Trending
Selasa, 30 Mei 2017

Wihara Patung Seribu, Destinasi Wisata di Tanjungpinang, Riau

  • Share
  • fb-share
Wihara Patung Seribu, Destinasi Wisata di Tanjungpinang, Riau

Indonesia punya destinasi wisata yang enggak terbatas membentang dari Sabang sampai Merauke. Kalau selama ini yang sering lo lihat adalah keindahan tempat wisata di wilayah Indonesia bagian Timur, sesekali lo juga harus berkunjung ke Pulau Sumatera. Pulau ini juga enggak kalah seru buat menikmati liburan kok, Urbaners.

 

Tanjungpinang, Surganya Pecinta Wisata Religi

Tanjungpinang adalah suatu kawasan yang punya letak sangat strategis, yakni berbatasan secara langsung dengan Malaysia dan Singapura. Sebagai kota yang strategis ini, Tanjungpinang menyimpan banyak sekali spot wisata, khususnya wisata religi. Salah satu wisata religi yang masih baru adalah Wihara Patung Seribu. Patung ini dibangun pada tahun 2010 dan baru diresmikan pada bulan Februari 2017 lalu.

 

Keunikan Wihara Patung Seribu

Arsitektur bangunan wihara ini serba bergaya Tiongkok, mulai dari pintu gerbang hingga pagodanya yang ada di atas. Gerbangnya yang tinggi menjulang serta bangunan dinding yang kokoh membuat wihara ini mirip seperti benteng. Di dalamnya, banyak terdapat patung Budha. Jejeran patung Budha ini bisa lo lihat begitu memasuki lorong. Jumlah yang mencapai ratusan ini tersusun rapi dan masing-masing patung menampakkan ekspresi yang berbeda-beda.

Enggak hanya arsitektur bangunannya yang kental dengan budaya Tiongkok, berbagai ornamen yang menghiasi dindingnya dan juga patung-patung di dalamnya juga didatangkan langsung dari Negeri Tirai Bambu, lho! Jadi ketika masuk ke wihara ini kamu bakal merasa seperti benar-benar berada salah satu wihara di Tiongkok. Seru, kan?

 

Bentuk Solidaritas Masyarakat Tiongkok

Adapun wihara ini dibangun oleh komunitas Tionghoa yang ada di sekitar wilayah tersebut, termasuk Singapura dan Malaysia. Mereka berperan sebagai donatur. Hasilnya, dapat lo lihat sendiri pada bagusnya pemandangan di sekitar wihara ini.

Untuk bisa menikmati indahnya wihara ini, lo Cuma perlu membayar sebesar 5 ribu rupiah saja. Kurang murah apa lagi, coba? Dengan harga tiket masuk yang sangat murah itu lo bisa berfoto-foto sepuasnya di spot favorit lo.

Kalau lo ke sini, sebaiknya datang di waktu weekdays agar enggak seberapa ramai jadi lo bisa ber-selfie sepuasnya karena dikhawatirkan pengunjung akan meningkat saat weekend tiba. Enggak hanya wihara ini, ada banyak alasan kenapa lo harus datang ke Riau buat meluangkan liburanmu, lho!

 

Source: kompas.com

Comments
THIAS HASTININGSIH
Tanjungpinang, Surganya Pecinta Wisata Religi
PUJI RAHAYU kopkar
keren banget