Home Traveling Citi Bike Bakal Sebar 12 Ribu Sepeda Listrik di Seluruh Amerika Serikat
Citi Bike Bakal Sebar 12 Ribu Sepeda Listrik di Seluruh Amerika Serikat

Citi Bike Bakal Sebar 12 Ribu Sepeda Listrik di Seluruh Amerika Serikat

Wednesday, December 5, 2018 - 14:58
Bagikan
Facebook Twitter Email

Masalah lingkungan, kini menjadi salah satu isu utama negara-negara di dunia. Beragam cara pun dilakukan untuk mengatasinya. Termasuk dengan pengadaan sepeda listrik yang baru-baru ini semakin populer. Di Amerika Serikat, sepeda listrik ini menjadi tren dan salah satu yang terbesar adalah Citi Bike, nih Urbaners. Kini, Citi Bike berencana untuk memperbesar keberadaannya di seluruh Amerika Serikat.

 

Diperkirakan Akan Mencapai 40.000 Unit

Diperkirakan Akan Mencapai 40.000 Unit

Baru-baru ini Lyft mengakuisisi Motivate, salah satu operator sepeda terbesar yang ada di kawasan Amerika Utara. Dalam akuisisi tersebut, Lyft mengumumkan akan mengekspansi Citi Bike di New York dengan nilai yang cukup fantastis yakni 100 juta dolar atau sekitar 10 triliun rupiah. Dengan total 12 ribu tempat persewaan sepeda, kini Citi Bike dinobatkan sebagai salah satu persewaan sepeda terbesar di Amerika.

Dengan kucuran dana sebesar 100 juta dolar dari Lyft tersebut, Citi Bike tidak hanya menjadi yang terbesar di Amerika Serikat bahkan dinobatkan sebagai persewaan sepeda terpadu di dunia. Disebut-sebut, dengan adanya kucuran dana tersebut diprediksi Citi Bike bakalan tumbuh dan memiliki 40 ribu sepeda tambahan. Sepeda-sepeda ini akan memiliki sistem yang terintegrasi dalam radius area 35 mil persegi.

 

Membuat Kompetitor Khawatir

Membuat Kompetitor Khawatir

Keberadaan Citi Bike di Amerika Serikat memang cukup unik Urbaners. Mereka tidak menerima subsidi dari pihak pemerintah kota dimana beroperasi, namun Citi Bike memiliki keunggulan yang memiliki hak eksklusif untuk mengoperasikan layanan persewaan sepeda di area keberadaan mereka. Tentu hak eksklusif ini akan sedikit menyusahkan para kompetitor untuk bersaing. Sebut saja seperti Lime, Jump dan Pace yang memiliki platform sama seperti Citi Bike. Bedanya, mereka belum memiliki hak se-eksklusif Citi Bike. Inilah yang jadi hambatan para kompetitor.

Hal tersebut juga turut menjadi perhatian Josh Gold, salah satu petinggi Uber yang juga pemilik Jump. Menurutnya, Citi Bike meskipun memiliki hak eksklusif mereka belum mampu melayani masyarakat secara keseluruhan. Josh juga menambahkan, sudah seharusnya pihak pemerintah kota menggandeng tidak hanya satu perusahaan saja dalam hal ini.

Sekadar catatan, Lyft mengakuisisi Motivate setelah Uber mengakuisisi Jump. Di beberapa kota Citi Bike dioperasikan oleh start up yang berbeda-beda. Contohnya di San Francisco Lyft mengoperasikan Ford Go Bike dan Blue Bikes in Boston. Lyft juga diperkirakan akan menjadi pelopor pemasaran sepeda dan skuter listrik di masa depan. Keren kan Urbaners?

 

 

Source: The Verge