• Techno
  • Jomblo? Lo Patut Berterima Kasih Sama Robot Ini

Jomblo? Lo Patut Berterima Kasih Sama Robot Ini

Mon, 09 April 2018
Jomblo? Lo Patut Berterima Kasih Sama Robot Ini

Urbaners, buat lo yang terpaksa tinggal jauh dari keluarga entah karena urusan pendidikan ataupun pekerjaan tentu sering merasa kesepian. Padahal, perasaan tersebut memberikan dampak negatif pada kondisi psikologis lo. Menariknya, beberapa peneliti asal Korea Selatan justru membaca keadaan tersebut sebagai peluang untuk berinovasi dalam menciptakan robot prototipe yang dijamin nggak bakal bikin lo kesepian lagi. Seperti apa ya? Yuk, simak!

 

Robot bernama Fribo

Robot yang diciptakan oleh sejumlah peneliti dari KAIST dan Yonsei University ini diberi nama Fribo. Prototipe robot ini didesain dengan menggunakan warna hitam, lengkap dengan dua buah mata yang membuat Fribo seolah benar-benar seperti makhluk hidup sungguhan. Meski terinspirasi dari Amazon Echo dan Google Home, robot ini justru sengaja diciptakan lebih ‘manusiawi’ sehingga dapat lebih akrab dengan penggunanya.

 

Diperkenalkan pada Konferensi Internasional ACM

Setelah melalui proses uji coba yang memakan waktu hingga satu bulan lamanya, prototipe robot Fribo ini resmi diperkenalkan pada perhelatan Konferensi Internasional ACM, dengan tema robot manusia, beberapa waktu yang lalu. Dengan robot Fribo lo bisa berbagi kegiatan rumah sehari-hari dengan mudah sehingga nggak lagi merasa kesepian meski harus tinggal jauh dari keluarga.

 

Bagaimana cara kerja robot Fribo?

Robot Fribo melakukan segala aktivitasya dengan mendengarkan aktivitas di rumah individu dan mendorong penggunanya tersebut untuk berbicara melalui aplikasi obrolan. Mikrofon dan sensor yang ada di dalam tubuh Fribo mampu mengenali aktivitas domestik seperti ketika seseorang pulang ke rumah, menyalakan lampu, vacuums, atau bahkan sekadar membuka pintu lemari es.

 

Kelebihan robot Fribo

Urbaners, selain dapat menjadi teman ngobrol yang menyenangkan, Fribo juga dapat memberikan pesan terkait dengan aktivitas orang lain di rumah lo. Pengguna juga dapat berbagi persetujuan dengan bertepuk tangan tiga kali ketika Fribo memberi mereka pesan sehingga Fribo bakal kasih tahu lo bahwa seorang teman baru saja tiba di rumah, mereka dapat mengirimi mereka pesan “selamat datang” hanya dengan bertepuk tangan.

 

Masih mengusung budaya masyarakat Korea

Mengingat pencipta robot Fribo adalah peneliti asal negeri ginseng Korea Selatan, nggak heran kalau kepribadian Fribo sangat khas dengan budaya timur. Tentu saja, untuk memproduksi Fribo dalam jumlah massal, pengembang butuh melakukan inovasi lebih lanjut terkait latar budaya yang ditanamkan dalam robot manusia tersebut.

 

Gimana pendapat lo, Urbaners?

 

 

Source: theverge.com

Baru Rilis, 4 Smartphone dari Samsung Ini Bisa Buat Lo Pengen

Monday, February 17, 2020 - 15:12
Terdapat tiga smartphone baru dari Samsung dengan ukuran layar yang berbeda

Samsung telah menjadi salah satu brand smartphone yang paling populer saat ini. Setiap tahunnya mereka pasti akan merilis smartphone canggih dengan desain yang kekinian dan keren. Di awal tahun 2020 ini mereka juga telah merilis sejumlah smartphone yang keren. Berikut ini ulasan singkat mengenai smartphone rilisan terbaru dari Samsung yang harus lo ketahui.

Samsung Galaxy A71

Smartphone dari Samsung dengan seri A selalu ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar gadget. Smartphone seri A terbaru yang baru dirilis oleh Samsung adalah A71. Target dari smartphone ini adalah para generasi milenial yang gemar mengambil foto dan update di media sosial. Itulah mengapa smartphone ini dibekali dengan 4 kamera canggih. Kamera utama di bagian belakang pada smartphone ini memiliki resolusi hingga 64 MP. Kemudian 3 kamera lainnya memiliki resolusi hingga 12 MP, 5 MP, dan 5 MP. Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi hingga 32 MP.

Samsung Galaxy S20

https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/CufFyONHelVrgdlDDUKPUxqLxzg=/0x0:2040x1360/1320x0/filters:focal(0x0:2040x1360):format(webp):no_upscale()/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_asset/file/19710520/vpavic_200206_3899_still_0001.jpg

Smartphone yang paling baru dirilis oleh Samsung si awal bulan Februari ini adalah Galaxy S20 dan S20+. Kedua smartphone ini memiliki desain yang sangat elegan dan tentunya memiliki teknologi yang super canggih. Samsung Galaxy S20 memiliki ukuran yang cukup mirip dengan Galaxy S10 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Galaxy S20 telah dibekali dengan chipset Snapdragon 865 atau Exynos 990. Kamera belakang dari smartphone ini memiliki 3 resolusi berbeda yaitu 64 MP, 12 MP, dan 12 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 10 MP. Kapasitas RAM dari S20 tersedia dua macam yaitu 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk kapasitas ROM hanya ada satu pilihan sebesar 128 GB.

Samsung Galaxy S20+

Seorang pria dengan baju kotak-kotak biru memegang smartphone baru Samsung S20+ yang memiliki wallpaper berwarna biru

S20+ memiliki sejumlah fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Memiliki ukuran 6,7 inchi dengan layar Synamic AMOLED, smartphone ini terlihat sangat anggun dan mewah. Salah satu kelebihan dari S20+ yaitu kamera telefotonya yang diklaim bisa melakukan 3x hybrid zoom dan 30x Super Resolution Zoom pada kamera 64 MP-nya. Kemudian ada kamera lain dengan resolusi 12 MP untuk ultra-wide dan 12 MP untuk wide. Samsung S20+ telah dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya sebesar 128 GB dan 512 GB.

Samsung Galaxy Z Flip

Terdapat tangan yang memegang smartphone Galaxy Z Flip yang hampir terlipat dengan layar yang menunjukkan gambar bunga berwarna biru

Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone layar lipat terbaru dari Samsung. Sebelumnya brand asal Korea Selatan ini memang sudah pernah merilis smartphone dengan desain layar lipat yang disebut dengan Galaxy Fold. Pada Samsung Galaxy Z Flip rupanya telah dibekali dengan layar infinity-O dengan ukuran 6,7 inchi. Smartphone ini juga memiliki tiga kamera dengan resolusi 10 MP untuk kamera selfie dan dua kamera 12 MP di bagian belakangnya. Chipset pada Galaxy Z Flip sudah menggunakan Snapdragon 855 Plus dengan RAM sebesar 8 GB. Sedangkan untuk memori internal sudah disediakan dengan kapasitas hingga 256 GB.

Itulah 4 smartphone yang baru dirilis oleh Samsung di awal tahun 2020 ini. Tertarik yang mana,  Urbaners?

 

Sources: theverge.com, kompas.com, cnnindonesia.com