baik.

Ilmu tentang pengolahan data ini bisa lo dapatkan dengan kuliah di jurusan statistik. Di jurusan ini, lo bakal dibekali beberapa pengetahuan tentang bagaimana menganalisis dinamika pasar digital yang sangat dibutuhkan industri e-Commerce. Ilmu ini sangat dibutuhkan karena akan menentukan perkembangan bisnis e-Commerce.

Itu dia tiga jurusan kuliah yang cocok buat kerja di bidang e-Commerce, mana yang kira-kira cocok buat lo?

 

 

Source: Goodnewsfromindonesia.id