Home Techno Mengapa Robot dari Boston Dynamics Ini Jadi Favorit

Mengapa Robot dari Boston Dynamics Ini Jadi Favorit

Thursday, November 23, 2017 - 17:27
Bagikan
Facebook Twitter Email

Seperti yang kita tahu, teknologi yang semakin canggih saat ini melahirkan banyak sekali perangkat yang serba guna untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan, teknologi robot pun saat ini terus dikembangkan untuk menghasilkan robot pintar yang katanya bisa membuat kehidupan manusia lebih baik. Berbicara mengenai robot ada satu nama pengembang yang nggak boleh Urbaners lewatkan, Boston Dynamics.

 

Kontrol Berbasis Sistem Sensor

Bukan lagi menggunakan tombol maupun remote control, Boston Dynamics membekali robot mereka dengan sistem pengendali berbasis sensor. Sistem ini bakal bikin lo bisa memerintahkan robot lo dengan lebih praktis. Selain itu, mereka juga menyematkan sistem komputasi yang memungkinkan robot mereka untuk membuka kemampuan lainnya dari serangkaian mekanisme kompleks yang ada.

 

Mereka Punya Robot Tercepat di Dunia

Boston Dynamics merilis 9 macam robot sejauh ini. Salah satunya adalah Wildcat. Seperti namanya, Wildcat ini merupakan robot tercepat di dunia. Memiliki 4 kaki yang mampu membuatnya melaju dengan kecepatan maksimal hingga 32 kilometer per jam. Dengan kecepatan seperti itu, Wildcat berhasil menjadi robot berkaki empat tercepat di dunia.

 

Bisa Mengontrol Keseimbangan Walau Saat Maneuver

Meskipun mampu berlari dengan kecepatan tinggi, Wildcat tetap bisa mengontrol keseimbangannya bahkan saat melakukan maneuver. Tapi ini hanya berlaku jika Wildcat berlari di permukaan yang rata. Keseimbangan ini berkata adanya teknologi sistem gait atau cara berjalan yang disematkan pada Wildcat. Sistem gait tersebut meliputi cara berlari, melompat, dan berlari kencang.

 

Menggunakan Beberapa Set Laser

Agar dapat berjalan dengan baik di permukaan tanah, Wildcat juga menggunakan beberapa set laser yang berfungsi untuk mengukur ketinggian robot secara akurat di atas tanah. Selain itu, laser ini juga berfungsi untuk mengontrol attitude robot saat berdiri.

Untuk menjalankan mesinnya, Wildcat menggunakan bahan bakar methanol untuk menggerakkan system penggerak hidroliknya. System ini membuat suara Wildcat terdengar sedikit bising ketika beraksi. Oiya Urbaners, Wildcat bisa punya control yang stabil karena dulunya system ini sudah pernah dikembangkan pada Cheetah, prototype robot sebelum Wildcat.

 

Source: engadget.com