Home Techno Mengapa TikTok Dapat Menjadi Valuable Startup?
Mengapa TikTok Dapat Menjadi Valuable Startup?

Mengapa TikTok Dapat Menjadi Valuable Startup?

Wednesday, December 5, 2018 - 16:02
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, mungkin lo sudah nggak asing lagi sama aplikasi bernama TikTok. Ya, aplikasi ini menjadi sensasi utama di kalangan remaja. Termasuk di Indonesia. Namun, ada hal yang perlu lo ketahui tentang aplikasi ini. Salah satunya adalah keberhasilannya menyabet predikat sebagai startup paling valuable tahun 2018. Bahkan keberadaannya sempat menggeser Uber hingga SpaceX.

 

Sempat Geser Uber

Sempat Geser Uber

Mungkin nama Bytedance selama ini belum banyak orang mengenalnya. Perusahaan asal Cina ini merupakan pemilik dari aplikasi TikTok. Baru-baru ini perusahaan tersebut sempat membuat gempar dunia teknologi digital. Bagaimana tidak Urbaners, perusahaan pemilik TikTok ini baru saja mendapatkan kucuran dana senilai 3 miliar dolar atau setara dengan Rp 45.5 triliun dari Softbank. Pinjaman inilah yang membuat TikTok jadi salah satu startup paling valuable di dunia. Selain menggeser Uber, TikTok juga pernah menggeser Airbnb hingga SpaceX.

Jika melansir dari laman The Verge pada 27 Oktober 2018 lalu, Bytedance kini memiliki nilai sebesar 75 miliar dolar. Jumlah ini jelas merupakan nilai yang fantastis. Bahkan angka ini sempat menggeser Uber yang selama ini diprediksi bakalan menjadi startup paling valuable. Namun, anggapan tersebut pupus ketika TikTok mendapat kucuran dana besar itu. Uber sendiri hanya sebesar US$ 72 miliar. Memang, terlihat selisih tidak cukup jauh namun memiliki arti tersendiri bagi startup asal Cina tersebut.

 

Bakal Bersaing dengan Media Sosial Favorit di Amerika

Bakal Bersaing dengan Media Sosial Favorit di Amerika

Apa yang menjadikan TikTok menjadi perusahaan yang valuable adalah kemampuan perusahaan menggabungkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dengan fitur pengenalan wajah bagi penggunanya. TikTok pun kini semakin menjadi salah satu aplikasi paling hits di dunia setelah menggandeng Musical.ly dan Douyin. Bahkan kini di Amerika Serikat sedang terjadi persaingan antara TikTok dengan media sosial favorit Amerika Serikat sebelumnya. Sebut saja seperti Facebook, Instagram, Snapchat, dan YouTube.

Persaingan tersebut semakin terlihat pada September dan Oktober lalu. Melansir dari The Verge, kini TikTok memiliki pengguna lebih dari setengah miliar masyarakat di dunia. Di Amerika sendiri, TikTok diunduh hampir sebanyak 80 juta kali. Ini tidak terlepas dari dukungan publik dan tokoh di Amerika Serikat sendiri seperti Jimmy Fallon.

Itu dia Urbaners, kenapa TikTok jadi salah satu startup paling valuable tahun ini.

 

 

Source: The Verge