• Traveling
  • 4 Tips Traveling di Bulan Ramadan

4 Tips Traveling di Bulan Ramadan

Wed, 29 June 2016

Pada saat bulan puasa seperti sekarang ini, sebenarnya bukan menjadi alasan untuk berhenti traveling ke luar negeri. Traveling ini alasannya macam-macam Urbaners, ada yang pergi berlibur dan ada yang pergi untuk alasan bisnis. Di bulan puasa ini, umat Islam diharuskan menahan nafsu untuk nggak makan dan minum selama seharian. Jika lo nggak mempersiapkan diri dengan baik, perjalanan lo nggak bakal mengasyikkan Urbaners. Nah sekarang simak 4 tips traveling sembari puasa di bulan Ramadan ini.

 

Pilih jam penerbangan yang pas

Tips pertama adalah pilih jam penerbangan yang pas. Jangan sampai lo memilih jam penerbangan yang kurang bagus, misalnya sore hari saat melebihi waktu buka puasa. Atau pada malam hari, lo bisa saja melewatkan waktu sahur. Usahakan lo memilih jam penerbangan pada pagi hari atau siang hari. Waktu yang paling pas adalah pagi hari, jadi lo bisa beristirahat di dalam pesawat atau di perjalanan.

 

Install aplikasi penunjuk waktu ibadah

Selanjutnya adalah lo bisa menginstall aplikasi penunjuk waktu ibadah. Aplikasi ini sekarang banyak sekali tersebar di Android ataupun di iOS. Tujuannya adalah lo bisa melihat kapan waktu sholat dan kapan waktu berbuka puasa. Khususnya waktu berbuka puasa, terkadang lo berangkat yang waktu berbukanya lebih cepat, tetapi ketika sampai di tempat waktu berbukanya masih lama. Lo bisa mengikuti buka puasa di antara kedua waktu tiba atau berangkat.

 

Habiskan dengan membaca buku

Jika lo mendapatkan perjalanan di dalam pesawat yang sangat lama, lo bisa memperbanyak beribadah dengan membaca buku-buku tentang agama. Cara ini sangat ampuh jika dibandingkan lo membuka smartphone atau bermain game.

 

Perbanyak istirahat

Hal terakhir adalah lo bisa memperbanyak beristirahat. Jika lo nggak ada kegiatan apa-apa di tempat liburan atau perjalanan bisnis, lo bisa memilih untuk beristirahat di hotel atau penginapan. Karena bulan puasa, stamina dan kondisi akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan hari biasa.

Itulah 4 tips yang bisa lo gunakan ketika lo memang harus traveling ke luar negeri. Selamat bepergian ya Urbaners.

 

Source : greatist.com

Pengin Jalan ke Museum? Coba Fitur Virtual Traveling Ini Bro!

Mon, 14 September 2020
traveling ke museum virtual

Perkembangan teknologi bisa jadi inspirasi tersendiri buat lo semua yang sudah rindu banget buat traveling tapi belum bisa dilakukan karena kondisi seperti ini yang tidak memungkinkan. Terlebih buat lo yang suka jalan-jalan ke museum, sekarang cara baru buat melakukannya, bro!

Kalau beberapa waktu lalu kita sudah bahas bagaimana kemungkinan adanya menikmati konser musik dengan konsep virtual reality – kali ini, dengan konsep yang hampir sama, bisa diterapkan juga buat lo yang mau jalan-jalan ke museum.

Terlebih buat di berbagai negara lainnya, yang mengakali pandemi ini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah semakin maju ini. Banyak museum di luar sana yang sudah memanfaatkan hal tersebut ditandai dengan terbukanya pintu museum secara virtual.

Lo bisa menikmati karya-karya seniman yang disimpan rapi di dalam museum hanya dari layer ponsel smartphone saja atau computer di mana lo berada. #MauLagiDimanapun lo tetap bisa jalan-jalan seru ke museum-museum.

Nah bagaimana di Indonesia sendiri? Perlu lo ketahui nih kalau setidaknya ada 4 museum atau galeri karya seni yang bisa lo datangi secara virtual. Penasaran di mana saja? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Virtual Traveling ke Biennale Jogja

virtual traveling museum biennale jogja 2020

Credit Image: goodnewsfromindonesia.id

Sudah menjadi wadah buat seniman lokal ataupun internasional buat berkarya, belajar dan berdiskusi terkait karya di bidang seni visual, dari tahun 1988, Biennale Jogja jadi tempat yang seru buat didatangi.

Bekerja sama dengan Google Arts & Culture, pagelaran seni yang prestis dari Biennale Jogja masih bisa lo nikmati secara virtual. Lo bisa langsung gas ke halaman utama websitenya buat menikmati hasil karya seni visualnya keren-keren.

 

Ciputra Artpreneur

Kurang lebih konsep dasarnya sama, bekerja sama dengan Google Arts & Culture, salah satu kolektor karya seni, Dr. Ir. Ciputra mempunyai Ciputra Artpreneur yang berisikan banyak sekali karya seni visual luar biasa indahnya. Lo bisa menikmati karya-karya luar biasa tersebut secara virtual.

 

‘Trajectory’: A Decade of Lawangwangi

Berlokasi di Bandung, melalui website ArtSociates lo bisa menikmati ‘Trajectory’ yang berisikan 10 karya dari 10 seniman lintas generasi yang karyanya benar-benar luar biasa. Di pameran ini, lo bisa menikmatinya dengan cara virtual.

 

Pameran #KilasBalik Selasar Sunaryo

Masih dari Bandung lagi, Selasar Sunaryo juga ikut memboyong karya-karya yang ada di dalamnya untuk bisa dinikmati secara virtual. Melalui pameran #KilasBalik, lo bisa menikmati kreasi-kreasi yang sebelumnya sudah pernah dipamerkan juga.

Tidak hanya kreasi-kreasi yang sudah ada saja, lo bisa melihat juga berbagai koleksi buku, katalog dan berbagai karya seni lainnya di dalam eksibisi tersebut. Secara virtual, karya-karya di sana bisa lo nikmati dari layar smartphone lo saja.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai pameran dan museum yang menyediakan layanan kunjungan virtual, yang mana nih yang sudah lo rencanakan buat di datangi?

 

Feature Image – secretldn.com