Home Techno Lo Bisa Mendapatkan Produk Ramah Lingkungan di Sini

Lo Bisa Mendapatkan Produk Ramah Lingkungan di Sini

Wednesday, May 29, 2019 - 17:45
Bagikan
Facebook Twitter Email

Saat ini, tren penggunaan barang yang bisa didaur ulang alias ramah lingkungan sudah mulai meningkat di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak orang yang mulai beralih menggunakan barang-barang ramah lingkungan untuk meminimalisir penumpukan sampah. Kampanye untuk hidup dengan bahan-bahan yang bisa didaur ulang ini bahkan sudah didukung oleh beberapa e-Commerce Indonesia yang menjual produk eco –friendly.

Tokopedia/Navakara

Sebagai salah satu e-Commerce yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia, Tokopedia berpartisipasi dalam gaya hidup berkelanjutan dengan menyediakan produk-produk ramah lingkungan. Salah satu toko online yang ada di Tokopedia, yaitu Navakara, menjual produk ramah lingkungan seperti sikat gigi bambu, sendok, dan garpu kompos. Kalau lo search di Tokopedia, ada banyak toko lain yang menyediakan produk ramah lingkungan lain seperti telo bag.

Zero Waste Indonesia

Zero Waste adalah komunitas dan advokasi berbasis online yang mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup secara zero waste alias meminimalkan sampah yang dihasilkan oleh tiap individu per harinya. Komunitas ini memiliki website-nya sendiri yang menjual berbagai produk eco-friendly seperti sedotan kaca, tas jaring untuk belanja, wadah makan, dan banyak lainnya. Lo juga bisa menukar baju lo yang sudah nggak terpakai supaya nggak terbuang begitu saja.

Demibumi

Mirip dengan Zero Waste Indonesia, Demibumi juga merupakan campaign yang digunakan untuk mengajak warga Indonesia mengurangi sampah plastik di kehidupan. Lo bisa menemukan banyak banget produk-produk ramah lingkungan di website maupun Instagram Demibumi. Asyiknya lagi, Demibumi nggak hanya jualan produk ramah lingkungan, tetapi juga memberikan edukasi tentang bagaimana caranya hidup secara lebih ramah lingkungan.

Bukalapak/Salur Indonesia

Sedikit beda dengan yang lainnya, Salur Indonesia merupakan toko online di Bukalapak, berfokus pada penukaran baju bekas yang sudah lama nggak lo pakai untuk disumbangkan dan dijual di lapak mereka. Ini merupakan upaya untuk mengurangi jumlah sampah pakaian di bumi. Menariknya, Salur Indonesia menyumbangkan 100% keuntungan penjualan untuk donasi pendidikan anak yatim. Keren banget kan, Urbaners?

 

Lo juga jangan sampai ketinggalan tren gaya hidup ramah lingkungan ini. Sudah banyak sampah yang lo hasilkan dari berbagai aktivitas sehari-hari. So, please, mulai gunakan produk-produk eco-friendly yang dijual di e-Commerce tersebut atau sumbangkan barang yang sudah nggak terpakai di e-Commerce khusus jual produk bekas.