• Techno
  • Amazon Alexa Hadir di Jam Dinding, Microwave, Mobil dan Peralatan Lain

Amazon Alexa Hadir di Jam Dinding, Microwave, Mobil dan Peralatan Lain

Tue, 25 September 2018
Amazon Alexa Hadir di Jam Dinding, Microwave, Mobil dan Peralatan Lain

Saat pertama kali diluncurkan Amazon pada tahun 2016 lalu, Alexa ramai menjadi buah bibir. Pasalnya, peranti kecerdasan buatan manusia ini mampu mewujudkan asisten rumah tangga pintar yang mampu diajak berkomunikasi dengan manusia. Nggak cuma itu, robot ini juga bisa menerima perintah untuk melakukan.

Dengan munculnya perangkat ini, Amazon pun memasuki pasar Internet of Things yang mulai marak. Dan ditaksir industri ini bakalan menghasilkan US$ 14 triliun di tahun 2022 mendatang. Melihat potensi besar di pasar baru tersebut, Amazon Alexa akhirnya kembangkan produk lain termasuk perabotan rumah sampai peranti canggih untuk mobil.

 

Perabotan Rumah Berteknologi Canggih

Perabotan Rumah Berteknologi Canggih

Umunya perabotan rumah tangga terkesan monoton dan membosankan. Beda halnya dengan perabotan rumah yang diluncurkan Amazon Alexa. Contohnya adalah jam dinding Echo Wall Clock yang dilengkapi dengan peranti voice smart speaker. Harga jam dinding pintar ini dibanderol mulai US$ 29.99.

Perabotan lain yang coba dikembangkan oleh Amazon Alexa adalah microwave. Bukan sekadar microwave biasa, perabotan ini dilengkapi dengan fitur canggih yang bisa mengingatkan penggunanya untuk kapan mereka harus memanaskan makanan. Dengan cukup mengatakan satu kalimat saja misalnya cook a baked potato” (memanggang kentang!). Microwave canggih ini dibanderol dengan harga mulai US$ 60.

Menurut Jeff Bezos CEO dari Amazon seperti dilansir dari TIME, mengatakan jika peranti voice smart akan memudahkan manusia dengan mesin. Semudah ketika kita menggunakan mouse pada komputer atau fitur touchscreen pada smartphone.

 

Bikin Berkendara Jadi Lebih Nyaman

Bikin Berkendara Jadi Lebih Nyaman

Belum puas di perabotan rumah, Amazon Alexa semakin melebarkan sayapnya dengan membuat peranti canggih untuk mobil. Fitur tersebut diberi nama Echo Auto yang siap menyulap dashboard mobil lo menjadi lebih keren dan praktis. Namun, Echo Auto memerlukan peranti smartphone sebagai perantara dengan aplikasi Alexa.

Atau kasarannya, lo harus menghubungkannya via Bluetooth agar bisa berinteraksi dengan Alexa. Fitur ini dilengkapi dengan kabel jack 3.5 mm dan dilengkapi 8 buah mikrofon agar bisa menangkap perintah lebih cepat. Echo Auto sangat cocok untuk navigasi saat berkendara dan dipatok dengan harga US$ 50. Hingga saat ini Echo Auto masih dalam tahap pengembangan.

Gimana Urbaners, tertarik memiliki peranti canggih dari Alexa Amazon ini di rumah lo?

 

Source: The Verge, TIME

Tips Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

Fri, 07 August 2020
Tampilan belakang iPhone X yang memantulkan gambar dari layar monitor Macbook

Belakangan ini, banyak berita mengenai smartphone premium yang dijual dengan harga miring. Jangan termakan oleh harga murah, lo harus waspada supaya nggak tertipu dengan barang elektronik palsu. Nggak perlu khawatir, lo tetap bisa kok membeli smartphone atau laptop dengan harga yang lebih murah.

Walau dalam kondisi bekas, masih tetap layak dipakai untuk membantu aktivitas lo #MauLagiDimanapun. Ikuti dulu tips aman dalam membeli smartphone atau laptop bekas. Tips-tips membeli produk elektronik bekas berikut ini sudah sesuai dengan teknologi yang eksis di tahun 2020.

 

Bekas atau Refurbished?

Tampilan menu di iPhone X hitam yang digenggam oleh seorang pria

Sebelum lo memantapkan niat untuk membeli smartphone atau laptop bekas, perhatikan dulu perbedaan antara barang bekas dengan barang refurbished. Barang elektronik refurbished ini adalah barang yang gagal produksi atau nggak dijual secara bebas karena harus dimodifikasi ulang.

Kalau lo ingin memiliki smartphone atau laptop dengan kualitas original, sangat disarankan untuk membeli barang bekas. Bukan berarti barang refurbished bernilai rendah, tetapi lo perlu punya mata jeli dan waktu lebih banyak untuk bisa memastikan barang tersebut layak digunakan.

 

Cek Harga dan Spesifikasi

Seorang wanita menekan spacebar di laptop yang ada di atas meja

Harga dari barang elektronik bekas jelas lebih murah daripada harga produk baru di pasaran. Kalau lo beruntung, lo bisa saja membeli smartphone atau laptop bekas dalam kondisi 90% menyerupai produk baru. Satu hal yang pasti, lo harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli barang elektronik bekas.

Coba googling dulu spesifikasi dan harga dari produk original yang ingin lo beli. Dari sana, lo sudah bisa mengenal fitur unggulan dari produk tersebut. Ketika lo sedang mencari seller terpercaya, pengetahuan ini bisa jadi andalan lo untuk menilai worth dan menawar harga dari smartphone atau laptop bekas yang akan lo beli.

Nggak perlu takut untuk bertanya kepada seller, justru lo harus bisa cerewet ketika membeli barang elektronik bekas. Mulai dengan tanya-tanya kondisi, spesifikasi yang ada, serta harga yang ditawarkan. Jika lo menemukan kejanggalan mengenai spesifikasi dari seller, ini bisa jadi red flag buat lo.

 

Periksa Dulu, Lalu Bayar

Seorang wanita menyerahkan sejumlah uang kepada seseorang dalam sebuah transaksi

Supaya lebih aman, lakukan pembayaran cash on delivery (COD) saat akan membeli smartphone atau laptop bekas. Ini berguna banget buat lo bisa melihat kondisi sekaligus mencoba barang bekas tersebut. Pertama-tama, cek kondisi fisik dari barang tersebut, apakah ada goresan, retak, dan lain sebagainya.

Nyalakan dan lihat kekuatan baterai. Jangan lupa untuk memastikan segala aksesoris yang dibutuhkan seperti charger sudah lengkap dan original. Untuk smartphone, cek software yang digunakan sudah updated atau belum, kondisi kamera depan dan belakang, serta fungsionalitas tombol-tombol smartphone.

Untuk laptop, cek port, drive optik, trackpad, dan keyboard. Nyalakan laptop untuk melihat kondisi LCD, speaker, dan webcam. Pastikan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet dan memiliki storage (hardisk dan RAM) sesuai dengan spesifikasi. Setelah lo mengecek kualitas smartphone atau laptop bekas tersebut, barulah lo lanjutkan dengan proses pembayaran.

 

 

 

Sources: Tirto.id, SEA PC Mag, Android Guys