Home Techno Selangkah Lagi Xiaomi Bakal Salip Samsung Sebagai Smartphone Terlaris di Indonesia
Selangkah Lagi Xiaomi Bakal Salip Samsung Sebagai Smartphone Terlaris di Indonesia

Selangkah Lagi Xiaomi Bakal Salip Samsung Sebagai Smartphone Terlaris di Indonesia

Thursday, September 13, 2018 - 17:31
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada 2014, Xiaomi untuk pertama kalinya masuk ke Indonesia. Produk pertama mereka adalah Mi 3 yang habis dalam waktu kurang dari 5 menit. Setelah itu, Xiaomi memiliki sejarah panjang ketika berjualan di Indonesia. Xiaomi menempatkan Indonesia sebagai prioritas ketiga ketika meluncurkan sebuah produk, setelah Tiongkok dan India. Empat tahun setelah peluncuran pertama, Xiaomi mendapatkan tempat di hati pengguna smartphone di Indonesia.

Berdasarkan rilis yang dilakukan oleh International Data Corporation (IDC), Xiaomi mencatatkan rekor penjualan tertinggi pada pasar smartphone di Indonesia. Pada kuartal II 2018, Xiaomi menjual 9,4 juta unit, naik sekitar 22% dibandingkan kuartal sebelumnya. Nggak hanya itu, dari kenaikan besar-besaran tersebut, Xiaomi sekarang berada di posisi kedua pabrikan terlaris di Indonesia, menggeser Oppo dengan 25% dan hanya berselisih 2% dari Samsung di posisi pertama.

 

Penetrasi Xiaomi

Penetrasi Xiaomi

Bagi lo yang penasaran mengapa Xiaomi sangat berjaya di Indonesia, jawabannya sangat mudah, yaitu pasar smartphone di Indonesia masih didominasi oleh smartphone low-end. Jika dibandingkan dengan Samsung, tentu Xiaomi lebih cocok untuk dipasarkan di Indonesia. Hampir semua smartphone Xiaomi ini berharga murah dengan kualitas yang bisa dibandingkan dengan Samsung.

Nggak hanya itu, Country ManagerXiaomi Indonesia yaitu Steven Chi mengatakan bahwa salah satu kunci dari Xiaomi bisa berjaya di Indonesia adalah selalu ada yang baru setiap tahunnya. Jika biasanya Xiaomi mengeluarkan smartphone high-end dengan harga yang murah, maka di tahun 2017 dan 2018 ini ada sesuatu yang baru, yaitu penambahan gerai di hampir seluruh wilayah Indonesia.

 

Pertarungan pasar smartphone

Pertarungan pasar smartphone

Di bawah Samsung, Xiaomi, dan Oppo, masih ada 15% yaitu brand “lainnya”. Ini termasuk Apple, Acer, Huawei, dan lain-lain. Kenapa Apple bahkan nggak masuk ke 3 besar pasar smartphone di Indonesia? Mereka masuk ke high-end smartphone dengan pasar yang nggak seberapa besar di Indonesia. Walaupun begitu, masih banyak orang yang rela menunggu produk Apple terbaru dengan harga yang cukup mahal.

Bagaimana dengan lo, Urbaners, apakah lo termasuk fans berat Xiaomi, Samsung, atau bahkan Apple?

 

Source: kompas.com