• Techno
  • Microsoft Surface Pro X vs. Samsung Galaxy Book S, Pilih yang Mana?

Microsoft Surface Pro X vs. Samsung Galaxy Book S, Pilih yang Mana?

Tue, 08 October 2019
Microsoft Surface Pro X dengan tampilan layar HD dan bodi super tipis.

Urbaners, setelah ditunggu-tunggu akhirnya Microsoft Surface Pro X dan Samsung Galaxy Book S resmi diperkenalkan untuk publik. Dua laptop Windows ini kabarnya bakal jadi jembatan kesenjangan antara ponsel dan PC. Kalau lo lihat dari tampilan fisik, keduanya sama-sama didukung dengan layar sentuh 13 inci. Sementara kapasitas RAM-nya, baik Microsoft Surface Pro X dan Samsung Galaxy Book S didukung oleh 8GB RAM yang dijamin nggak bakal bikin gadget lo lemot. Lo masih bingung mau pilih yang mana?

 

Bobot Ringan, Bodi Tipis

Dilengkapi dengan bezel yang sangat tipis, Microsoft Surface Pro X punya bobot yang cukup ringan yaitu kurang dari 800 gram. Ketebalannya juga tergolong tipis, hanya 5.3 milimeter saja.  Sementara itu, Samsung Galaxy Book S terbilang sedikit lebih berat dengan bobot sekitar 900 gram. Tapi, bodinya jauh lebih tipis dari Microsoft Surface Pro X, atau seri laptop tipis lainnya, termasuk MacBook Air.

 

Performa Dapur Pacu

Samsung Galaxy Book S jadi laptop pertama yang dibekali prosesor Snapdragon 8CX

Dibandingkan dengan laptop 2-in-1 bisa dibilang Microsoft Surface Pro X dan Samsung Galaxy Book S punya performa dapur pacu yang lebih hebat. Microsoft Surface Pro X ditenagai oleh chipset Qualcomm Surface SQ1. Di sisi lain, Samsung Galaxy Book S lebih unggul melalui penggunaan prosesor Snapdragon 8cx. Ini adalah jenis prosesor terbaru dari Qualcomm yang khusus dirancang untuk PC. Artinya, Samsung Galaxy Book S adalah laptop pertama di dunia yang dibekali dengan prosesor ini.

 

Didukung Teknologi Jaringan 4G LTE

Urbaners, dari segi konektivitasnya, Microsoft Surface Pro X dan Samsung Galaxy Book S telah didukung koneksi jaringan 4G LTE dengan slot Nano MicroSIM. Sebagai pengguna lo bisa memakai jaringan seluler di laptop ini seperti smartphone pada umumnya.  Jadi, lo bisa menyelesaikan tugas atau pekerjaan lebih fleksibel kapan saja dan di mana saja.

 

Kapasitas Daya Baterai

Port USB Type C pada Samsung Galaxy Book S untuk mengisi daya baterai lebih cepat.

Microsoft Surface Pro X dikabarkan hadir dengan kapasitas baterai 42Wh, yang diklaim bisa dipakai hingga 23 jam hanya dengan satu kali pengisian daya. Sebaliknya, Samsung Galaxy Book S nggak menyebutkan kapasitas baterainya secara spesifik. Tapi, Samsung mengklaim jika laptop terbarunya kali ini memiliki masa pakai baterai hingga 13 jam. Lo bahkan bisa mengisi daya baterai melalui port USB Type C di kedua perangkat ini.

 

Soal harga, keduanya dibanderol mulai dari US$999 atau kurang lebih setara dengan Rp14,2 jutaan. Jadi, perangkat mana yang bakal lo pilih, Urbaners? Microsoft Surface Pro X atau Samsung Galaxy Book S?

 

Source: cnet.com

Baru Rilis, 4 Smartphone dari Samsung Ini Bisa Buat Lo Pengen

Monday, February 17, 2020 - 15:12
Terdapat tiga smartphone baru dari Samsung dengan ukuran layar yang berbeda

Samsung telah menjadi salah satu brand smartphone yang paling populer saat ini. Setiap tahunnya mereka pasti akan merilis smartphone canggih dengan desain yang kekinian dan keren. Di awal tahun 2020 ini mereka juga telah merilis sejumlah smartphone yang keren. Berikut ini ulasan singkat mengenai smartphone rilisan terbaru dari Samsung yang harus lo ketahui.

Samsung Galaxy A71

Smartphone dari Samsung dengan seri A selalu ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar gadget. Smartphone seri A terbaru yang baru dirilis oleh Samsung adalah A71. Target dari smartphone ini adalah para generasi milenial yang gemar mengambil foto dan update di media sosial. Itulah mengapa smartphone ini dibekali dengan 4 kamera canggih. Kamera utama di bagian belakang pada smartphone ini memiliki resolusi hingga 64 MP. Kemudian 3 kamera lainnya memiliki resolusi hingga 12 MP, 5 MP, dan 5 MP. Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi hingga 32 MP.

Samsung Galaxy S20

https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/CufFyONHelVrgdlDDUKPUxqLxzg=/0x0:2040x1360/1320x0/filters:focal(0x0:2040x1360):format(webp):no_upscale()/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_asset/file/19710520/vpavic_200206_3899_still_0001.jpg

Smartphone yang paling baru dirilis oleh Samsung si awal bulan Februari ini adalah Galaxy S20 dan S20+. Kedua smartphone ini memiliki desain yang sangat elegan dan tentunya memiliki teknologi yang super canggih. Samsung Galaxy S20 memiliki ukuran yang cukup mirip dengan Galaxy S10 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Galaxy S20 telah dibekali dengan chipset Snapdragon 865 atau Exynos 990. Kamera belakang dari smartphone ini memiliki 3 resolusi berbeda yaitu 64 MP, 12 MP, dan 12 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 10 MP. Kapasitas RAM dari S20 tersedia dua macam yaitu 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk kapasitas ROM hanya ada satu pilihan sebesar 128 GB.

Samsung Galaxy S20+

Seorang pria dengan baju kotak-kotak biru memegang smartphone baru Samsung S20+ yang memiliki wallpaper berwarna biru

S20+ memiliki sejumlah fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Memiliki ukuran 6,7 inchi dengan layar Synamic AMOLED, smartphone ini terlihat sangat anggun dan mewah. Salah satu kelebihan dari S20+ yaitu kamera telefotonya yang diklaim bisa melakukan 3x hybrid zoom dan 30x Super Resolution Zoom pada kamera 64 MP-nya. Kemudian ada kamera lain dengan resolusi 12 MP untuk ultra-wide dan 12 MP untuk wide. Samsung S20+ telah dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya sebesar 128 GB dan 512 GB.

Samsung Galaxy Z Flip

Terdapat tangan yang memegang smartphone Galaxy Z Flip yang hampir terlipat dengan layar yang menunjukkan gambar bunga berwarna biru

Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone layar lipat terbaru dari Samsung. Sebelumnya brand asal Korea Selatan ini memang sudah pernah merilis smartphone dengan desain layar lipat yang disebut dengan Galaxy Fold. Pada Samsung Galaxy Z Flip rupanya telah dibekali dengan layar infinity-O dengan ukuran 6,7 inchi. Smartphone ini juga memiliki tiga kamera dengan resolusi 10 MP untuk kamera selfie dan dua kamera 12 MP di bagian belakangnya. Chipset pada Galaxy Z Flip sudah menggunakan Snapdragon 855 Plus dengan RAM sebesar 8 GB. Sedangkan untuk memori internal sudah disediakan dengan kapasitas hingga 256 GB.

Itulah 4 smartphone yang baru dirilis oleh Samsung di awal tahun 2020 ini. Tertarik yang mana,  Urbaners?

 

Sources: theverge.com, kompas.com, cnnindonesia.com