• Techno
  • Mountable, Alat Komunikasi Tanpa Sinyal Bikinan Anak Bangsa

Mountable, Alat Komunikasi Tanpa Sinyal Bikinan Anak Bangsa

Mon, 13 May 2019
Mountable, Alat Komunikasi Tanpa Sinyal Bikinan Anak Bangsa

Prestasi membanggakan kembali diukir oleh anak bangsa Indonesia. Kali ini dalam hal pengembangan alat komunikasi tanpa sinyal bagi para pendaki. Peranti tersebut adalah Mountable yang merupakan singkatan dari Smart Monitoring and Emergency System Using Internet of Things in Mountaineering Area. Bisa juga dikatakan sebagai sistem pemantauan, komunikasi, dan informasi di area tanpa sinyal seluler ataupun internet bagi para pendaki. Seperti apa keunggulan alat ini?

 

Hasil karya anak bangsa

Hasil karya anak bangsa

Mountable sampai kini menjadi satu-satunya penyedia jasa keselamatan dan keamanan dalam hal pendakian di tanah air yang memanfaatkan teknologi. Peranti ini dikembangkan oleh para peneliti di sivitas akademika Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Mereka adalah Yudha Dwiputra S.T; Valda Orchidea Zahwa S.T; Dr. Yohan Suryanto S. T., M.T; Prof. Dr. -Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M. Eng. Atas inovasinya ini, Mountable berhasil menyabet gelar medali emas di ajang Indonesian International Invention Festival 2019. Acara tersebut digelar pada 22-25 April di Malang, Jawa Timur.

 

Lebih canggih dari radio komunikasi lainnya

Lebih canggih dari radio komunikasi lainnya

Kalau dilihat lebih jauh, Mountable memiliki teknologi mumpuni yang cukup canggih. Pada dasarnya, teknologi yang digunakan berbasis internet of things (IoT). Beberapa di antaranya adalah sistem tracking tools, pemancar sinyal, website, hingga aplikasi. Semua sistem itu menggunakan jaringan yang disebut Long Range dengan cakupan luas.

Selain itu, baterai yang digunakan juga mampu bertahan hingga dua bulan. Kalau dibandingkan dengan HT atau walkie talkie maupun komunikasi radio lainnya, jelas alat ini lebih unggul, Urbaners. Apalagi Mountable sudah berbasis internet of things, membuat biaya operasionalnya lebih murah ketimbang komunikasi radio satelit.

 

Menjadi solusi bagi para pendaki

Mountable juga jadi solusi terbaik bagi para pendaki. Tercatat sistem Mountable sudah digunakan oleh 55 pendaki di tiap minggu dan telah sukses menjadi pendukung dalam misi penyelamatan 9 pendaki yang terjebak badai di Gunung Sumbing.

Hal tersebut dikarenakan Mountable punya fitur-fitur canggih yang ada di dalamnya. Mulai dari fitur penunjuk arah, tracking, dan monitoring pendaki. Begitu juga dengan fitur emergency system yang dapat digunakan saat kondisi buruk. Fitur lainnya adalah pendeteksi cuaca secara real-time dan group tracking untuk melacak keberadaan anggota dari grup yang terpisah.

 

Bangga rasanya mengetahui Indonesia punya inovasi alat komunikasi gunung terbaik seperti Mountable ini!

 

 

Sources: Goodnewsfromindonesia.id

Bikin Konten dengan Aplikasi Video Editing untuk Smartphone

Thu, 09 July 2020
Seseorang sedang mengedit video di smartphonenya

Hobi bikin konten video untuk mengisi feed media sosial lo? Cukup dengan menggunakan beberapa aplikasi video editing, edit video dengan segala macam transisi, filter, dan tone warna bisa lo lakukan hanya melalui smartphone! Hasilnya pun nggak beda jauh dengan hasil editing dari software video editing profesional. Apa saja list-nya? Check this out!

 

Adobe Premiere Clip

Tampilan Adobe Premiere Clip di smartphone

Aplikasi pertama adalah Adobe Premiere Clip yang bisa lo akses di iOS dan Android. Adobe Premiere Clip memiliki fitur-fitur basic dari software video editing versi premium mereka, Adobe Premiere Pro. Fitur-fitur basic tersebut antara lain trim, split, dan voice editing untuk membuat suara bising teredam di dalam video. Lo juga bisa memasukkan background music pada video di sini.

Selain itu, Adobe Premiere Clip juga dilengkapi dengan cloud CreativeSync yang membuat file-file video terintegrasi dengan aplikasi Adobe lainnya, seperti aplikasi Lightroom, Capture CC, atau Premiere Pro. Menurut para reviewer, satu-satunya kekurangan dari Adobe Premiere Clip adalah nggak tersedianya tampilan editing video secara vertikal.

 

WeVideo

Interface WeVideo dengan tampilan menu minimalis

WeVideo memiliki interface yang simpel sehingga mudah dimengerti oleh users pemula dan masih awam dengan edit video. Sama seperti Adobe Premiere Clip, WeVideo juga dapat diakses dari iOS maupun Android.

WeVideo dilengkapi dengan fitur penyimpanan cloud yang membuat lo bisa dengan mudah berpindah gadget saat akan mengedit video, tanpa harus memindahkan file project video terlebih dahulu. Namun, tidak semua fitur WeVideo bisa lo akses dengan gratis. Lo harus subscribe akun premium mereka jika ingin mengakses fitur yang lebih luas atau membuat video tanpa watermark.

 

PicPlayPost

Tampilan aplikasi PicPlayPost di smartphone

Aplikasi PicPlayPost ini termasuk aplikasi video editing untuk smartphone yang kuat karena bisa mengedit video hingga durasi 30 menit tanpa lag dengan kualitas layar 1080p. Nggak hanya itu, Mixcord, provider aplikasi PicPlayPost juga membuat fitur opsi ukuran, mulai dari rasio standar 3:2, 4:4, sampai ukuran 16:9. Dengan pilihan ukuran beragam, lo bisa menyesuaikan video dengan gaya yang lo mau.

PicPlayPost juga punya template editing yang cocok buat lo yang “males mikir”. Aplikasi ini juga bisa membantu lo membuat GIF dari potongan-potongan video, sekaligus membuat video dalam kolase. Jangan khawatir, PicPlayPost juga tersedia di iOS dan Android.

 

Videoshop

Tampilan aplikasi Videoshop yang simpel

Sama seperti yang lain, Videoshop dapat diakses melalui iOS maupun Android. Aplikasi ini punya banyak sekali fitur, beberapa di antaranya adalah fitur memotong dan menghilangkan suara di klip, mengatur tempo, menambahkan efek suara khas, hingga menyediakan stok pilihan musik latar untuk video lo. Tapi tenang aja, walaupun memiliki banyak sekali fitur, lo nggak bakal bingung karena interface-nya yang simpel. Banyak reviewer menyarankan untuk menggunakan Videoshop kalo lo ingin membuat stop motion untuk menghasilkan video animasi.

Itu dia, Bro, empat rekomendasi aplikasi video editing untuk smartphone. Sedikit tips untuk video editing melalui smartphone, jangan lupa kenali dulu aplikasi video editing yang bakal lo pakai sebelum mengambil stok video atau merancang ide video supaya hasil video lo bisa maksimal.

 

 

Sources: Wyzowl, Fossbytes, Creativebloq