Trending
Rabu, 01 Juli 2020

4 Persiapan Saat Kembali Bekerja di Kantor

  • Share

Praktik new normal membuat beberapa kantor kembali menerapkan work from office. Ini berarti, walau dengan banyak pembatasan dan protokol baru yang harus diikuti, lo sudah bisa keluar rumah dan menyesuaikan diri kembali dengan ritme kerja yang dulu. Nah, apa saja hal-hal baru yang harus lo perhatikan agar tetap aman beraktivitas di luar rumah? Berikut ulasannya!

 

Periksa Kesehatan Diri

Seorang pria tampak sedang menjalani pemeriksaan kesehatan

Langkah persiapan terbaik yang bisa lo lakukan adalah dengan melakukan tes kesehatan. Kalaupun lo merasa sehat-sehat saja, periksa kesehatan nggak ada salahnya. Dengan memeriksakan kondisi kesehatan, lo juga jadi tahu dengan pasti apakah lo sudah siap kembali ke kantor atau belum, apalagi kalau selama work from home lo jarang olahraga atau mengonsumsi makanan sehat. Kondisi tubuh yang sehat bugar akan membuat lo juga lebih merasa nyaman kembali ke rutinitas berkantor.

 

Tetap Lakukan Protokol Kebersihan

Seorang pria menggunakan masker saat bekerja

New normal berarti kembali ke rutinitas lama dengan cara yang baru, salah satunya adalah dengan mempraktikkan protokol kebersihan. Selalu sediakan alat kebersihan seperti hand sanitizer, tisu basah, dan tisu kering yang dibutuhkan untuk membersihkan tangan setelah beraktivitas di luar.

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan masker. Selain diwajibkan oleh WHO, penggunaan masker sudah terbukti dapat menekan peluang penyebaran virus. Usahakan juga untuk membawa masker cadangan sebagai tindakan antisipasi kalau-kalau masker yang sedang lo pakai kotor atau rusak.

Saat lo keluar rumah, usahakan juga sebisa mungkin untuk nggak menyentuh benda-benda di tempat-tempat umum dengan telapak tangan terbuka. Kalau memungkinkan, gunakan siku lo atau bisa juga menggunakan sarung tangan saat bepergian keluar. Pastikan lo nggak menyentuh area wajah sebelum mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, selalu jaga jarak dan hindari kontak fisik saat berinteraksi dengan orang lain mulai dari perjalanan pergi ke kantor, di kantor, sampai nanti pulang kembali ke rumah.

 

Adaptasi dengan Regulasi Baru

Seorang pria duduk sendiri di meja kerja

Jika kantor lo mulai memberlakukan regulasi baru terkait keamanan dan kebersihan di kantor, pastikan lo paham dan beradaptasi dengan peraturan tersebut. Terus patuhi, apalagi jika tujuan dari regulasi baru ini untuk menjaga para pekerja tetap aman dan sehat selama bekerja.

Cari tahu apakah ada hal-hal khusus lainnya yang perlu lo siapkan terkait regulasi baru tersebut. Misalnya, kantor menerapkan sistem kerja shift untuk mengurangi jumlah orang dalam satu waktu, berarti lo juga harus mempertimbangkan ritme kerja yang baru agar hasil kerja tetap produktif dan optimal.

 

Menyiapkan Keperluan Pribadi

Seorang pria menyantap makan siang di meja kerjanya

Persiapan terakhir yang harus lo lakukan adalah menyiapkan keperluan-keperluan pribadi lo selama di kantor, seperti alat makan dan botol minum. Selain itu, lo juga bisa siapkan kelengkapan alat kebersihan untuk lo pakai sendiri, seperti sabun cuci tangan, kain lap, dan semprotan disinfektan. Sediakan juga baju ganti bersih serta alat mandi di kantor untuk jaga-jaga kalau lo merasa perlu membersihkan diri sesampainya di kantor.

 

 

 

Sources: Allianz, UrbanAsia, Talenta.co

Comments

Nice informasi
Tetap sehat dan semangat..