Home Techno Apple Akan Segera Hapus Layanan Musik iTunes
Apple Akan Segera Hapus Layanan Musik iTunes

Apple Akan Segera Hapus Layanan Musik iTunes

Thursday, June 13, 2019 - 13:53
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada awal Juni 2019 kemarin, Apple baru saja menyelenggarakan konferensi tahunan WWDC untuk mengumumkan berbagai produk dan fitur terbaru mereka. Salah satu info yang cukup membuat shocked adalah penghapusan layanan musik iTunes. Padahal, aplikasi yang sudah berusia 18 tahun ini bisa dibilang menjadi salah satu inovasi besar di dunia musik global.

 

Digantikan oleh 3 aplikasi yang lebih spesifik

Digantikan oleh 3 aplikasi yang lebih spesifik

Tujuan awal pembuatan iTunes adalah untuk membantu pengguna melakukan burning dan mixing lagu-lagu pada perangkat Mac. Namun, seiring berjalannya waktu, iTunes dirasa melenceng dari tujuan awal tersebut. Akhirnya, Tim Cook dan kawan-kawan pun memutuskan untuk menghapus iTunes.

Sebagai gantinya, Apple bakal “memecah” iTunes menjadi 3 aplikasi yang lebih spesifik, yaitu Apple Music, Apple TV, dan Apple Podcasts. Pengalihan iTunes menjadi 3 aplikasi tersebut bakal resmi diterapkan pada MacOS Catalina, OS Mac Apple terbaru yang rencananya dirilis pada musim gugur nanti.

 

Koleksi lagu dan playlist nggak bakal hilang

Koleksi lagu dan playlist nggak bakal hilang

Lalu, bagaimana dengan lagu-lagu dan playlist yang sudah tersimpan di iTunes lo? Tenang saja, Urbaners, seluruh koleksi lo bakal langsung dialihkan secara otomatis ke Apple Music begitu lo sudah install MacOS Catalina nanti. Namun, mengingat platform-nya yang berbeda, kemungkinan Apple bakal mengorganisir ulang letak dari file-file koleksi musik lo. Lo juga masih bisa melakukan burning CD selama lo punya external CD drive.

 

Perbedaan iTunes dan Apple Music

Perbedaan iTunes dan Apple Music

Beberapa dari lo mungkin masih merasa bingung terkait perbedaan antara iTunes dan Apple Music. Keduanya memang terkesan mirip mengingat fungsinya sebagai pemutar musik. Namun, iTunes adalah aplikasi gratis yang memungkinkan lo untuk mengelola koleksi musik, pembelian lagu, dan proses syncing perangkat Apple. Sedangkan, Apple Music adalah layanan streaming musik berbayar—mirip seperti Spotify. Bahkan lo juga bisa download lagu-lagu di Apple Music dan mendengarkannya secara offline.

 

Tenang saja, walaupun mungkin lo nggak langganan Apple Music, lo tetap bisa mengakses koleksi musik di platform tersebut, kok. Jadi, selagi iTunes belum dihapus, nikmati saja dulu pemakaiannya. So long, iTunes!

 

Source: cnet.com