• Techno
  • Mengapa Robot dari Boston Dynamics Ini Jadi Favorit

Mengapa Robot dari Boston Dynamics Ini Jadi Favorit

Thu, 23 November 2017

Seperti yang kita tahu, teknologi yang semakin canggih saat ini melahirkan banyak sekali perangkat yang serba guna untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan, teknologi robot pun saat ini terus dikembangkan untuk menghasilkan robot pintar yang katanya bisa membuat kehidupan manusia lebih baik. Berbicara mengenai robot ada satu nama pengembang yang nggak boleh Urbaners lewatkan, Boston Dynamics.

 

Kontrol Berbasis Sistem Sensor

Bukan lagi menggunakan tombol maupun remote control, Boston Dynamics membekali robot mereka dengan sistem pengendali berbasis sensor. Sistem ini bakal bikin lo bisa memerintahkan robot lo dengan lebih praktis. Selain itu, mereka juga menyematkan sistem komputasi yang memungkinkan robot mereka untuk membuka kemampuan lainnya dari serangkaian mekanisme kompleks yang ada.

 

Mereka Punya Robot Tercepat di Dunia

Boston Dynamics merilis 9 macam robot sejauh ini. Salah satunya adalah Wildcat. Seperti namanya, Wildcat ini merupakan robot tercepat di dunia. Memiliki 4 kaki yang mampu membuatnya melaju dengan kecepatan maksimal hingga 32 kilometer per jam. Dengan kecepatan seperti itu, Wildcat berhasil menjadi robot berkaki empat tercepat di dunia.

 

Bisa Mengontrol Keseimbangan Walau Saat Maneuver

Meskipun mampu berlari dengan kecepatan tinggi, Wildcat tetap bisa mengontrol keseimbangannya bahkan saat melakukan maneuver. Tapi ini hanya berlaku jika Wildcat berlari di permukaan yang rata. Keseimbangan ini berkata adanya teknologi sistem gait atau cara berjalan yang disematkan pada Wildcat. Sistem gait tersebut meliputi cara berlari, melompat, dan berlari kencang.

 

Menggunakan Beberapa Set Laser

Agar dapat berjalan dengan baik di permukaan tanah, Wildcat juga menggunakan beberapa set laser yang berfungsi untuk mengukur ketinggian robot secara akurat di atas tanah. Selain itu, laser ini juga berfungsi untuk mengontrol attitude robot saat berdiri.

Untuk menjalankan mesinnya, Wildcat menggunakan bahan bakar methanol untuk menggerakkan system penggerak hidroliknya. System ini membuat suara Wildcat terdengar sedikit bising ketika beraksi. Oiya Urbaners, Wildcat bisa punya control yang stabil karena dulunya system ini sudah pernah dikembangkan pada Cheetah, prototype robot sebelum Wildcat.

 

Source: engadget.com

Xirka, Chipset Buatan Anak Bangsa

Friday, January 24, 2020 - 16:11
Logo Xirka perpaduan abu-abu & oranye menempel di dinding

Jika membicarakan chipset untuk smartphone pastinya lo yang ngikutin perkembangan gadget udah nggak asing lagi dengan brand seperti Qualcomm atau MediaTek. Chipset dari brand tersebut memang merajai pasar dan telah banyak digunakan oleh berbagai smartphone dari merek terkenal. Namun, ternyata anak bangsa juga memiliki perusahaan chipset-nya sendiri yang disebut dengan Xirka.

Nama Xirka mungkin masih cukup asing di telinga banyak orang. Padahal brand yang satu ini telah merilis beberapa produknya ke pasaran. PT Xirka Silicon Technology sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 2008 lalu dan setelah 12 tahun beroperasi tentunya kini perusahaan itu semakin berkembang.

 

Produk Chipset Xirka Murni Buatan Anak Bangsa

Chipset Xirka berwarna hijau

Dalam memproduksi chipset-nya, Xirka nggak mengerjakannya sendirian. Mereka bekerja sama dengan Pusat Antar Universitas (PAU) Mikroleketronika Institut Teknologi Bandung (ITB). Perancangan chipset Xirka sendiri dilakukan di pusat penelitian dan pengembangan yang berada di Setrasari, Bandung.

Perusahaan yang satu ini memang memiliki fokus pada desain chipset dan salah produk yang dihasilkan adalan SIM card yang digunakan untuk smartphone. Di tahun 2012 lalu Xirka sudah mulai pengembangan dan produksi dari SIM Card mereka. Produk mereka pun sudah siap diluncurkan dan diproduksi massal. Menariknya kapastitas dari produksinya pun langsung terbilang cukup banyak yaitu hingga 100 juta unit chipset per tahunnya.

 

SIM Card dari Xirka Miliki Banyak Keunggulan

Chipset keluaran dari Xirka ini nggak kalah dengan chipset dari perusahaan luar negeri dan memiliki beberapa keunggulan. Dalam hal keamanan SIM Card dari Xirka juga disebut paling aman karena telah dipasang beberapa fitur keamanan seperti Secured Memory Bus, DES, 3DES hingga True Random Generator. Selain itu, chipset karya anak bangsa ini juga telah dilengkapi dengan prosesor yang bisa menjamin bisa komunikasi dengan BTS dari operator berstandar GSM.

Chipset untuk SIM Card dari Xirka memang telah dirancang sedemikian rupa sehingga telah sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik dari para operator yang ada di dalam negeri. Nggak hanya itu saja rupanya Sim Card dari Xirka juga telah dilengkapi dengan Internal Flash Memory 136 Kbyte yang bisa digunakan untuk berbagai aplikasi.

 

Beberapa Produk dari Xirka

Xirka telah merilis beberapa produknya mulai dari SIM Card hingga Smartcard.

Selain SIM Card, rupanya Xirka juga telah membuat produk-produk lain yang sangat inovatif dan berguna. Di tahun 2017 lalu mereka telah merilis chipset SCard XCT136 yang digunakan untuk kartu identitas para mahasiswa. Chipset SCard tersebut merupakan tipe smartcard. Produk smartcard dari Xirka pun telah digunakan oleh beberapa universitas populer Tanah Air seperti Universitas Indonesia, Universitas Telkom, dan Institut Teknologi Bandung.

Selain SIM Card dan smartcard, rupanya Xirka juga menyediakan chipset NFC yang berguna untuk mendukung aplikasi smartphone. Nggak berhenti di situ, Xirka juga telah memproduksi chipset untuk peralatan rumah tangga seperti AC, TV hingga lemari es.

Keren banget ya Urbaners, karya anak bangsa tersebut!

 

 

Sources: goodnewsfromindonesi.id, inet.detik.com