• Traveling
  • Langkah Aman untuk Seru-Seruan Sambil Road Trip di Tengah Pandemi

Langkah Aman untuk Seru-Seruan Sambil Road Trip di Tengah Pandemi

Wed, 26 August 2020
Dua orang pria dan satu orang wanita sedang berkumpul di depan mobil di tengah padang rumput

Buat lo yang sudah suntuk berdiam diri di rumah saja, pasti sudah nggak sabar untuk kembali bepergian bersama teman-teman. Sebenarnya lo sudah bisa lakukan ini di tengah pandemi COVID-19, tetapi tetap dengan memprioritaskan kebersihan dan mengimplementasikan protokol kesehatan dari Pemerintah.

Kalau lo belum tahu apa yang bisa ngalahin kebosanan lo, road trip sudah jadi pilihan liburan yang tepat di tengah pandemi global ini. Tapi sebelum injak gas mobil, coba cek dulu langkah-langkah aman yang harus lo lakukan ketika road trip.

 

Rencanakan Rute dan Destinasi yang Aman

Dua orang wanita dan satu orang pria sedang merencanakan rute menggunakan map

Sebelum lo siap-siap melakukan road trip dengan mobil, tentukan dulu rute yang akan diambil. Meskipun sebelumnya lo sudah pernah ke destinasi tersebut, pandemi ini bisa saja menyebabkan adanya penutupan jalan atau pengubahan rute.

Selain itu, pastikan juga kalau destinasi yang lo pilih nggak termasuk ke dalam zona merah supaya nggak membahayakan diri lo dan juga orang lain ketika melakukan road trip.

 

Jangan Lupa Bawa Produk Kebersihan dan Kesehatan

Empat orang anak muda mengenakan kaos putih dan masker medis di depan lukisan Monalisa yang memakai masker

Dikarenakan lo akan melakukan perjalanan di tengah pandemi, maka wajib membawa produk-produk kebersihan dan kesehatan. Mulai dari hand sanitizer, face shield, masker, disinfektan, tisu kering dan basah, sarung tangan, serta termometer. Terkesan berlebihan, namun setiap barang ini sangat penting supaya lo dan teman-teman road trip nggak memulai klaster kasus COVID-19 yang baru.

Jika lo punya kartu asuransi, jangan lupa untuk dibawa juga. Kartu ini berguna banget sewaktu-waktu lo terpaksa check-up ke rumah sakit atau mengalami gangguan kesehatan yang mendadak selama perjalanan.

 

Bersihkan Semua Hal yang Bakal Lo Sentuh

Seseorang dengan sarung tangan plastik sedang menyemprotkan disinfektan ke gagang pintu

Jangan malas untuk mengadopsi gaya hidup bersih, apalagi di tengah pandemi global ini, ya, Bro! Bayangkan berapa banyak orang yang sudah menyentuh meja makan restoran yang sedang lo datangi atau jumlah tangan yang sudah menyentuh sprei ranjang di kamar hotel lo. Maka dari itu, lo harus selalu semprotkan cairan disinfektan ke setiap permukaan barang yang akan lo sentuh.

Contohnya seperti gagang pintu, meja, kursi, ranjang, smartphone, kloset, dan lain sebagainya. Ini juga bisa jadi perhatian buat lo ketika sedang berhenti di rest area atau pom bensin terdekat. Supaya lebih aman, lo juga bisa membawa sarung tangan sekali pakai setiap kali akan berkunjung ke tempat-tempat publik.

 

Antisipasi Macet

Seorang wanita sedang tertunduk di setir mobil di tengah jalanan yang macet

Lo mungkin beranggapan jalanan menjadi sepi di tengah pandemi ini, tapi nyatanya justru kebalik. Jalanan bisa ramai karena nggak hanya lo yang punya rencana road trip. Bahkan, beberapa destinasi wisata mulai ramai pengunjung. Tips penting yang harus lo ingat adalah untuk mengantisipasi kondisi jalanan yang super macet.

Siapkan air minum dan snack di dalam mobil supaya lo nggak perlu sering-sering berhenti di rest area. Lalu, jangan lupa atur playlist seru sebelum berangkat supaya bisa karaoke bareng teman-teman di mobil #MauLagiDimanapun.

 

 

Sources: Business Insider, CNBC, AARP.

Pengin Jalan ke Museum? Coba Fitur Virtual Traveling Ini Bro!

Mon, 14 September 2020
traveling ke museum virtual

Perkembangan teknologi bisa jadi inspirasi tersendiri buat lo semua yang sudah rindu banget buat traveling tapi belum bisa dilakukan karena kondisi seperti ini yang tidak memungkinkan. Terlebih buat lo yang suka jalan-jalan ke museum, sekarang cara baru buat melakukannya, bro!

Kalau beberapa waktu lalu kita sudah bahas bagaimana kemungkinan adanya menikmati konser musik dengan konsep virtual reality – kali ini, dengan konsep yang hampir sama, bisa diterapkan juga buat lo yang mau jalan-jalan ke museum.

Terlebih buat di berbagai negara lainnya, yang mengakali pandemi ini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah semakin maju ini. Banyak museum di luar sana yang sudah memanfaatkan hal tersebut ditandai dengan terbukanya pintu museum secara virtual.

Lo bisa menikmati karya-karya seniman yang disimpan rapi di dalam museum hanya dari layer ponsel smartphone saja atau computer di mana lo berada. #MauLagiDimanapun lo tetap bisa jalan-jalan seru ke museum-museum.

Nah bagaimana di Indonesia sendiri? Perlu lo ketahui nih kalau setidaknya ada 4 museum atau galeri karya seni yang bisa lo datangi secara virtual. Penasaran di mana saja? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Virtual Traveling ke Biennale Jogja

virtual traveling museum biennale jogja 2020

Credit Image: goodnewsfromindonesia.id

Sudah menjadi wadah buat seniman lokal ataupun internasional buat berkarya, belajar dan berdiskusi terkait karya di bidang seni visual, dari tahun 1988, Biennale Jogja jadi tempat yang seru buat didatangi.

Bekerja sama dengan Google Arts & Culture, pagelaran seni yang prestis dari Biennale Jogja masih bisa lo nikmati secara virtual. Lo bisa langsung gas ke halaman utama websitenya buat menikmati hasil karya seni visualnya keren-keren.

 

Ciputra Artpreneur

Kurang lebih konsep dasarnya sama, bekerja sama dengan Google Arts & Culture, salah satu kolektor karya seni, Dr. Ir. Ciputra mempunyai Ciputra Artpreneur yang berisikan banyak sekali karya seni visual luar biasa indahnya. Lo bisa menikmati karya-karya luar biasa tersebut secara virtual.

 

‘Trajectory’: A Decade of Lawangwangi

Berlokasi di Bandung, melalui website ArtSociates lo bisa menikmati ‘Trajectory’ yang berisikan 10 karya dari 10 seniman lintas generasi yang karyanya benar-benar luar biasa. Di pameran ini, lo bisa menikmatinya dengan cara virtual.

 

Pameran #KilasBalik Selasar Sunaryo

Masih dari Bandung lagi, Selasar Sunaryo juga ikut memboyong karya-karya yang ada di dalamnya untuk bisa dinikmati secara virtual. Melalui pameran #KilasBalik, lo bisa menikmati kreasi-kreasi yang sebelumnya sudah pernah dipamerkan juga.

Tidak hanya kreasi-kreasi yang sudah ada saja, lo bisa melihat juga berbagai koleksi buku, katalog dan berbagai karya seni lainnya di dalam eksibisi tersebut. Secara virtual, karya-karya di sana bisa lo nikmati dari layar smartphone lo saja.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai pameran dan museum yang menyediakan layanan kunjungan virtual, yang mana nih yang sudah lo rencanakan buat di datangi?

 

Feature Image – secretldn.com