Home Techno JK3, Calon Pusat Data Terbesar di Indonesia
Gambaran server room sebagai salah satu ruangan penting di dalam gedung pusat data

JK3, Calon Pusat Data Terbesar di Indonesia

Tuesday, November 19, 2019 - 16:21
Bagikan
Facebook Twitter Email

Menyambut Revolusi Industri 4.0, diprediksi kebutuhan hyperscale data center di Indonesia akan terus mengalami lonjakan permintaan. Hal ini didukung dengan fakta pertumbuhan perusahaan rintisan (startup) di seluruh penjuru nusantara yang berkembang kian pesar. Bahkan lima perusahaan startup asal Indonesia tersebut sukses meraih predikat startup Unicorn di sepanjang tahun 2019, Urbaners. Nggak salah kalau PT. DCI, selaku perusahaan penyedia layanan pusat data, kabarnya berencana bakal membangun JK3 sebagai pusat data terbesar di Indonesia.

 

Lokasi Pembangunan Berada di Cibitung, Jawa Barat

Rancangan gedung JK3 sebagai calon pusat data terbesar di Indonesia

Urbaners, meski baru akan direalisasikan pada tahun 2020 mendatang, kabar gembira ini disambut dengan sangat positif oleh sejumlah pelaku industri digital di tanah air. Pasalnya, pusat data terbesar di Indonesia tersebut bakal didukung dengan Critical IT Load sebesar 12 MW. Rencananya, lokasi pembangunan Gedung JK3 ini berlokasi di Cibitung, Jawa Barat. Lokasi ini dipilih karena alasan keamanan dan berada di area strategis, sehingga mampu memberikan koneksi yang stabil.

 

Mendukung Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia

Pembangunan calon pusat data center terbesar kali ini tentu bukan tanpa alasan. Diakui bahwa kehadiran fasilitas Gedung JK3 nantinya diharapkan bisa mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Seperti yang lo ketahui transformasi teknologi digital, termasuk cloud computing hingga Internet of Things pastinya membutuhkan kemampuan pengolahan data dalam skala besar. Oleh karena itu, keberadaan pusat data yang scalable, stabil, dan memiliki tingkat keamanan tinggi sangat dibutuhkan.

 

Menjamin Keberlangsungan Bisnis Startup di Indonesia

Go-jek menjadi salah satu perusahaan startup asal Indonesia yang sukses meraih predikat Decacorn di tahun 2019.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat hingga di awal tahun 2019, terdapat 2,070 perusahaan startup lokal yang aktif menjalankan bisnisnya di Indonesia. Tiga sektor bisnis startup dengan pertumbuhan paling pesat adalah On-Demand Services, Financial Technology (Fintech), dan e-Commerce. Sebagian besar perusahaan startup tersebut bermarkas di Pulau jawa dengan aktivitas bisnis yang bergantung pada layanan cloud computing. Artinya, pusat data terbesar JK3 ini dapat menjamin keberlangsungan bisnis startup di Indonesia.

 

Lebih dari itu, Urbaners, pemerintah Indonesia menargetkan pertumbuhan ekonomi digital di tahun 2025 mendatang mencapat USD133 miliar. Tentu saja, ini sangat bisa diwujudkan dengan berdirinya JK3 sebagai pusat data terbesar di Indonesia.

 

 

Source: goodnewsfromindonesia.id