Home Techno Instagram akan Buat Aplikasi Shopping Sendiri?
Instagram akan Buat Aplikasi Shopping Sendiri?

Instagram akan Buat Aplikasi Shopping Sendiri?

Friday, September 7, 2018 - 15:51
Bagikan
Facebook Twitter Email

Setelah membuat Instagram Stories di tahun 2016 yang sangat mirip dengan Snapchat, disusul IGTV di pertengahan tahun 2018 ini yang bisa dibilang sangat mirip dengan YouTube, sekarang Instagram sedang di atas angin untuk menambah fitur barunya. Kali ini Instagram sedang dirumorkan akan segera menggarap aplikasi e-commerce atau shopping-nya sendiri. Dilaporkan oleh The Verge, proyek aplikasi ini dinamakan IG Shopping dan bakal menjadi aplikasi jual beli.

 

Sudah tercium sejak lama

Sudah tercium sejak lama

Jika lo perhatikan, sejak akhir 2017 kemarin, beberapa akun Instagram bisa keluar tombol (TAP TO VIEW PRODUCTS). Nah, ketika lo melakukan tap di foto tersebut, akan keluar brand dari salah satu produk lengkap beserta harganya. Ketika lo klik pop up tersebut, lo akan dibawa ke halaman baru yang berisi deskripsi detailnya. Beberapa media teknologi di Amerika Serikat sudah mencium gelagat bahwa Instagram sedang mencoba membuat platform shopping sendiri.

Nah, IG Shopping bakal menjadi aplikasi sendiri dan lepas dari Instagram. Isinya hampir mirip dengan feed Instagram, tetapi bedanya adalah semua akun di sana adalah jual beli. Lo bisa menjual sekaligus membeli barang-barang yang ada di sana. Walaupun masih belum jelas bagaimana konsep detailnya, beberapa sangat antusias dengan ide ini.

 

Potensi dari media sosial besar Instagram

Potensi dari media sosial besar Instagram

Walaupun Facebook masih menjadi media sosial nomor satu di dunia, potensi besar Instagram ini tidak boleh diremehkan. Ketika Instagram Stories muncul di tahun 2016, pengguna Instagram langsung naik dua kali lipat menjadi 1 miliar pengguna aktif per bulannya. Nah, untuk menjual barang di IG Shopping ini, nantinya lo harus mengubah jenis akun lo ke Business Account. Total Business Account yang ada di Instagram sekarang adalah 25 juta pengguna aktif, dan angka tersebut selalu naik setiap bulan.

Apakah ada risiko yang diambil oleh Instagram? IG Shopping ini bisa menjadi terkenal seperti Instagram Stories atau “gagal” layaknya IGTV. Laporan dari techcrunch, IGTV ternyata nggak banyak dipakai oleh penggunanya. Apakah IG Shopping ini bakal bernasib seperti Instagram Stories atau IGTV?

 

Source: theverge.com