Home Techno Jomblo? Lo Patut Berterima Kasih Sama Robot Ini
Jomblo? Lo Patut Berterima Kasih Sama Robot Ini

Jomblo? Lo Patut Berterima Kasih Sama Robot Ini

Monday, April 9, 2018 - 17:25
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, buat lo yang terpaksa tinggal jauh dari keluarga entah karena urusan pendidikan ataupun pekerjaan tentu sering merasa kesepian. Padahal, perasaan tersebut memberikan dampak negatif pada kondisi psikologis lo. Menariknya, beberapa peneliti asal Korea Selatan justru membaca keadaan tersebut sebagai peluang untuk berinovasi dalam menciptakan robot prototipe yang dijamin nggak bakal bikin lo kesepian lagi. Seperti apa ya? Yuk, simak!

 

Robot bernama Fribo

Robot yang diciptakan oleh sejumlah peneliti dari KAIST dan Yonsei University ini diberi nama Fribo. Prototipe robot ini didesain dengan menggunakan warna hitam, lengkap dengan dua buah mata yang membuat Fribo seolah benar-benar seperti makhluk hidup sungguhan. Meski terinspirasi dari Amazon Echo dan Google Home, robot ini justru sengaja diciptakan lebih ‘manusiawi’ sehingga dapat lebih akrab dengan penggunanya.

 

Diperkenalkan pada Konferensi Internasional ACM

Setelah melalui proses uji coba yang memakan waktu hingga satu bulan lamanya, prototipe robot Fribo ini resmi diperkenalkan pada perhelatan Konferensi Internasional ACM, dengan tema robot manusia, beberapa waktu yang lalu. Dengan robot Fribo lo bisa berbagi kegiatan rumah sehari-hari dengan mudah sehingga nggak lagi merasa kesepian meski harus tinggal jauh dari keluarga.

 

Bagaimana cara kerja robot Fribo?

Robot Fribo melakukan segala aktivitasya dengan mendengarkan aktivitas di rumah individu dan mendorong penggunanya tersebut untuk berbicara melalui aplikasi obrolan. Mikrofon dan sensor yang ada di dalam tubuh Fribo mampu mengenali aktivitas domestik seperti ketika seseorang pulang ke rumah, menyalakan lampu, vacuums, atau bahkan sekadar membuka pintu lemari es.

 

Kelebihan robot Fribo

Urbaners, selain dapat menjadi teman ngobrol yang menyenangkan, Fribo juga dapat memberikan pesan terkait dengan aktivitas orang lain di rumah lo. Pengguna juga dapat berbagi persetujuan dengan bertepuk tangan tiga kali ketika Fribo memberi mereka pesan sehingga Fribo bakal kasih tahu lo bahwa seorang teman baru saja tiba di rumah, mereka dapat mengirimi mereka pesan “selamat datang” hanya dengan bertepuk tangan.

 

Masih mengusung budaya masyarakat Korea

Mengingat pencipta robot Fribo adalah peneliti asal negeri ginseng Korea Selatan, nggak heran kalau kepribadian Fribo sangat khas dengan budaya timur. Tentu saja, untuk memproduksi Fribo dalam jumlah massal, pengembang butuh melakukan inovasi lebih lanjut terkait latar budaya yang ditanamkan dalam robot manusia tersebut.

 

Gimana pendapat lo, Urbaners?

 

 

Source: theverge.com