Trending
Rabu, 14 September 2016

Istimewanya Jember Fashion Carnaval Sudah Menginjak Tahun ke-15

  • Share
  • fb-share
Istimewanya Jember Fashion Carnaval Sudah Menginjak Tahun ke-15

Jember Fashion Carnaval (JFC) pertama kali diadakan pada tahun 2001 lalu. Sebelum itu, di jalanan utama kota Jember sering diadakan acara arak-arakan yang mengundang beberapa budaya dari daerah sekitar Jember. Lalu pada tahun 2001 itulah, acara arak-arakan sederhana ini dibikin serius. Dengan mengundang lebih banyak peserta dan mewajibkan para peserta tersebut menyiapkan kostum semenarik mungkin. Dan siapa sangka, JFC sekarang menjadi salah satu pionir acara festival carnaval di Indonesia maupun di dunia.

 

Kemeriahan JFC ke-15

Pada akhir bulan Agustus kemarin, JFC memasuki tahun ke-15. Bukannya malah menurun, animo masyarakat kota Jember maupun daerah lain malah semakin gila. Antiran para peserta dari seluruh dunia ini semakin tahun semakin panjang. Protokol jalan utama Jember yang digunakan sepanjang 3,6 kilometer pun seakan nggak pernah habis dilewati peserta dengan desain baju yang sangat-sangat menarik.

Pada JFC ke-15 ini, ada beberapa tamu undangan yang spesial. Pertama ada Menteri Kelautan dan Kemaritiman yang sedang naik daun yaitu Susi Pudjuastuti, kemudian ada Bupati Jember Hj. Dr Farida yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Jember. Nggak hanya itu, ternyata ada juga tamu undangan Anang Hermansyah bersama keluarga. Anang menyanyikan beberapa lagu dari almarhum Chrisye.

 

Ajang promosi Asean Games 2018

Salah satu Jenderal INASGOC Sylviana Murni juga mengatakan kaget karena beberapa masyarakat Jember tenyata masih belum mengetahui bahwa Asean Games 2018 akan diselenggarakan di Jakarta. Dalam JFC kemarin, setidaknya iNASGOC menurunkan 40 defile yang menggunakan kostum olahraga khas masing-masing.

Jadi acara JFC kemarin ini sangat tepat karena masyarakat masih dalam atmosfir Olimpiade Rio 2016. Apalagi Indonesia berhasil mendapatkan medali emas di cabang Bulutangkis. Bendera peserta Asean Games 2018 pun juga turut ditampilkan dihadapan ribuan penonton.

 

Source: kompas.com

Comments
diana mayasari
keren banget
Muntakhimah
Mantap msbro