Home Techno Microsoft Surface Pro X vs. Samsung Galaxy Book S, Pilih yang Mana?
Microsoft Surface Pro X dengan tampilan layar HD dan bodi super tipis.

Microsoft Surface Pro X vs. Samsung Galaxy Book S, Pilih yang Mana?

Tuesday, October 8, 2019 - 17:39
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, setelah ditunggu-tunggu akhirnya Microsoft Surface Pro X dan Samsung Galaxy Book S resmi diperkenalkan untuk publik. Dua laptop Windows ini kabarnya bakal jadi jembatan kesenjangan antara ponsel dan PC. Kalau lo lihat dari tampilan fisik, keduanya sama-sama didukung dengan layar sentuh 13 inci. Sementara kapasitas RAM-nya, baik Microsoft Surface Pro X dan Samsung Galaxy Book S didukung oleh 8GB RAM yang dijamin nggak bakal bikin gadget lo lemot. Lo masih bingung mau pilih yang mana?

 

Bobot Ringan, Bodi Tipis

Dilengkapi dengan bezel yang sangat tipis, Microsoft Surface Pro X punya bobot yang cukup ringan yaitu kurang dari 800 gram. Ketebalannya juga tergolong tipis, hanya 5.3 milimeter saja.  Sementara itu, Samsung Galaxy Book S terbilang sedikit lebih berat dengan bobot sekitar 900 gram. Tapi, bodinya jauh lebih tipis dari Microsoft Surface Pro X, atau seri laptop tipis lainnya, termasuk MacBook Air.

 

Performa Dapur Pacu

Samsung Galaxy Book S jadi laptop pertama yang dibekali prosesor Snapdragon 8CX

Dibandingkan dengan laptop 2-in-1 bisa dibilang Microsoft Surface Pro X dan Samsung Galaxy Book S punya performa dapur pacu yang lebih hebat. Microsoft Surface Pro X ditenagai oleh chipset Qualcomm Surface SQ1. Di sisi lain, Samsung Galaxy Book S lebih unggul melalui penggunaan prosesor Snapdragon 8cx. Ini adalah jenis prosesor terbaru dari Qualcomm yang khusus dirancang untuk PC. Artinya, Samsung Galaxy Book S adalah laptop pertama di dunia yang dibekali dengan prosesor ini.

 

Didukung Teknologi Jaringan 4G LTE

Urbaners, dari segi konektivitasnya, Microsoft Surface Pro X dan Samsung Galaxy Book S telah didukung koneksi jaringan 4G LTE dengan slot Nano MicroSIM. Sebagai pengguna lo bisa memakai jaringan seluler di laptop ini seperti smartphone pada umumnya.  Jadi, lo bisa menyelesaikan tugas atau pekerjaan lebih fleksibel kapan saja dan di mana saja.

 

Kapasitas Daya Baterai

Port USB Type C pada Samsung Galaxy Book S untuk mengisi daya baterai lebih cepat.

Microsoft Surface Pro X dikabarkan hadir dengan kapasitas baterai 42Wh, yang diklaim bisa dipakai hingga 23 jam hanya dengan satu kali pengisian daya. Sebaliknya, Samsung Galaxy Book S nggak menyebutkan kapasitas baterainya secara spesifik. Tapi, Samsung mengklaim jika laptop terbarunya kali ini memiliki masa pakai baterai hingga 13 jam. Lo bahkan bisa mengisi daya baterai melalui port USB Type C di kedua perangkat ini.

 

Soal harga, keduanya dibanderol mulai dari US$999 atau kurang lebih setara dengan Rp14,2 jutaan. Jadi, perangkat mana yang bakal lo pilih, Urbaners? Microsoft Surface Pro X atau Samsung Galaxy Book S?

 

Source: cnet.com