Home Traveling Tahun Ini Surabaya Bakal Punya Kereta Gantung!
Tahun Ini Surabaya Bakal Punya Kereta Gantung!

Tahun Ini Surabaya Bakal Punya Kereta Gantung!

Wednesday, March 20, 2019 - 17:59
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, sepanjang tahun 2018 kota Surabaya disebut-sebut sebagai kota di Indonesia yang paling banyak meraih penghargaan. Mulai dari Online Popular City Guangzhou International Awards, Adipura Kencana, Nirwasita Tantra, Sekolah Adiwiyata, hingga Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018. Nggak puas sampai situ, kabarnya pada Mei 2019 mendatang proyek cable car alias kereta gantung di area Jembatan Suramadu direncanakan selesai.

 

Hadiah ulang tahun untuk kota Surabaya

Proyek pembangunan kereta gantung ini dimulai sejak pertengahan tahun 2018 lalu. Bekerja sama dengan beberapa pihak swasta, destinasi wisata terbaru di Surabaya Utara ini nantinya bakal menjadi kado ulang tahun kota Surabaya ke-726. Peresmiannya bahkan bakal diadakan bertepatan dengan peringatan hari jadi kota pahlawan. Rencananya bakal ada 20 unit kereta gantung yang bakal melintas, dengan kapasitas maksimal tiap unit adalah 6 orang dewasa.

 

Objek wisata baru di pesisir utara

Objek wisata baru di pesisir utara

Tentu saja, setelah resmi dibuka untuk umum, nantinya kereta gantung Surabaya ini bakal jadi objek wisata baru yang layak lo coba. Lokasinya berada persis di pesisir utara kota Surabaya. Dari atas kereta gantung, lo bisa menyaksikan laut lepas di Selat Madura yang begitu menakjubkan. Kalau cuaca sedang cerah, lo juga bisa mengambil latar belakang foto gedung-gedung di kawasan Surabaya yang bikin feed Instagram makin kece.

 

Didukung dengan pembangunan fasilitas lain

Selain membangun objek wisata berupa kereta gantung, pemerintah kota Surabaya juga melengkapi area sekitar dengan fasilitas-fasilitas lain. Mulai dari waterpark, sentra kuliner PKL, lapangan tembak, hingga bangunan bersejarah bekas benteng pasukan maritim nusantara di zaman kolonial Belanda. Pastinya lo nggak sabar buat mencoba cable car pertama di Surabaya ini, kan?

 

Meningkatkan income warga setempat

Meningkatkan income warga setempat

Pembangunan area wisata kereta gantung di Surabaya ini disambut dengan cukup antusias oleh warga setempat. Selain bisa dijadikan objek wisata terbaru di antara megahnya mal yang sudah menjamur di Surabaya, wahana kereta gantung ini juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi warga di sekitar kawasan wisata tersebut. Selain membuka lapangan pekerjaan baru, di sisi lain income mereka juga bakal bertambah. Entah dari berjualan makanan, minuman, menyediakan lahan parkir, atau sebagai pemandu wisata.

 

Urbaners, terobosan pemerintah kota Surabaya dalam mendirikan wahana wisata kereta gantung ini semoga bisa menginspirasi pemerintah kota-kota lainnya, ya! Gimana menurut pendapat lo?

 

 

Sources: goodnewsfromindonesia.id, jpnn.com