Home Traveling 3 Tempat di Indonesia untuk Melihat Bunga Rafflesia
3 Tempat di Indonesia untuk Melihat Bunga Rafflesia

3 Tempat di Indonesia untuk Melihat Bunga Rafflesia

Thursday, November 15, 2018 - 13:44
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada tahun 1818, Joseph Arnold seorang Belanda sedang melakukan penjelajahan di hutan-hutan Bengkulu. Penjelajahan tersebut dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles yang saat itu sedang menjadi gubernur di Bengkulu setelah dari India. Setelah melihat bunga yang mekarnya sangat besar dan mengeluarkan bau yang nggak sedap, Joseph Arnold melaporkan kepada Thomas Stamford Raffles. Nggak lama setelah ekspedisi tersebut, bunga itu akhirnya dinamai Rafflesia Arnoldi yang merupakan gabungan dari dua penemu.

Sampai sekarang, Bunga Rafflesia menjadi salah satu bunga favorit para wisatawan. Selain bentuknya yang aneh karena nggak memiliki akar, daun, dan batang, Bunga Rafflesia mempunyai berat hingga 10 kilogram. Buat lo yang sampai sekarang penasaran dengan bunga ini, simak tiga tempat di Indonesia yang sempurna untuk melihat bunga Rafflesia.

 

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Tempat paling mudah dijangkau untuk melihat Bunga Rafflesia adalah Kebun Raya Bogor. Di sini lo bisa melihat Bunga Rafflesia yang sedang mekar. Waktu yang paling tepat untuk melihat Bunga Rafflesia di Kebun Raya adalah sekitar bulan September sampai November ketika curah hujah nggak terlalu tinggi. Pada tahun 2018 ini, tepatnya di bulan September kemarin jenis Bunga Rafflesia Patma mekar untuk ke-12 kalinya sejak tahun 2010.

 

Kabupaten Kaur, Bengkulu

Kabupaten Kaur, Bengkulu

Tepat 2 bulan lalu, Bunga Rafflesia Arnoldi baru saja ditemukan di Desa Ulak Bandung, Kabupaten Kaur, Bengkulu. Dengan begini, semakin banyak ditemukan Bunga Rafflesia Arnoldi di daerah Bengkulu. Jika lo ingin melihat Bunga Rafflesia lain di daerah Bengkulu, lo bisa mengunjungi Bengkulu Selatan, Seluma, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, dan Lebong.

 

Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Kerinci Seblat

Kedua tempat ini dulunya pernah menjadi habitat flora langka, yaitu Rafflesia Arnoldi. Walaupun sampai sekarang bunga ini belum diketahui mekar, tetapi masih banyak masyarakat yang penasaran dengan cara berkeliling di taman nasional tersebut. Walaupun begitu, lo bisa melihat bunga langka lainnya yang ada di taman nasional.

Bunga Rafflesia memang sangat langka Urbaners. Dengan waktu mekar hanya 7 hari, lo harus meluangkan waktu untuk pergi Bogor, Bengkulu, atau ke utara Sumatera.

 

Source: kompas.com